Kejuaraan Roundnet Piala Bakesbangpol Jawa Barat 2022

Kejuaraan Roundnet Piala Bakesbangpol Jawa Barat 2022

Apakah kalian tahu tentang olahraga  net?

Berbeda dengan cabang olahraga sepak bola, volly ball, atau bulu tangkis yang sudah kita kenal sejak dulu kala, olahraga roundnet mungkin masih kurang familiar di telinga kita.


Roundnet merupakan olah raga permainan yang diciptakan Jeff Krunek pada tahun 1989 yang dimainkan oleh empat orang yang terbagi dalam 2 tim. Permainannya seperti voli pantai karena memperbolehkan 3 kali sentuhan dan jumlah pemain adalah 2 lawan 2. Rundnet juga hasil kombinasi dengan pingpong karena cara memukul yang cenderung rendah dan mengarah/memantulkan ke alat permainan untuk memainkan nya.


Masing-masing pemain hanya boleh melakukan sentuhan atau pukulan sebanyak satu kali secara bergantian. Namun saat servis dan sentuhan terakhir, bola yang terbuat dari karet harus dipantulkan ke lingkaran pemantul (rim) berdiameter 90 cm dan tinggi 25 cm yang disebut Roundnet.


Untuk ukuran lapangan sebenarnya tidak terbatas tergantung seberapa jauh bola itu dipantulkan, sehingga idealnya memang dilakukan di outdoor.


Olahraga Roundnet sempat vakum pada tahun 1995 dan kembali menggeliat pada tahun 2008. Seperti di Amerika dan Eropa, olahraga ini berkembang pesat. Bahkan di sejumlah negara di Asia, olahraga Roundnet sudah cukup popular dan sudah ada kejuaraannya.


Di Amerika sendiri, kompetisi olahraga Roundnet sudah disiarkan oleh kanal tv olahraga ESPN. Sedangkan  di Indonesia sendiri sudah menciptakan rekor live streaming olahraga Roundnet terlama yaitu 9 jam 38 menit nonstop melalui Inspira TV sebagai official broadcaster di kegiatan Turnamen Roundnet Piala Gubernur Jawa Barat 2022 pada bulan Januari lalu.


Turnamen Antar Klub Roundnet se-Jawa Barat 2022

Pesatnya perkembangan Olahraga Roundnet di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, memiliki jumlah pemain dan klub/komunitas terbanyak. PORSI Pengda Jabar sebagai induk olahraga roundnet di Jawa Barat akan menyelanggarakan Turnamen Antar Klub Roundent se-Jawa Barat bekerjasama dengan Badan Kesatuan  Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jabar pada tanggal 13-14 Agustus 2022 di Lapang Tenis, Gedung Sate Bandung.


Diselenggarakannya Turnamen ini bertujuan untuk menunjang jargon PB PORSI yaitu “Roundnet Indonesia Menatap Dunia”. Diharapkan dengan adanya Turnamen ini akan muncul beberapa Klub baru di kota-kota di Jawa Barat, yang akan menjadi akar perkembangan Olahraga Roundnet di Indonesia secara umum, khususnya di Jawa Barat.


#bangkitbersamaroundnet merupakan tagline yang diangkat di Turnamen ini, merupakan kolaborasi dengan Bangkit Jawa Barat yang merupakan Program dari Bakesbangpol Jawa Barat dan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat dan dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus.


Kolaborasi ini menunjukan semangat bersama demi membentuk pemuda/pemudi dan masyarakat Indonesia yang kuat, sehat jiwa raga yang selaras dengan filosofi olahraga Roundnet yang menjunjung niai-nilai Fairplay, penuh integritas, dan sifat legowo pada saat bertanding!


Peserta kejuaraan ini melibatkan 38 tim atau 76 orang atlet yang berasal dari dalam dan luar negeri yang akan membuat pertandingan semakin seru. Kehadiran pemain dari negara asal olahraga roundnet ini membuat suasana kompetisi semakin seru karena pasangan tim dari Amerika sudah jauh bermain lebih lama sebelum olahraga roundnet masuk ke Indonesia.


Kejuaraan Roundnet Piala Bakesbangpol Jawa Barat adalah bukti keseriusan dan kepedulian dari Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia Pengurus Daerah Jawa Barat dalam memajukan Roundnet di Indonesia khususnya di daerah Jawa Barat.


Nah, buat kaklian semua yang penasaran seperti apa olahraga roundnet yang sesungguhnya silakan datang langsung ke lokasi pertandingan. 

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar