Imboost : Kegunaan, Cara Pakai dan Efek Samping

Imboost : Kegunaan, Cara Pakai dan Efek Samping
Pic by : istockphoto.com

Imboost : Kegunaan, Cara Pakai dan Efek Samping - Imboost merupakan suplemen yang dibuat dari ekstrak tumbuhan Echinacea yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dapat kebal dalam situasi apapun dan melawan gejala batuk dan pilek.

Di pasaran, Imboost dijual oleh perusahaan Soho Industri Farmasi dalam berbagai macam varian. Perbedaan ini juga tentunya memiliki kegunaan yang berbeda karena obat Imboost biasanya ditambahkan dengan berbagai bahan lainnya agar obat bekerja lebih optimal dan efektif.

Jika Anda sedang mencari tahu tentang obat Imboost dan harga Imboost, maka Anda bisa membaca artikel ini hingga akhir.

Untuk konsultasi tentang berbagai penyakit dan cara mengobatinya, Anda dapat melakukan konsultasi dokter gratis online.

Pengertian dan Kegunaan Imboost

Imboost merupakan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Imboost mengandung ekstrak tumbuhan Echinacea. 

Ekstrak tumbuhan Echinacea dipercaya dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan meredakan peradangan. Bahan ini juga dipercaya mampu meredakan gejala flu dan batuk pilek ringan. Selain Echinacea, Imboost juga mengandung ekstrak buah-buahan lain seperti black elderberry dan zinc picolinate, yang bisa mendukung dan memperkuat sistem imun tubuh.

  • Golongan: Obat bebas

  • Kategori Obat: Vitamin

  • Dikonsumsi oleh: Dewasa dan anak

  • Bentuk obat: Tablet, sirup, effervescent

Varian Produk dan Dosis Aturan Pakai Imboost

Berikut beberapa varian Imboost yang tersedia di pasaran serta aturan pakainya untuk tiap masing-masing obat.

  1. Imboost Tablet

Tiap tablet Imboost ini mengandung 250 mg ekstrak Echinacea purpurea dan 10 mg zinc picolinate. Dewasa: 3 kali 1 tablet sehari

  1. Imboost Force

Tiap tablet Imboost force mengandung 250 mg ekstrak Echinacea purpurea, 400 mg ekstrak black elderberry, dan 10 mg zinc picolinate. Dewasa: 3 kali 1 tablet sehari.

Obat ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai terapi suportif setelah sakit, serta meringankan gejala flu dan demam.

  1. Imboost Force Extra Strength

Tiap tablet Imboost Force Extra Strength mengandung 1000 mg ekstrak Echinacea purpurea, 400 mg black elderberry, serta 10 mg zinc picolinate. Dewasa: 1 kali 1 tablet sehari. Obat ini dapat dikonsumsi untuk membantu memelihara daya tahan tubuh.

  1. Imboost Effervescent

Tiap tablet Imboost Effervescent mengandung 500 mg vitamin C, 250 mg ekstrak Echinacea purpurea, dan 10 mg zinc picolinate. Dewasa: 1 tablet 1–2 kali sehari. Obat ini tersedia dalam bentuk tabung isi 8 atau 10 dan berguna untuk meningkatkan imun serta daya tahan tubuh.

  1. Imboost Lozenges

Tiap tablet Imboost Lozenges mengandung 50 mg ekstrak Echinacea purpurea dan 25 mg ekstrak jahe merah. Dewasa: 1 tablet 1–2 kali sehari. Obat ini tersedia dalam tablet hisap yang dapat dikonsumsi untuk meredakan tenggorokan yang sakit. 

  1. Imboost Kids Sirup

Tiap 5ml mengandung Imboost Kids Sirup ekstrak Echinacea purpurea sebanyak 250 mg dan zinc picolinate sebesar 5 mg. Anak-anak usia 2–6 tahun: 5 ml 1–2 kali sehari. Dosis untuk anak-anak usia di atas 6 tahun sebanyak 5 ml 3 kali sehari. Obat ini dapat bekerja untuk mengaktifkan sistem daya tahan tubuh namun tetap aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

  1. Imboost Force Kids Sirup

Tiap 5 ml Imboost Force Kids Sirup mengandung ekstrak Echinacea purpurea 250 mg, ekstrak black elderberry 400 mg, serta zinc picolinate sebesar 5 mg. Anak-anak usia 2–6 tahun: 5 ml 1–2 kali sehari dan anak-anak usia di atas 6 tahun: 5 ml 3 kali sehari.

  1. Imboost Chewy

Tiap tablet Imboost Chewy mengandung 125 mg ekstrak Echinacea purpurea dan 2,5 mg zinc picolinate. Anak-anak usia 2–6 tahun: 2 tablet 1–2 kali sehari dan anak-anak usia di atas 6 tahun: 2 tablet 3 kali sehari.

Harga Imboost

Berikut beberapa harga varian Imboost.

  • Imboost tablet: strip @4 tablet Rp18.000 hingga Rp35.000 dan strip @10 tablet Rp37.500 hingga Rp74.300

  • Imboost force: Rp74.000 per strip

  • Imboost force extra strength: Rp85.000 hingga Rp98.000 per strip

  • Imboost effervescent: Rp23.000 hingga Rp46.000 per tabung isi 8 atau 10

  • Imboost lozenges: Rp9.000 hingga Rp13.000

  • Imboost kids sirup: kemasan 45ml Rp28.440 dan kemasan 60ml Rp39.870

  • Imboost force kids sirup: kemasan 40ml Rp62.640 dan kemasan 120ml Rp92.720

  • Imboost chewy: Rp32.760 isi 21 tablet hisap.

Cara Penyimpanan Obat

Simpanlah obat ini di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak, terhindar dari matahari, simpan pada suhu ruang yang dingin dan sejuk yaitu suhu di bawah 30℃.

Efek samping Imboost

Sampai saat ini, belum ada efek samping dari konsumsi vitamin Imboost yang dilaporkan. Namun tetap ada efek samping ringan yang dirasakan, seperti:

  • Mual atau muntah,

  • Diare,

  • Sakit kepala,

  • Sakit tenggorokan, dan

  • Mulut kering

Kontraindikasi

Penggunaan Imboost sebaiknya dihindari pada orang-orang yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap salah satu komposisi dari suplemen obat ini karena dikhawatirkan akan mengganggu efek kerjanya.

Interaksi Obat

Jika dikonsumsi bersama kafein seperti pada teh dan kopi bisa meningkatkan kadar kafein di dalam tubuh. Selain itu, konsumsi bersama imunosupresan bisa menurunkan efektivitas obat imunosupresan.

Perhatian

Beritahu kepada dokter atau apoteker jika Anda sedang atau memiliki riwayat:

  • Multiple sclerosis

  • Penyakit kolagen

  • TBC

  • HIV/AIDS, dan

  • Penyakit autoimun

Informasikan kepada dokter yang memeriksa jika Anda sedang hamil, menyusui, atau dalam program kehamilan. Beritahu juga jika Anda akan menggunakan Imboost bersama dengan obat, suplemen, atau produk herbal lain.

Perhatian Kehamilan dan Menyusui

Penggunaan Imboost pada ibu hamil dan menyusui belum dikategorikan. Selain itu, kandungan vitamin Imboost belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Oleh karena itu, ada baiknya untuk konsultasikan kepada dokter sebelum menggunakan obat.


Itulah beberapa informasi mengenai manfaat dan kegunaan, aturan pakai, dosis, cara menyimpan, dan efek samping dari berbagai varian obat Imboost. Sebelum mengkonsumsi, ingat untuk selalu perhatikan instruksi obat dan aturan pakai yang terdapat pada kemasan obat.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar