Tips Memilih Tempat Kost yang Aman dan Nyaman

Tips Memilih Tempat Kost yang Aman dan Nyaman

Tips Memilih Tempat Kost yang Aman dan Nyaman - Menjadi anak kos memang bukan hal yang mudah, apalagi jika itu adalah pengalaman yang pertama kali. Banyak hal yang harus kita persiapkan untuk memulai belajar hidup mandiri saat indekos. Mulai dari penyesuaian kebiasaan sehari-hari, hingga adaptasi dengan lingkungan baru yang mungkin terpaksa  dicocok-cocokan dengan kepribadian kita.


Menjadi anak kost berarti harus siap hidup mandiri. Kita nggak bisa seenaknya merengek-rengek pada orang tua, apalagi pada pemilik kost. Karena keluhan kita justru akan membuat orang tua khawatir dan nggak tenang melepaskan anaknya sendirian.


Tapi, buat kalian yang baru pertama kali mau ngekost nggak perlu khawatir, karena menjadi anak kost nggak seseram yang kalian bayangkan. Bertahan hidup sendirian tanpa dampingan orang tua justru menempa diri kita untuk jadi pribadi yang lebih mandiri dan dewasa.


Jadi, apakah sekarang kalian sudah siap menjadi anak kost? Eit..., tapi jangan terburu-buru saat memilih tempat kost ya....!


Tips Memilih Tempat Kost

Memilih tempat kost alias kos-kosan perlu dilakukan secara selektif dan nggak asal-asalan. Banyak hal yang perlu diperhatikan, khususnya yang berkaitan dengan kenyamanan.


Kalau kalian memilih tempat kost sekadarnya, akan merasa nggak nyaman dan ingin segera pindah. Hal tersebut akan memakan waktu dan tenaga yang seharusnya bisa digunakan untuk hal lain. Sangat penting untuk memastikan bahwa tempat kost tujuan kalian memang benar-benar nyaman dan sesuai keinginan.


Nah, kali ini Mimin mau ngasih tips memilih tempat kost yang aman dan nyaman buat kalian semua.


Biaya Sewa Kost

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tempat kost adalah biaya sewa. Jangan sampai uang bulanan kalian hanya habis untuk membayar kost. Banyak pilihan harga sewa kost, mulai dari harian hingga tahunan.


Sewalah tempat kost bulanan jika kalian belum yakin. Kalau nggak betah, kalian bisa pindah setelah masa sewa habis. Tapi, bisa juga langsung menyewa kost tahunan jika kalian sudah yakin dan khawatir uang anggaran sewa kost justru habis digunakan untuk kebutuhan lain.


Fasilitas Tempat Kost

Agar nggak salah memilih tempat kost, kalian wajib memperhatikan fasilitas yang ada di kos-kosan tersebut apakah bisa disesuaikan dengan kebutuhan? Sebelum benar-benar menyewa rumah kost, perhatikan terlebih dahulu fasilitas yang ada di dalamnya.


Tentukan fasilitas tempat kost yang kalian butuhkan. Meskipun ada tempat kost kosongan atau kost dengan tempat tidur dan lemari pakaian saja, tetapi kalian juga perlu mempertimbangkan fasilitas lainnya. Agar bisa langsung beraktivitas, cari kost yang memberikan fasilitas seperti AC, kipas angin, televisi, hingga internet wifi.


Ada juga tempat kost yang menyediakan fasilitas kamar mandi di dalam buat kalian yang nggak ingin berebut kamar mandi dengan penghuni lain. Tentunya semakin lengkap fasilitasnya, biaya sewanya pun akan semakin tinggi.


Lokasi Tempat Kost

Jika kalian seorang mahasiswa, maka carilah tempat kost yang dekat dengan kampus. Jika pekerja, pilihlah tempat kost terdekat dengan kantor tempat bekerja. Atau, pilihlah tempat kost yang dekat dengan sarana transfortasi karena seringkali biaya transportasi memakan biaya besar untuk aktivitas.


Alangkah baiknya kalau kalian memilih tempat kost di dekat kampus atau dekat tempat kerja agar tidak perlu menggunakan alat transportasi. Selain itu, kalian juga bisa lebih sehat karena setiap hari berjalan kaki menuju lokasi. Kost yang dekat dengan lokasi kerja atau kampus akan membuat kalian lebih mudah beraktivitas pada malam hari.


Lingkungan Tempat Kost

Jika kalian ingin lingkungan yang sepi dan tenang, pilihlah tempat kost yang jauh dari keramaian, begitu pun sebaliknya. Lakukan survey singkat untuk mencari tahu kondisi lingkungan di sekitar tempat kost. Hal ini sangat penting karena kalian akan banyak beraktivitas di sekitarnya.


Kalian juga bisa mencari tahu lokasi warung makan, minimarket, apotek, atau tempat yang akan diakses. Cari tahu juga rumah tokoh-tokoh penting, seperti ketua RT, ketua RW, atau tokoh lainnya yang akan dibutuhkan.


Demikian tips memilih tempat kost yang aman dan nyaman dari Mimin. Semoga bermanfaat buat kalian yang akan menjalani hidup baru di perantauan.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar