Manfaat Pemasangan CCTV di Alun-Alun Kota

Manfaat Pemasangan CCTV di Alun-Alun Kota
Manfaat Pemasangan CCTV di Alun-Alun Kota
Sumber gambar : pexels.com. 

Manfaat Pemasangan CCTV di Alun-Alun Kota - Belakangan ini tindak kejahatan tidak hanya berpotensi terjadi di tempat yang sepi. Di tempat keramaian seperti Alun-alun kota pun tindak kejahatan sekarang semakin marak dan berani meskipun terlihat ada polisi. 

Untuk itulah kini gencar dilakukan kampanye pemasangan cctv outdoor untuk melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap segala tindak kejahatan yang mungkin terjadi.

Gencarnya kampanye pemasangan kamera pengawas ini tidak hanya berlaku di kota besar yang biasanya rawan terjadi tindak kejahatan. 

Kini di beberapa kota kecil pun permintaan pemasangan cctv ini juga semakin kuat mengingat kejahatan bisa terjadi kapan pun dan di manapun. Efeknya permintaan produk kamera cctv outdoor pun semakin meningkat.

Manfaat Pemasangan CCTV di Alun-Alun Kota


Banyak orang yang merasakan manfaat dari adanya pemasangan kamera pengawas yang dulunya dianggap remeh. Kini tidak hanya rumah, kantor, fasilitas umum serta tempat penting lainnya yang melakukan pemasangan kamera pengawas. Bahkan tempat outdoor seperti Alun-alun kota pun mulai dipasang cctv karena banyak laporan tindakan kejahatan yang terjadi di area tersebut.

Memang cctv outdoor memiliki beberapa manfaat yang ikut serta membantu banyak orang merasakan kenyamanan dalam beraktivitas. Berikut ini adalah beberapa manfaat memasang cctv outdoor:


Manfaat Pemasangan CCTV di Alun-Alun Kota
Sumber gambar : pexels.com


1. Sebagai Alat Pengawas

Fungsi utama dari kamera cctv outdoor adalah untuk memantau segala aktivitas yang terjadi di suatu lokasi. Jasa pasang cctv umumnya akan menempatkan kamera pengawas ini di berbagai sudut agar dapat mengetahui dengan mudah segala gerakan yang terjadi.

Pun demikian kamera pengawas yang ada di Alun-alun kota yang juga terpasang di beberapa titik sudut strategis. Kamera tersebut akan bekerja merekam seluruh aktivitas yang terjadi selama 24 jam penuh. Kalian juga bisa memantau segala gerak-gerik mencurigakan dari layar yang terhubung dengan cctv.

2. Mencegah Terjadinya Kejahatan

Perlu diketahui bahwa tindak kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Hal tersebut telah banyak terbukti. Apalagi di tempat keramaian seperti Alun-alun kota. Banyak orang yang teledor menaruh barang penting atau lalai melakukan pengawasan terhadap anggota keluarga.

Dengan adanya pemasangan cctv outdoor membuat orang atau oknum yang niat berbuat jahat akan mengurungkan niatnya karena tahu segala gerak-geriknya diawasi dan terekam dalam kamera. Untuk lebih meningkatkan keamanan, kini beberapa Alun-alun kota telah memasang tulisan dan memberitahu bahwa di tempat tersebut telah terpasang cctv sehingga oknum yang akan melakukan kejahatan menjauh dari Alun-alun.

3. Mencegah Insiden Keamanan

Penyebaran kamera pengintai di Alun-alun kota tidak hanya di satu titik. Untuk mencegah insiden keamanan yang dapat mengganggu keselamatan, kini pemasangannya mulai menyebar sehingga pergerakan pengunjung semakin aman terpantau melalui rekaman cctv yang dapat diakses lewat smartphone

Pemasangan kamera cctv outdoor yang tepat tentunya dapat meminimalisir terjadinya sesuatu yang membahayakan. Ketika nampak gejala yang tidak beres, petugas keamanan yang berada di lokasi tersebut dapat segera melakukan tindakan.

4. Alat Bukti Kasus Hukum

Tidak hanya sebagai alat pengawas, keberadaan cctv di Alun-alun kota juga dapat digunakan sebagai alat bukti kasus hukum di kantor kepolisian. Misalnya saja terjadi tindak pencurian atau penculikan di salah satu titik Alun-alun kota, pihak berwajib atau kepolisian biasanya akan melihat rekaman cctv untuk melacak pelaku yang melakukan tindak kejahatan di lokasi tersebut.

Rekaman cctv yang didapatkan akan menjadi barang bukti akurat dan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan hukuman yang tepat bagi pelaku yang terbukti melakukannya. Lebih dari itu, hasil rekaman dari cctv outdoor tersebut juga dapat digunakan untuk bahan analisa bagi pihak kepolisian untuk mencari tahu motif objek di tempat kejadian perkara.

5. Memberikan Rasa Aman

Berkunjung ke tempat ramai seperti Alun-alun tentu pernah merasa was-was atau takut mengalami tindak kejahatan, bukan? Hal tersebut wajar karena tempat yang ramai memang menjadi sasaran empuk untuk melakukan kejahatan karena keamanannya yang minim serta petugas keamanan yang terbagi konsentrasinya dalam melakukan pengawasan terhadap orang banyak.

Dengan hadirnya kamera cctv, tugas bagian keamanan sedikit terbantu karena aktivitas orang di Alun-alun dapat dipantau dan diawasi dari kamera pengawas tersebut. Berkunjung ke Alun-alun yang memiliki cctv akan terasa aman dan tidak lagi merasa khawatir akan terjadinya sesuatu yang tidak menyenangkan di tempat tersebut. 

Kini kamera cctv bahkan dapat terhubung dengan perangkat mobile seperti smartphone untuk memantau segala pergerakan.

6. Menghemat Biaya Keamanan

Manfaat terakhir dari hadirnya cctv outdoor ini adalah lebih hemat biaya keamanan di Alun-alun kota. Perlu diketahui, tanpa adanya kamera pengawas tentu dibutuhkan banyak petugas keamanan untuk mengawasi ratusan orang yang datang setiap harinya.

Dengan memasang cctv di area tersebut biaya keamanan dapat dipangkas karena gaji pihak keamanan berkurang seiring dengan berkurangnya jumlah petugas yang ada. Biaya pemasangan cctv tidak terlalu mahal juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan dapat bekerja 24 jam penuh

Hikvision AcuSense CCTV Outdoor Terbaik Untuk Alun-Alun Kota


Tak jarang orang kebingungan dalam mencari produk kamera cctv outdoor terbaik sebagai alat pengawasan segala aktivitas. Banyaknya produk cctv yang ada tidak selalu menjanjikan hasil yang terbaik. Untuk saat ini rekomendasi terbaik adalah produk Hikvision AcuSense yang memiliki keunggulan yang jarang dimiliki produk lain. Berikut ini adalah keunggulan cctv Hikvision AcuSense:

  • Merekam secara real time.

  • Kualitas visual yang tajam dan akurat.

  • Pengelompokan kategori hasil rekaman.

  • Pemasangan mudah.

Dengan beragam keunggulan tersebut, kalian tidak akan ragu lagi untuk menggunakan produk dari Hikvision. Terutama untuk kenyamanan dan keamanan yang memang dibutuhkan di area yang ramai seperti Alun-alun kota. Cctv outdoor keberadaannya sangatlah penting. Jadi, tunggu apalagi, segera miliki produk Hikvision AcuSense sekarang juga. Cek selengkapnya di sini

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar