4 Fungsi Website untuk Menunjang UMKM

4 Fungsi Website untuk Menunjang UMKM


4 Fungsi Website untuk Menunjang UMKM - Fungsi website untuk menunjang UMKM rupa-rupanya sangat signifikan, dan ini terbukti lantaran berbagai macam sebab. Mulai dari membangun kredibilitas hingga mendongkrak angka penjualan, website memainkan peran vital bagi perkembangan usaha skala kecil dan menengah.


Oleh karena itu, pebisnis sebaiknya tidak memandang remeh elemen yang satu ini.


Website yang dibuat dengan seapik mungkin akan merepresentasikan citra bisnis yang meyakinkan dan reliabel. Begitu kepercayaan calon pembeli tumbuh, maka bukan tidak mungkin jika website kalian lambat laun akan berubah menjadi mesin pencetak uang yang terus menerus mendatangkan profit sekaligus customer baru.


Lantas, apa saja manfaat website untuk usaha kecil menengah? Berikut uraiannya.


Fungsi Website untuk Menunjang UMKM

Sebagai seorang pemilik UMKM, mungkin kalian pernah mengesampingkan pentingnya meluncurkan website untuk berbisnis. Faktanya, kalian bukan satu-satunya orang yang beranggapan demikian. Menurut statistik yang dilaporkan oleh Fit Small Business, hampir 40% pelaku bisnis tidak memiliki presensi online.


Padahal, berdasarkan data yang sama, bisnis kecil dan menengah yang meluncurkan situs web sendiri diklaim mampu menghasilkan keuntungan hampir 70% lebih banyak ketimbang bisnis-bisnis tanpa website atau yang hanya mengandalkan pemasaran lewat marketplace dan media sosial.


Memiliki website bukanlah opsi semata, melainkan perlahan-lahan telah berevolusi menjadi sebuah kebutuhan. Meskipun bisnis kalian tergolong kecil, itu bukan berarti bahwa bidang usaha tersebut tidak laik untuk dipromosikan secara online.


Terlepas dari target kalian, entah apakah itu menguasai pasar lokal ataupun berencana untuk melakukan ekspansi bisnis dalam tingkat global, memiliki website yang pantas adalah rute tercepat menuju peningkatan kredibilitas profesional.


Melalui website, calon pembeli maupun pelanggan dapat selalu terhubung dengan bisnis kalian serta memperoleh informasi-informasi terbaru mengenai produk atau jasa yang dipasarkan.


Jika masih ragu-ragu untuk mengalokasikan sebagian modal pada unit vital ini, sebaiknya kalian membaca empat alasan pentingnya website untuk UMKM dalam pemasaran di bawah ini :


1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Mayoritas individu di era digital seperti sekarang ternyata memiliki tingkat kepercayaan yang rendah terhadap sebuah perusahaan yang tidak memiliki website, terlepas dari sektor apa pun yang digelutinya.


Jadi, tidak peduli di titik mana bisnis kalian berada saat ini (entah itu pada tahap perencanaan atau rupanya sudah lewat bertahun-tahun sejak didirikan), belum terlambat untuk meluncurkan website yang berfungsi sebagai toko online khusus untuk bisnis kalian.


Tanpa situs web yang mumpuni, kalian berisiko kehilangan kepercayaan dan pengakuan dari calon pembeli. Bukan cuma itu, orang-orang yang awalnya berminat untuk memborong dagangan pun justru akan memandang negatif bisnis tersebut karena tidak ada website untuk dijelajahi.


Padahal, via website, kalian bisa menerapkan trik-trik keren di bawah ini untuk membangun kepercayaan pelanggan:


Memamerkan Testimoni dan Ulasan.

Memamerkan testimoni dan ulasan (review) merupakan metode yang bagus untuk membangun kepercayaan pelanggan. Pembeli sangat menghargai transparansi, dan ini menunjukkan bahwa kalian menjunjung tinggi setiap pendapatcustomer. Dengan begitu, ada kemungkinan besar usaha kalian akan memperoleh kesan yang baik di mata calon pelanggan.


Mencantumkan Nomor Ponsel dan Alamat Toko Fisik.

Dengan mencantumkan nomor ponsel yang bisa dihubungi dan alamat toko fisik, calon pembeli pun memperoleh cukup informasi bahwa bisnis tersebut nyata alias riil, bukannya usaha bodong. Otomatis, Google akan merekomendasikan UMKM kalian kepada setiap pengguna yang mengetikkan keyword geografi tertentu yang berkaitan dengan lokasi kalian. Alhasil, bisnis kalian pun akan memperoleh reputasi baik sebagai bisnis yang valid, sah, dan legal.


2. Sebagai Sarana Promosi 24 Jam

Tidak seperti fitur pada marketplace yang mewajibkan untuk membeli slot iklan selama beberapa jam atau hari saja, website justru menyediakan opsi tanpa batasan waktu.


Dengan kata lain, kalian dapat memasarkan produk atau jasa UMKM tersebut kapanpun selama situs web online! Anggap saja website ini ibarat papan reklame (billboard) khusus usaha kalian.


Jadi, meski kalian tidak sedang memiliki waktu luang untuk mengunggah postingan iklan di media sosial, asalkan mencantumkan tautan menuju website di bagian biografi, calon pembeli tahu ke mana mereka harus pergi untuk menggali lebih banyak informasi mengenai bisnis tersebut.


3. Membuka Akses pada Analytic Tools

Dengan memiliki website, maka kalian akan mempunyai akses untuk memanfaatkan sederet analytic tools yang sangat berguna dalam proses pembuatan konten dan iklan.


Di samping itu, kalian juga dapat menggunakan alat-alat metrik yang berfungsi menganalisa seberapa efektif metode marketing yang kalian terapkan saat ini untuk menarik pembeli baru.


Beberapa contoh analytic toolsdan metrik yang bisa membantu mengembangkan UMKM antara lain:


Google Analytics.

Google Analytics mencakup sejumlah fitur yang dapat membantu mempelajari tren dan pola kunjungan serta bagaimana visitor berinteraksi dengan website kalian. Fitur-fitur tersebut termasuk koleksi data, analisis, visualisasi, laporan, dan integrasi dengan aplikasi-aplikasi lainnya.


Google Tag Manager.

Google Tag Manager adalah sebuah sistem manajemen atribut (TMS) yang memungkinkan untuk memperbarui kode-kode pengukuran dan fragmen-fragmen kode terkait dengan cepat dan mudah pada situs web untuk mengumpulkan data marketing.


4. Menumbuhkan UMKM

Banyak usaha kecil bertujuan untuk memperluas pasar dan menjangkau pelanggan baru.


Betul, meski interaksi tatap muka dan metode promosi dari mulut ke mulut terbilang punya andil yang cukup penting, tidak bisa dipungkiri jika website dapat memberikan kesempatan bagi kalian untuk memasarkan UMKM ke ribuan orang dalam waktu yang relatif singkat secara online.


Dengan toko online, kalian dapat menjual barang atau menawarkan jasa kepada pelanggan di mana pun mereka berasal tanpa ada batasan geografis. Siapa tahu, dagangan kalian lebih dibutuhkan oleh orang-orang dari seberang benua, yang kemudian memperluas area cakupan bisnis kalian.


Faktanya, 81% pemilik UMKM mengaku jika website telah membantu mengembangkan bisnis mereka, dan sekarang adalah giliran kalian. Dengan website, kalian dapat mengantongi lebih banyak peluang menguntungkan.


Penutup

Sebelum memulai membangun situs web, kalian harus terlebih dahulu menetapkan nama domain dan memperhitungkan besar-kecilnya kapasitas hosting yang hendak disewa.


Di era digital ini, hosting merupakan salah satu kunci penting yang menentukan keberhasilan jual-beli online, jadi pertimbangkan dengan cermat saat memilih penyedia hosting web.


Meski banyak provider yang menonjolkan harga murah, jangan sampai tergiur dengan penawaran yang tidak pasti. Jika kaklian ragu, Mimin rekomendasikan kalian untuk mencoba hosting gratis Zyro terlebih dahulu.


Zyro adalah perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang layanan web building. Setiap klien yang mempercayakan pembuatan website-nya pada Zyro berhak memperoleh penawaran menggiurkan tersebut.


Hosting gratis untuk semua website tersebut mencakup beberapa fitur unggulan lainnya yang akan semakin mendukung kemajuan UMKM, seperti integrasi dengan analytic tools, jaminan uptime 99,99%, dan sertifikat SSL.


Artinya, aktivitas online akan senantiasa terlindungi dan aman. Dengan begitu, calon pelanggan pun akan semakin kerasan berlama-lama di website kalian.


Kemudian, jika dikombinasikan dengan fungsi website untuk menunjang UMKM di atas, maka target yang ingin dicapai pasti akan lekas terwujud. Jangan lupa juga untuk mengisi situs web dengan konten-konten yang sesuai untuk mendorong presensi online kalian.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar