Ingin Jual Reksadana Saham? Ini Dia Waktu yang Tepat!

Ingin Jual Reksadana Saham? Ini Dia Waktu yang Tepat!
Ingin Jual Reksadana Saham? Ini Dia Waktu yang Tepat!
Sumber gambar: pexels.com



Ingin Jual Reksadana Saham? Ini Dia Waktu yang Tepat! - Keuntungan investasi Reksadana Saham bisa didapatkan dari hasil penjualan dengan nominal yang lebih tinggi untuk menghasilkan capital gain. Namun, keuntungan tersebut tidak bisa didapatkan begitu saja tanpa strategi yang tepat. 


Kita harus melakukan penjualan pada waktu yang tepat agar bisa menerima keuntungan optimal. Hanya saja seringkali investor kebingungan, kapan sebenarnya waktu yang paling tepat untuk menjual Reksadana tersebut agar profitnya bisa lebih besar.


Waktu yang Tepat untuk Menjual 


Jangan sembarangan menjual instrumen investasi tanpa memperhitungkan waktu. Berikut adalah beberapa pilihan waktu yang dianggap tepat untuk menjual Reksadana:


Kinerja Reksadana Terus Menurun

Penurunan kinerja Reksadana mungkin menjadi hal yang biasa. Namun kita wajib mengambil langkah, jika penurunan kinerja Reksadana terjadi secara terus-menerus. Artinya, kinerja Reksadana tadi menurun dari waktu ke waktu. 


Tentu saja sangat disarankan untuk segera menjual Reksadana yang kinerjanya tidak memberi keuntungan apapun. Apalagi jika Reksadana tersebut hanya memberi kerugian secara konsisten. 


Perubahan Pengelolaan Reksadana

Kita juga bisa menjual Reksadana saat terjadi perubahan pengelolaan. Sebelum berinvestasi, sebaiknya pelajari dulu prospektus Reksadana atau informasi detail mengenai produk Reksadana tersebut. 


Jika di pertengahan jalan ada perubahan pengelolaan Reksadana, kita bisa membuat pertimbangan. Apabila perubahan tersebut dirasa tidak memberi keuntungan apapun malah cenderung merugikan, maka Reksadana bisa dijual. 


Saat Tujuan Investasi Terpenuhi

Sebelum memulai investasi, kita perlu menentukan apa tujuan yang ingin dicapai. Jika tujuan investasi sudah tercapai, maka bisa menjual produk investasi tersebut untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 


Misalnya, tujuan investasi tercapai namun kita tidak menjual Reksadana. Di titik tertentu, kinerja Reksadana menurun dan membuat rugi sehingga tujuan investasi tidak jadi tercapai. 


Demi menghindari kondisi semacam itu, memang jauh lebih baik untuk segera menjual Reksadana. Jadi, kita bisa mencapai target investasi dan tidak perlu menanggung kerugian dari penurunan performa Reksadana tersebut. 


Hal-hal yang Diperhatikan Sebelum Menjual


Ingin Jual Reksadana Saham? Ini Dia Waktu yang Tepat!
Ingin Jual Reksadana Saham? Ini Dia Waktu yang Tepat!
Sumber gambar: pexels.com

Semua investor pasti berharap bisa mendapatkan keuntungan Reksadana Saham secara optimal. Itulah mengapa penjualan Reksadana ini perlu dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut:


Ingat Tujuan Investasi

Pertama-tama, ingat dulu apa sebenarnya tujuan kita saat memulai investasi. Jangan sembarangan menjual Reksadana hanya karena mengikuti tren atau takut pada performanya yang cenderung menurun. 


Sikap gegabah saat menjual Reksadana bisa jadi akan membawa kita pada kerugian dan penyesalan. Lebih baik ingat kembali tujuan investasi dan pastikan langkah menjual ini bisa membantu kita mencapai tujuan tersebut. 


Jual dan beli Reksadana hanya dilakukan sesuai tujuan investasi. Jika tidak sesuai tujuan investasi dan tidak bisa mempercepat mencapai tujuan maka lebih baik tidak dilakukan karena bisa saja merugikan. 


Perhatikan Prosedur Pencairan Dana

Jika ingin menjual Reksadana, maka perhatikan juga prosedur pencairan dana hasil penjualan tersebut. Apakah prosedurnya cukup mudah dan tidak butuh waktu lama, atau mungkin prosedur pencairannya terbilang sulit?


Pertimbangkan juga fee atau biaya yang harus dibayarkan dari hasil penjualan. Hal seperti ini bisa jadi bahan perhitungan untuk memperkirakan berapa banyak keuntungan penjualan Reksadana. 


Cek NAB/UP

Selanjutnya kita bisa cek dulu NAB/UP atau Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan dari Reksadana yang dimiliki. Dari NAB/UP ini kita bisa mengetahui apakah hasil penjualan Reksadana nantinya menguntungkan atau tidak. 


Sangat direkomendasikan untuk menjual Reksadana saat NAB/UP sudah lebih tinggi daripada NAB/UP saat membeli. Ini menjadi tanda mudah bahwa penjualan Reksadana tersebut akan mendatangkan keuntungan. 


Namun dalam hal ini kita harus memperhatikan waktu penjualannya. NAB/UP tidak berlaku secara real time karena ada yang namanya cut off time mengikuti jam bursa. 


Jika menjual Reksadana sebelum cut off time, maka NAB/UP yang dipakai adalah NAB/UP hari itu juga. Sebaliknya, saat menjual lebih dari cut off time, NAB/UP yang berlaku adalah NAB/UP hari berikutnya. 


Investasi Reksadana Saham Secara Aman Bersama DBS Treasures


Profit bisa lebih optimal, jika kita melakukan investasi dengan strategi yang tepat. Lakukan investasi Reksadana Saham secara aman dan nyaman bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Simak beberapa kelebihan yang ditawarkan berikut ini:


Dana Investasi Dikelola Manajer Investasi

Semua modal yang diinvestasikan akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures. Manajer Investasi akan bekerja secara efektif mengoptimalkan kinerja produk investasi. 


Ada Dukungan Wawasan Investasi

Kita akan mendapatkan dukungan dari tim ahli finansial. Tim ahli ini akan menyampaikan peluang pasar terbaru sebagai bahan analisis bagi kita. 


Mudah Melakukan Diversifikasi

Kita mendapatkan kemudahan mengurangi risiko investasi lewat diversifikasi. Artinya kita bisa menyebarkan dana ke berbagai pilihan aset investasi agar risiko berkurang dan keuntungan optimal. 


Transaksi Praktis Pakai Satu Aplikasi

Berbagai transaksi investasi jadi lebih praktis melalui Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari registrasi SID (Single Investor Identification), jual, beli, serta switching Reksadana. 


Melalui aplikasi ini, kalian juga akan terhubung dengan beragam jenis pilihan Reksadana. Baik itu Reksadana dari Manajer Investasi maupun berdasarkan kategori produknya masing-masing. 


Kita berkesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengkomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio kita, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).


Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga kita dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.


Jadi, tunggu apalagi? Capai target finansial kalian melalui investasi Reksadana Saham bersama DBS Treasures. Kunjungi tautan berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham untuk mendapat informasi lebih lengkap dan mulailah berinvestasi.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar