Data Scientist, Profesi Paling Dibutuhkan Perusahaan di Era Digital

Data Scientist, Profesi Paling Dibutuhkan Perusahaan di Era Digital


Data Scientist, Profesi Paling Dibutuhkan Perusahaan di Era Digital - Belakangan ini Mimin rajin banget buka Google dan beberapa platform sosial media untuk mencari informasi lowongan kerja.  Ya, kebetulan keponakan baru lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan yang sesuai di bidangnya yaitu teknologi informasi.


Dari sekian banyak informasi loker yang Mimin temukan, banyak lowongan pekerjaan untuk posisi data scientist. Jujur saja profesi data scientist nggak terlalu familiar di telinga Mimin. Tapi, nggak bisa dipungkiri bahwa profesi tersebut memang saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan.


Kira-kira apa sih, data scientist itu?


Data scientist adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengolah dan menganalisis data. Kemudian data yang telah diolah akan menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan selanjutnya.


Ibarat pilot, data scientist merupakan orang yang berada di balik kendali teknologi pengolahan data. Perusahaan membutuhkan seseorang yang mampu menganalisis data, punya rasa keingintahuan yang tinggi, dan menerjemahkan data menjadi ide baru yang mendatangkan keuntungan.


Selain itu, data scientist juga berperan sebagai problem solver atau penyedia solusi bagi permasalahan bisnis yang dihadapi perusahaan. Dalam menyelesaikan masalah, seorang data scientist menggunakan data yang dilengkapi dengan metode ilmiah sebagai senjata utamanya, seperti metode statistika dan matematika.


Pada awalnya, data scientist hanya digunakan di dunia akademik dan tugasnya menjadi penganalisis data-data untuk hasil penelitian atau jurnal ilmiah. Namun, sekarang data scientist sudah menjadi profesi yang sangat menjanjikan dengan gaji yang menggiurkan.


Keterampilan dan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki oleh data scientist?


Untuk menjadi data scientist kalian wajib memiliki keterampilan dan pengetahuan bahasa pemrograman, statistika, machine learning, kalkulus dan aljabar, pemetaan data, serta software engineering.


Jadi, buat kalian yang tertarik dengan posisi data scientist maka harus memiliki minimal pendidikan gelar sarjana di bidang Teknik Informatika, Sistem Informasi, Statistika, Matematika atau jurusan relevan lainnya. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menginginkan gelar master untuk posisi ini. 


Lulusan teknik informatika sendiri cenderung lebih disukai karena perkuliahannya mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. 


Di Indonesia, sudah terdapat perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang telekomunikasi, perbankan dan startup yang menjadikan data scientist sebagai posisi yang penting dalam manajemen mereka. Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia.


Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BRI sudah menggunakan berbagai teknologi digitalisasi yang disebut BRITECH. Dengan menggunakan teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan perbankan.


Nggak cuma di dunia perbankan, data scientist juga dibutuhkan di berbagai perusahaan IT, perusahaan finance ataupun perusahaan besar seperti google, atau facebook. Bidang kerja lainnya yang membutuhkan jasa data scientist adalah bidang pendidikan, kesehatan, transportasi dan logistik, olahraga, media, dan masih banyak lagi.


Kesimpulannya, untuk menjadi seorang ilmuwan data yang profesional, kalian harus memiliki pemikiran yang kritis dan mampu memberikan solusi yang tepat untuk memperlancar proses bisnis perusahaan.


Pelajari informasi lebih banyak berkaitan dengan data statistik dan pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan sistem basis data yang tepat. Jangan lupa untuk selalu melakukan improvisasi dan menambah relasi terkait profesi di bidang IT ini.


Buat kalian yang ingin belajar menjadi data scientist, Mimin do'akan semoga kalian berhasil menjadi ilmuwan data yang sukses. Selamat berjuang dan jangan pernah berhenti belajar.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar