Inilah Daftar Pantai di Pangandaran yang Cocok untuk Liburan

Daftar Pantai di Pangandaran

Inilah Daftar Pantai di Pangandaran yang Cocok untuk Liburan - Pantai menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang sangat cocok dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja. Berwisata di pantai bisa memberikan sensasi liburan yang sangat menyenangkan karena kita bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain air, main pasir, berenang, berswafoto dengan latar laut yang indah, dan bisa juga mencicipi kuliner seafood yang lezat.


Adakah yang punya rencana liburan ke pantai?


Pangandaran merupakan salah satu tujuan wisata bahari favorit karena memiliki banyak destinasi wisata pantai eksotis dan indah yang bisa memanjakan mata. Nggak heran kalau sejak dulu pantai di Pangandaran menjadi destinasi wisata favorit untuk berlibur bagi turis lokal maupun turis mancanegara.


Laut Pangandaran menampilkan keriuhan ekosistem bawah air seperti terumbu karang yang dihuni beraneka ragam jenis ikan. Ternyata, laut Pangandaran memiliki banyak pantai yang indah dan bisa dijadikan sebagai tujuan wisata akhir pekan. Berikut ini daftar pantai di Pangandaran yang bisa kalian kunjungi:


1. Pantai Barat Pangandaran

Pantai Barat merupakan pantai paling populer dan menjadi salah satu pantai terindah di Pangandaran. Wisata bahari ini menjadi salah satu ikon wisata di kawasan tersebut, termasuk di daerah Jawa Barat. Bahkan destinasi wisata ini pernah diberi gelar sebagai pantai terbaik di Jawa Barat oleh AsiaRooms.


Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Barat Pangandaran adalah saat sore hari karena pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Hamparan pasir putih yang luas serta air laut yang jernih menjadikan pantai  ini sayang untuk dilewatkan saat berada di Pangandaran.


Keistimewaan dari pantai ini adalah lokasinya terbilang cukup luas, dengan struktur pantai yang landai serta pemandangan indah di sekitarnya. Ditambah pula dengan fasilitas yang disediakan cukup lengkap untuk memanjakan para pengunjung.


Alamat: Jl. Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


2. Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran adalah bagian dari kawasan pantai Pangandaran yang populer sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbit (sunrise). Di pantai ini juga tersedia berbagai keseruan wahana watersport.


Wisata Pantai Timur memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Selain menyajikan pemandangan indah juga menjadi surganya pencinta makanan laut. Saat kita berkunjung akan menemukan banyak olahan laut mulai dari restoran hingga warung pinggir pantai.


Alamat:  Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. 


3. Pantai Batu Karas

Rekomendasi wisata pantai di Pangandaran berikutnya adalah Pantai Batu Karas. Pantai ini dapat ditempuh dengan jarak 34 km dari pusat Kota Pangandaran. Destinasi wisata bahari ini menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa dengan ombaknya yang cukup tinggi. 


Ombak di sini cukup besar, sehingga kerap dipilih sebagai lokasi untuk belajar surfing. Batu Karas sendiri memiliki sekitar tiga titik surfing yang terkenal yakni Bulak Pendak, Karang, dan Legok Pari. Untuk yang sudah mahir berselancar, titik surfing Bulak Pendak sangat direkomendasikan lantaran ombaknya cukup besar dan bergulung.


Tak hanya menjadi lokasi yang pas untuk bermain selancar, saat berada di pantai ini kita disuguhi pemandangan yang sangat indah. Setelah lelah berjalan jalan, kalian bisa mencicipi berbagai kuliner olahan laut di warung yang berada di sekitar pantai.


Alamat: Desa Batukaras, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


4. Pantai Karapyak

Pantai di Pangandaran berikutnya adalah Pantai Karapyak. Pantai berpasir putih ini berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat alami.


Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama berwisata ke Pantai Karapyak seperti bersantai, makan di pinggir pantai, hingga berfoto di spot keren. Fasilitas yang disediakan juga lumayan lengkap seperti toilet, tempat parkir, warung, dan mushola.


Bagi pengunjung yang punya hobi mancing, jangan lupa siapkan peralatan memancing karena di pantai ini terdapat beberapa spot yang kerap digunakan untuk memancing oleh pengunjung.


Alamat: Jl. Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


5. Pantai Batu Hiu

Nama Pantai Batu Hiu sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Barat, bahkan nama pantai ini pernah dijadikan judul lagu oleh Kang Doel Sumbang yaitu lagu Bulan Batu Hiu.


Di destinasi wisata ini pengunjung bisa menikmati indahnya pantai dan deburan ombak serta dimanjakan dengan indahnya batu karang yang terletak di sekeliling pantai. Sore hari adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Batu Hiu karena pemandangan matahari terbenam tampak sangat indah.


Pantai Batu Hiu ini hanya berjarak sekitar 14 kilometer dari Pantai Pangandaran. Tepatnya berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kab. Pangandaran. Pantai ini dapat diakses dengan perjalanan sekitar 30 menit dari Alun-alun Pangandaran.


Pantai Batu Hiu sendiri sebenarnya tidak memiliki lokasi yang cukup luas. Namun, sangat populer di kalangan masyarakat setempat karena di sana terdapat sebuah bukit yang didominasi dengan tumbuhan pandan yang membuatnya terlihat semakin indah dan asri. Pasir pantainya berwarna putih bersih dengan butiran halus, sangat nyaman saat kita berjalan di atas pasir walau dengan telanjang kaki.


Alamat: Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


6. Pantai Madasari

Pantai Madasari memiliki lokasi yang membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari Pantai Pangandaran. Tepatnya beralamat di Jalan Pantai Wisata, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.


Lokasi yang cukup jauh tersebut, membuat pantai ini tergolong masih sepi pengunjung. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai destinasi bagi yang tengah mencari ketenangan dan kedamaian. Saat berkunjung ke pantai ini, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat alami dan sejuk.


Pantai ini sangat cocok dinikmati bersama dengan keluarga, karena menawarkan pemandangan yang begitu indah. Harga tiket masuknya pun masih murah alias terjangkau. Keindahan utama dari objek wisata ini terletak pada beberapa pulau karang yang hanya berjarak sekitar beberapa meter dari arah bibir pantai.


Pantai tersembunyi yang memiliki ombak cukup tinggi ini kini sudah mulai dikenal dan didatangi banyak pengunjung.


Alamat: Jl. Pantai Wisata, Desa Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


7. Pantai Karang Nini

Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memang menawarkan pemandangan batu karang yang Indah sebagai ciri khas. Karang Nini memiliki arti karang nenek, yaitu salah satu batu karang yang ada di pantai ini memiliki bentuk seperti nenek-nenek. 


Keindahan dari pantai ini semakin bertambah berkat adanya karang besar yang tersebar di tepi pantai. Ditmabah pula dengan adanya hamparan pasir putih yang terasa begitu lembut di kaki, menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Karang Nini.


Pantai Karang Nini menjadi pilihan tepat untuk kalian yang ingin merasakan suasana tenang, asri, dan menyegarkan. Tidak hanya sebatas keelokan pantainya, pantai ini juga memiliki beragam mitos yang dipercaya oleh masyarakat lokal seperti Legenda Cinta Ki Arga Plara dan Ni Ambu Kolot. Pantai Karang Nini berada di areal Desa Emplak, Kalipucang.


Alamat: Desa Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


8. Pantai Lembah Putri

Panorama Pantai Lembah Putri didukung oleh kehadiran pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi di sekeliling bibir pantai. Pantai ini dibuka 24 jam non stop, sehingga pengunjung bisa memilih untuk melihat lautan di saat langit cerah atau sekadar mendengarkan deburan ombak di malam hari. Pantai Lembah Putri beralamat di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.


Pantai Lembah Putri menawarkan keindahan yang cukup berbeda dari deretan pantai lainnya karena berada di sekitar perbukitan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung selama berada di pantai ini seperti berkemah, memancing, hingga mencoba gantole.


Bahkan pengunjung juga bisa menaiki tangga menuju bukit yang sering kali disebut sebagai miniatur tembok China. Dari atas bukit tersebut pengunjung bisa melihat pemandangan birunya lautan Samudera Hindia ditemani angin sepoi-sepoi.


Tangga yang digunakan untuk menaiki bukit tersebut juga menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto. Tak hanya menikmati wisata pantainya , di lokasi ini Anda juga bisa untuk mengunjungi Goa Ronggeng yang berada tak jauh dari pantai.


Alamat: Desa Putrapinggan, Kec. Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat.


9. Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur memiliki daya tarik yang nggak kalah dengan pantai lainnya di antaranya: spot memancing, kumpulan batu karang, dan pulau terapung mirip Tanah Lot di Bali. Pantai ini berlokasi di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Pangandaran. 


Pantai ini menawarkan panorama alam yang sangat indah memanjakan mata. Pengunjung dapat menikmati besarnya ombak dari atas bukit sambil berswafoto dengan latar deburan ombak yang sangat indah. Dengan adanya perbukitan di sekeliling pantai ini membuat pemandangan semakin mengesankan.


Pantai Keusik Luhur selalu ramai oleh pengunjung yang berwisata. Destinasi wisata bahari ini menjadi salah satu pantai terindah yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Pangandaran.


Alamat: Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.



10. Pantai Bojong Salawe

Rekomendasi wisata pantai di Pangandaran selanjutnya adalah Pantai Bojong Salawe. Pantai ini berada di Desa Karang Jaladri, Kecamatan Parigi. Di sepanjang bibir pantai tersebar bangunan pemecah ombak yang terlihat seperti bintang-bintang. Area ini menjadi salah satu spot foto favorit bagi pengunjung karena view-nya sangat indah.


Pantai Bojong Salawe menawarkan banyak hal seru seperti area memancing, batu karang yang tersebar di sepanjang pantai, pasir putih bersih, sunset di dermaga, hingga pacuan kuda. Dengan banyaknya fasilitas tersebut dijamin pengunjung tidak akan merasa bosan menikmati pemandangan  pantai yang indah. 


Alamat: Jl. Bojong Salawe, Desa Kondangjajar, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


11. Pantai Karang Tirta

Pantai Karang Tirta berlokasi di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih. Di Pantai Karang Tirta, pengunjung akan dimanjakan dengan beragam alternatif wisata, seperti wisata agro membuat gula dari kelapa dan sentra kerajinan wayang golek.


Wisata bahari ini termasuk sebagai pantai yang ombak cukup tenang. Maka, cocok banget kalau dijadikan sebagai pilihan destinasi liburan bersama keluarga, terutama bagi yang ingin membawa buah hati bermain. 


Di pantai ini pengunjung bisa memancing, berenang, menikmati kuliner khas, hingga mencari biota laut yang terdampar di tepi pantai. Kalian juga bisa bermain di pasir berwarna putih kecoklatan yang bersih dan tidak memiliki karang. Setelah puas bermain, kalian bisa mencicipi kuliner khas dari kota Pangandaran yang bisa ditemukan di sekitar pantai.


Alamat: Cijulang, Desa Sukaresik, Kec. Sidamulih, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


12. Pantai Karang Seugeuh

Pantai Karang Seugeuh Madasari merupakan salah satu wisata pantai yang berada di Jalan Pantai Wisata, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat. Pantai dengan pasir berwarna cokelat kehitaman ini, memiliki ombak yang cukup besar karena berhadapan langsung langsung dengan Samudra Hindia.


Kondisi alam di sekitar pantai Karang Seugeuh terbilang masih perawan karena belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Pantai ini juga belum terkelola dengan baik dan belum tersedia fasilitas pendukung.


Jadi saat wisatawan berkunjung ke pantai ini akan terasa seperti pantai pribadi karena masih minim pengunjung. Itu sebabnya pantai ini cocok untuk berkemah bersama teman atau keluarga.


Alamat: Jalan Pantai Wisata, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


13. Pantai Karang Tamaga

Rekomendasi tempat wisata pantai di Pangandaran berikutnya adalah Pantai Karang Tamaga. Pantai ini masih masuk wilayah Jalan Pantai Wisata, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat


Pantai Karang Tamaga menjadi salah satu destinasi wisata terbaik buat kalian yang ingin mengabadikan momen matahari terbenam. Pengunjung bisa berswafoto dengan ditemani suara deru ombak yang menghantam tepian pantai. Suaranya begitu menenangkan jiwa, cocok untuk ngadem karena tempat wisata bahari ini jauh dari kebisingan kota. Di pantai ini juga pengunjung bisa bermain air dan pasir, serta camping.


Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Desa Masawah, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat.


14. Pantai Pananjung

Pantai Pananjung merupakan salah satu pantai yang hampir selalu ramai pengunjung. Pantai ini memiliki warna air laut biru dengan jejeran perahu nelayan. Sesuai dengan namanya, Pantai Pananjung berada di Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


Pantai yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat luar biasa dan terdapat hamparan pasir putih yang bersih dan lembut. Pengunjung bisa berjalan di atas pasir mengikuti garis pantai yang bersih dan indah.


Di Pantai Pananjung, pengunjung bisa melakukan aktivitas snorkeling dan surfing karena lautannya masih terjaga dan bersih, sehingga biota laut di dalamnya masih dapat dinikmati oleh wisatawan. Pengunjung juga dapat menjumpai kera yang berkeliaran karena Pantai Pananjung termasuk ke dalam wilayah konservasi.


Alamat: Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


15. Pantai Duduk Pangandaran

Pantai ini disebut-sebut masih jarang terjamah karena tidak banyak orang yang mengetahuinya. Pantai Duduk Pangandaran terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak. Pantai duduk memiliki struktur karang yang unik berupa karang besar yang dapat digunakan untuk duduk sambil menatap debur ombak  dan hamparan lautan yang luas.


Tempat ini dapat menjadi pilihan wisata jika ingin mendapatkan ketenangan dan jauh dari keramaian. Cocok banget buat kalian yang ingin mengajak keluarga karena pantai ini memiliki struktur yang landai serta sangat bersih dan elok dengan pasir putihnya yang lembut.


Alamat: Desa Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


16. Pantai Pasir Putih

Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih. Berbeda dari umumnya kawasan pantai yang lain di sekitar Pangandaran yang berpasir kecokelatan. Untuk mencapai pantai ini, ada dua rute yang bisa kita ambil yaitu jalur darat dan jalur laut. Melalui darat, kita bisa masuk melalui gerbang barat Cagar Alam Pananjung, kemudian berjalan kurang lebih 300 meter. Sedangkan melalui laut, kita dapat menyewa perahu dari kawasan Pantai Barat.


Suasana alam di sekitar pantai Pasir Putih Pangandaran masih asri dan terjaga karena berada di kawasan konservasi, sehingga pengunjung juga dapat melihat kera yang berkeliaran di sekitar pantai. Pengunjung juga dapat menyelam atau snorkeling di perairan dangkal. Airnya yang jernih memungkinkan kalian untuk melihat hingga ke dasar dan mengamati biota laut seperti kuda laut, bintang laut, teripang, tiram, dan ikan.


Alamat: Jl. Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis, Jawa Barat.


17. Pantai Muaragatah

Pantai Muaragatah tidak begitu populer jika dibandingkan dengan Pantai Pangandaran. Pantai cantik ini termasuk masih sepi dan belum terlalu ramai oleh pengunjung, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat untuk mencari ketenangan dan melepaskan penat dari kegiatan sehari-hari. Pantai Muaragatah berlokasi di Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.


Pantai Muaragatah memiliki pemandangan yang cantik yang akan membuat pengunjung terpesona. Perbukitan dan bebatuan karang karang di sekitar pantai nampak sangat indah memanjakan mata.


Ketika air laut sedang surut, pengunnjung Pantai Muaragatah bisa menemukan ikan ikan kecil yang berada di bebatuan karang. Kemudian, apabila ingin melanjutkan penjelajahan maka kalian bisa singgah di goa alam yang berada nggak jauh dari pantai.


Alamat: Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


18. Pantai Cikaracak

Tempat wisata pantai yang wajib dikunjungi di Pangandaran adalah Pantai Cikaracak yang beralamat di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Kab. Pangandaran. Pesona batu karang di tepi pantai dengan ombak yang bertubi-tubi menghantam karang membuat pemandangan di pantai ini sangat memesona.


Disi juga terdapat tebing dengan pepohonan hijau yang mengelilingi area pantai. Daya tarik lainnya dari tempat wisata ini adalah tebing karang yang tidak terlalu tinggi yang memiliki air terjun mini. Aliran airnya memang tidak terlalu deras, tetapi keberadaannya membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang. Pantai ini juga bisa menjadi lokasi untuk wisatawan menikmati pemandangan sunset.


Alamat: Jl. Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


19. Pantai Pangelek

Pantai Pangelek terletak di Desa Batukaras, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran. Pantai yang satu ini menawarkan indahnya pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan luasnya hamparan pasir putih di pantai yang luas. Karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar, maka pengunjung diperbolehkan untuk bermain di sekitar pantai.


Saat berada di pantai ini,  kalian bisa menikmati tenangnya suasana pantai diteman suara deburan ombak yang mampu menyegarkan pikiran. Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan lautan di bawah rindangnya hutan mangrove. Pengunjung juga bisa bermalam alias menginap dengan menyewa resort yang ada di dekat pantai Pangelek.

 

Alamat: Jl. Desa Batukaras, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


20. Pantai Legok Jawa

Pantai Legok Jawa ini terletak di wilayah Desa Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran atau sekitar tiga kilometer dari Pantai Madasari.


Keistimewaan Pantai Legok Jawa ini, hampir sama dengan Pantai Madasari yaitu ada spot batu karang yang indah dan alami di bibir pantai. Spot batu karang itu ada di Blok Karangtaulan, di depan Lapangan Pacuan Kuda Legok Jawa.


Ombak Pantai Legok Jawa cukup besar sehingga tidak layak dipakai berenang. Pengunjung hanya bisa menikmati panorama, suara debur ombak dan cicit camar. Cocok menikmati hidangan, botram bersama keluarga, sesekali swafoto dengan background lepas pantai.


Alamat : Desa Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran


21. Pantai Palatar Agung

Pantai Palatar Agung berada di sebelah Timur Pantai Karapyak dan sekitar 20 km sebelum obyek wisata Pantai Pangandaran. Alamat Pantai Palatar Agung berada di Desa Pamotan Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.


Pantai Palatar Agung masih cukup asri serta memiliki pasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang dalam bentuk sedikit melengkung. Kelebihan dari kondisi tersebut menjadikannya pantai yang sangat eksotis. 


Aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini antara lain memancing dan berswafoto untuk menambah koleksi foto. Pantai Palatar Agung juga biasa digunakan sebagai tempat upacara adat seperti sedekah laut yang dilakukan setahun sekali.


Jauh dari pandangan mata terlihat pulau Nusawere dan Nusakambangan, serta muara Sungai Citanduy, deretan mangrove, dan persawahan.


Alamat: Desa Pamotan, Kec. Kalipucang, Kab. Ciamis, Jawa Barat.


22. Pantai Pasir Beusi

Pantai Pasir Beusi berada di Desa Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran. Banyak kapal laut milik nelayan yang bersandar rapi di sepanjang jalur pantai dengan warna dasar biru yang melambangkan warna lautan.


Kapal-kapal tersebut bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto karena hanya akan dipakai saat malam hari tiba. Kalian disarankan berkunjung ke pantai saat matahari masih terlihat bila ingin berfoto bersama para kapal kapal ini.


Suasana di sekitar Pantai Pasir Beusi terasa damai dan udaranya pun masih segar, cocok banget untuk melepas penat walau hanya duduk di tepian pantai sambil mendengar deburan ombak pun rasanya sudah rileks.


Alamat: Desa Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.


23. Pantai Kalapa Satangkal

Pantai Kalapa Satangkal merupakan bagian dari pantai Madasari Pangandaran. Lokasinya masih berada dalam wilayah Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, kab. Pangandaran, Jawa Barat.


Keindahan alam Pantai Kalapa Satangkal yang masih asri dan bersih dapat mengundang hasrat pengunjung untuk menikmati destinasi wisata yang berbeda, menarik, dan bikin hati bahagia. Pemandangan pantai ini menyajikan panorama alam yang sangat mempesona seakan menyapa dan mengajak bersenda gurau.


Permukaan pantai Kalapa Satangkal yang landai nan indah ini berpadu dengan hijaunya pepohonan serta hamparan dataran Desa Masawah yang dihiasi dengan keunikan bukit tebing dan pulau-pulau karang kecil.


Alamat  : Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, kab. Pangandaran, Jawa Barat.


24. Pantai Sanghyang Kalang

Pantai Sanghyang Kalang hanya berjarak beberapa meter dari Pantai Batu Karas. Pantai yang mulai dibuka  pada tahun 2017 ini lokasinya berada di Jalan Batu Karas, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.


Destinasi wisata bahari ini masih sangat asri dan bersih karena belum terlalu banyak wisata yang berkunjung. Selain bisa menikmati pantai yang indah dan hamparan laut hijau, pengunjung juga bisa jalan-jalan ke hutan mangrove melintasi jembatan penghubung yang dibangun oleh pihak pengelola.


Pantai Sanghyang Kalang yang indah ini wajib banget dimasukkan dalam daftar tujuan wisata kalian bersama keluarga, teman, atau rekan kerja. Jangan lupa abadikan momen indah di pantai ini dengan berswafoto buat kenang-kenangan dan untuk diunggah di sosial media kalian.


Alamat: Jalan Batu Karas, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.


25. Pantai Solok Timun

Pantai Solok Timun termasuk dalam wilayah administrasi Desa Bagolo, Kalipucang. Pantai ini  berjarak 18 kilometer dari pusat Kota Pangandaran dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Akses ke wisata bahari ini hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia transportasi umum.


Meskipun belum banyak orang yang mengenal Solok Timun, namun pantai ini memiliki pemandangan yang nggak kalah indah dan eksotis jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Destinasi ini menyajikan pemandangan alam berupa laut lepas dan perbukitan hijau yang memanjakan mata serta memberikan efek menenangkan jiwa.


Pengunjung juga dapat menikmati panorama Pantai Solok Timun dari ketinggian sambil duduk santai di bangku-bangku dan meja kayu yang disediakan oleh pihak pengelola. Dari atas bukit terlihat pemandangan indah sejauh mata memandang terhampar batuan karang, bukit hijau, dan lautan biru yang memanjakan mata.


Di pantai Solok Timun ini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru, di antanya bersepeda, menikmati sunset, memancing, naik perahu pesiar, hingga naik jetski.


Alamat: Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.


Itulah tadi Daftar Pantai di Pangandaran yang Cocok untuk Liburan. Ternyata lumayan banyak pantai indah di Pangandaran yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata saat musim libur tiba. Deretan pantai cantik tersebut cocok banget untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman. Jadi, kapan kalian mau liburan ke Pangandaran?

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar