Tips Membayar Zakat bagi Pekerja dan Ketentuannya

Tips Membayar Zakat bagi Pekerja
Tips Membayar Zakat bagi Pekerja dan Ketentuannya.
Sumber gambar: freepik.com.


Tips Membayar Zakat bagi Pekerja dan Ketentuannya - Ramadhan menjadi bulan yang penuh keberkahan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain berpuasa, zakat juga menjadi salah satu amal yang sangat penting dilakukan saat Ramadhan. Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim yang mampu. Membayar zakat di bulan Ramadhan memiliki keutamaan tersendiri dalam ajaran Islam.


Membayar zakat di bulan Ramadhan dapat menjadi ladang amal yang sangat besar bagi seorang Muslim. Selain itu, membayar zakat juga dapat membantu meningkatkan Ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan Muslim. Melalui zakat, kita bisa membantu orang lain yang lebih membutuhkan. 


Di era sekarang, pembayaran zakat juga semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Kita bisa membayar zakat melalui mobile banking di ponsel. Cara daftar mbanking dan penggunaannya pastinya kalian sudah paham. Adanya layanan bayar zakat online menjadi solusi bagi yang sibuk dan tidak sempat mendatangi lembaga zakat.


Buat kalian yang sangat sibuk, berzakat secara online bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun sebelum itu, kalian perlu tahu jenis-jenis zakat.


Tips Membayar Zakat bagi Pekerja
Tips Membayar Zakat bagi Pekerja dan Ketentuannya.
Sumber gambar: freepik.com


Jenis-Jenis Zakat

Ada beberapa jenis zakat yang berlaku dalam ajaran Islam. Setiap jenis zakat memiliki bentuk tanggungan dan persyaratan yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa jenis zakat yang umumnya dikenal dalam Islam:


1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu. Penyerahan zakat ini dilakukan pada akhir bulan Ramadhan atau pada saat Idul Fitri. Zakat fitrah biasanya berupa makanan pokok seperti beras, gandum, atau kurma yang dibagikan kepada fakir miskin atau yang membutuhkan. 


Zakat fitrah diberikan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kesehatan dan kelancaran ibadah selama bulan Ramadhan.


2. Zakat Maal

Zakat maal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta kekayaan seseorang. Zakat maal wajib dikeluarkan apabila jumlah harta yang dimiliki sudah mencapai nisab atau batas tertentu yang telah ditentukan dalam Islam. 


Nisab untuk zakat maal tergantung pada jenis harta yang dimiliki, seperti uang, emas, perak, dan lain-lain. Zakat maal biasanya dikeluarkan sebesar 2,5% dari jumlah harta yang dimiliki dan diberikan kepada fakir miskin, mustahik, atau lembaga zakat yang terpercaya.


3. Zakat Emas dan Perak

Zakat emas dan perak adalah zakat yang dikeluarkan dari kekayaan emas dan perak yang dimiliki seseorang. Nisab untuk zakat emas dan perak tergantung pada jumlah emas dan perak yang dimiliki, serta telah mencapai batas tertentu yang telah ditetapkan dalam Islam. Zakat emas dan perak biasanya dikeluarkan sebesar 2,5% dari jumlah emas dan perak yang dimiliki.


4. Zakat Binatang Ternak

Zakat binatang ternak adalah zakat yang dikeluarkan dari hewan ternak yang dimiliki seseorang. Nisab untuk zakat binatang ternak tergantung pada jumlah hewan ternak yang dimiliki dan telah mencapai batas tertentu yang telah ditentukan dalam Islam. Zakat binatang ternak biasanya dikeluarkan sebesar 2,5% dari jumlah hewan ternak yang dimiliki.


5. Zakat Perdagangan

Zakat perdagangan adalah zakat yang dikeluarkan dari keuntungan perdagangan atau bisnis yang dimiliki seseorang. Nisab untuk zakat perdagangan tergantung pada jumlah keuntungan yang diperoleh dari bisnis dan apabila telah mencapai batas yang telah ditentukan dalam Islam.


Zakat perdagangan biasanya dikeluarkan sebesar 2,5% dari keuntungan yang diperoleh dan diberikan kepada fakir miskin, mustahik, atau lembaga zakat yang terpercaya.


Demikianlah beberapa jenis zakat yang umumnya dikenal di dalam Islam. Setiap muslim dianjurkan untuk mempelajari dan mempraktikkan zakat sesuai dengan kemampuan dan harta yang dimiliki.


Tips Menyiapkan Pembayaran Zakat

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam menyiapkan pembayaran zakat:


1. Alokasikan Zakat Penghasilan Sejak Awal

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menyiapkan pembayaran zakat adalah dengan mengalokasikan sebagian dari penghasilan sejak awal. Dengan begitu, kita dapat memastikan bahwa zakat terpenuhi sesuai dengan kewajiban yang telah ditentukan dalam Islam.


Dengan mengalokasikan zakat sejak awal, kita bisa menghindari risiko kehabisan uang. Mengingat saat bulan Ramadhan dan menjelang lebaran biasanya akan ada banyak kebutuhan, maka alokasi zakat perlu diprioritaskan di awal. 


2. Sedekah Sesuai Kemampuan

Saat melakukan pembayaran zakat, pastikan bersedekah sesuai kemampuan finansial. Jangan memaksakan berzakat dalam jumlah banyak apabila keuangan kita terbatas. Jadi perhitungkan secara matang agar kita bisa berzakat dengan ikhlas. 


Sedekah dapat diberikan kapan saja dan tidak harus menunggu saat-saat tertentu seperti Ramadhan atau Idul Fitri. Dengan memberikan sedekah secara rutin, kita dapat membantu mereka yang membutuhkan dan memperoleh keberkahan dari Allah.


3. Cari Fasilitas Potong Gaji Otomatis

Jika kita bekerja di perusahaan atau organisasi yang menyediakan fasilitas potong gaji otomatis untuk zakat, maka hal ini dapat memudahkan dalam menyiapkan pembayaran zakat. Kita hanya perlu mengisi formulir atau melaporkan kepada bagian keuangan untuk melakukan potongan secara otomatis setiap bulannya.


Demikianlah beberapa tips yang dapat membantu dalam menyiapkan pembayaran zakat. Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk menunaikan zakat sebagai salah satu rukun Islam dan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama. Apalagi kini pembayaran zakat juga bisa dilakukan dengan mudah, cukup lewat mobile banking yang ada di smartphone. Cara daftar mbanking sekarang juga sangat mudah dan persyaratannya nggak ribet.


Menggunakan Mobile Banking untuk Memudahkan Bayar Zakat

Apabila kalian sibuk dan tidak sempat pergi ke lembaga zakat, lebih baik membayar zakat secara online melalui mobile banking. Salah satu mobile banking yang menyediakan layanan pembayaran zakat adalah PermataMobile X. Dengan adanya layanan ini, kita bisa berzakat dari manapun dan kapanpun tanpa mengganggu waktu kita. 


Apa itu mbanking PermataMobile X? PermataMobile X adalah aplikasi mobile banking yang disediakan oleh PermataBank untuk memudahkan transaksi di era digital. Mobile banking ini bisa diunduh secara mudah di Play Store dan App Store. Tidak hanya menyediakan layanan pembayaran zakat, PermataMobile X juga memiliki ratusan fitur lain. 


Berbagai layanan yang tersedia di PermataMobile X, di antaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash


Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mbanking PermataMobile X dan persyaratannya bisa dibaca di laman berikut ini https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar