Keuntungan Kartu Kredit, Apa Bedanya dengan Kartu Debit?

Keuntungan Kartu Kredit
Sumber gambar : Pexels.com 


Keuntungan Kartu Kredit, Apa Bedanya dengan Kartu Debit? - Perkembangan teknologi menuntut semua sektor dalam kehidupan harus beradaptasi dengan perubahan yang ada. Sudah nggak zaman lagi belanja dengan membawa uang tunai di era serba modern seperti sekarang ini. Kini pembayaran sudah menggunakan rekening online atau kartu kredit online. Ada banyak keuntungan kartu kredit online bagi penggunanya. 

Tren belanja online yang meningkat membuat banyak orang lebih memilih belanja menggunakan kartu kredit. Kartu kredit menawarkan kepraktisan dan keamanan dibanding pembayaran tunai. Selain itu, kartu kredit juga bermanfaat di kala keuangan sedang menipis.

Namun, banyak orang di luar sana kurang percaya terhadap penggunaan kartu kredit. Alasan yang paling sering adalah beberapa orang beranggapan bahwa kartu kredit dapat membuat orang terjerat hutang. Padahal dengan penggunaan yang bijak, kartu kredit bisa membantu penggunanya di berbagai keadaan. 

Kali ini Mimin akan memberikan beberapa informasi tentang keuntungan menggunakan kartu kredit dan perbedaannya dengan kartu debit. 

Keuntungan Kartu Kredit

1. Penyelamat dalam Keadaan Mendesak
Tahukah kalian bahwa kartu kredit dapat menyelamatkanmu dalam keadaan keuangan yang mendesak. Contohnya, saat kalian belum mendapatkan gaji tetapi harus segera membayar tagihan pembelian sebuah barang.

Pada saat seperti itulah kartu kredit sangat berguna untuk membantu melakukan pembayaran terlebih dahulu. Namun jangan sampai lupa bahwa kalian perlu membayar tagihan kartu kredit di setiap akhir bulan.

2. Membeli Barang dengan Membayar Belakangan Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, pengguna kartu kredit bisa mendapatkan barang atau uang yang dibutuhkan terlebih dahulu dan membayarnya di kemudian hari. Namun, perlu diingat bahwa pengguna credit card tetap harus membayar barang yang dibeli dengan kartu kredit. Tapi setidaknya kalian telah dimudahkan karena bisa menggunakan metode cicilan atau pembayaran secara berangsur. 3. Reward Poin, Cashback, dan Promo Pihak bank telah menyediakan berbagai manfaat layanan kartu kredit terhadap pengguna kartu kredit. Salah satu alasan mengapa banyak orang mau menggunakan kartu kredit yakni adanya reward poin yang dapat ditukar dengan berbagai macam hal. Selain mengumpulkan reward poin, pengguna kartu kredit juga bisa menikmati berbagai manfaat lainnya, seperti cashback, diskon, dan freebies. Banyaknya kerja sama yang dilakukan oleh pihak bank menjadikan pengguna kartu kredit dapat menikmati manfaat tersebut. Pihak bank melakukan kerja sama dengan berbagai merchant, seperti toko, tempat makan, cafe, butik pakaian, dan sebagainya. Langkah ini dilakukan untuk menarik minat penggunaannya dalam berbelanja. 4. Transaksi di Mana Saja dan Kapan Saja Penggunaan kartu kredit bersifat sangat fleksibel. Kalian bisa menggunakan kartu kredit di berbagai tempat dan pada waktu kapan pun. Misalnya saat berada di Mall, pusat perbelanjaan, kafe, atau belanja secara online. Kalian juga bisa menggunakan kartu kredit ketika berbelanja di luar negeri. Di mana pun berada, semua transaksi bisa dilakukan dengan kartu kredit sesuai dengan kebijakan bank penerbit.


Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit


Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit
Sumber gambar : Pexels.com


1. Fisik Kartu
Perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit bisa dilihat dengan mudah. Cara membedakannya dapat diketahui dari segi fisiknya. Kartu debit biasanya memuat informasi penting yang tercetak seperti metode cetak dokumen di kertas HVS. Di fisik kartunya tidak ada tampilan huruf cetak timbul atau emboss. Sementara pada kartu kredit memiliki cetak timbul tertulis nama pemegang kartu dan tanggal kadaluarsa.


Kalian bisa memperhatikan lebih detail, pada bagian depan kartu kredit dan nama pemegang kartu kredit selalu tertulis. Sementara di kartu debit nama pengguna tidak tertulis.  Namun kalian juga bisa meminta pihak bank untuk mencetakkan nama pada kartu debit.


2. Perbedaan dalam Biaya Transaksi
Kartu debit dan kartu kredit memiliki perbedaan lain dari segi biaya. Biaya administrasi yang perlu dibayarkan kepada pihak bank dari keduanya berbeda. Biaya yang dimaksud baik itu biaya bulanan maupun tahunan, termasuk tarif setiap transaksi.


3. Mekanisme Transaksi
Di Indonesia, baik kartu kredit maupun debit memerlukan otentikasi PIN. Untuk kartu debit transaksi secara langsung memotong saldo tabungan. Sedangkan kartu kredit memotong limit yang nantinya akan kalian bayar setiap bulannya.


4. Solusi Pembayaran
Beberapa orang merasa bahwa penggunaan kartu kredit terasa mudah, hal ini memang benar. Karena transaksi yang baru saja dilakukan tidak akan memotong saldo rekening pribadi. 


Kartu kredit berguna untuk melakukan cicilan yang mendesak. Namun, pengguna kartu kredit sering menyalahgunakan dan tidak memperhatikan cicilan serta bunga yang harus dibayarkan. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang terjerat utang.


Di sisi lain, penggunaan kartu debit membayarkan dengan saldo yang tersedia di tabungan. 


5. Persyaratan Kepemilikan Kartu

Pengajuan kartu debit lebih mudah diajukan daripada kartu kredit. Pendaftaran kartu kredit memerlukan persyaratan yang lebih kompleks karena berkaitan dengan risiko dan keamanan yang tinggi dalam penggunaannya.


Kartu Kredit Terbaik PermataShoppingCard

Salah satu produk kartu kredit yang menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya adalah PermataShoppingCard. Kartu kredit dari PermataBank ini bisa kalian miliki secara mudah tanpa perlu pergi ke bank. Kalian bisa mendaftar melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store atau App Store.

PermataShoppingCard menawarkan berbagai kelebihan yang sangat mendukung kebutuhan transaksi penggunanya di era digital seperti sekarang. Kartu kredit ini sangat cocok bagi yang suka belanja online karena ada tawaran cashback 5% hingga Rp200 ribu. Selain itu, ada juga berbagai promo dari merchant online yang tentunya sangat menguntungkan. 

Sejumlah kelebihan lainnyayang akan kalian dapatkan dari PermataShoppingCard di antaranya: cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran tahun pertama, fitur contactless card, dan masih banyak lagi. Informasi selengkapnya dan langkah-langkah mendapatkan kartu kredit ini bisa kalian baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card.  

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar