Cara Mencegah Penyakit Kanker Sejak Dini

Cara Mencegah Kanker Sejak Dini
Cara Mencegah Penyakit Kanker Sejak Dini. 

Cara Mencegah Penyakit Kanker Sejak Dini - Memiliki badan sehat merupakan impian semua orang, terlebih lagi di masa pandemi Copid-19, menjaga kesehatan menjadi sebuah kewajiban. Sebisa mungkin harus bisa menjaga tubuh agar tidak sakit karena kita nggak bisa selamanya mengandalkan dokter dan Rumah Sakit.

Apalagi selama pandemi, akses Rumah Sakit sangat terbatas dan biaya yang harus dikeluarkan pun jadi lebih mahal. Oleh karena itu kita harus jadi orang yang paling mengerti kondisi kesehatan diri sendiri karena peran dokter hanya sebatas memeriksa, mendeteksi penyakit, lalu memberikan rencana pengobatan.


Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu, fungsi sistem imun wajib dijaga agar daya tahan tubuh kuat. Berikut ini cara menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh selama pandemi COPID-19:

1. Konsumsi makanan bergizi.

2. Olahraga rutin.

3. Mengelola stres dengan baik.

4. Istirahat yang cukup.

5. Konsumsi suplemen penunjang sistem imun.


Virus COVID-19 dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Tapi, virus corona juga diketahui lebih berisiko menyerang orang-orang dengan kondisi medis tertentu karena cenderung dapat menimbulkan komplikasi dan gejala yang lebih berat.


Ada beberapa penyakit yang diketahui dapat membuat penderitanya berisiko tinggi terinfeksi virus COVID-19 dengan gejala berat dan komplikasi serius. Salah satunya adalah penderita kanker, karena sistem kekebalan tubuh mereka tidak kuat dalam melawan infeksi.


Upaya Pencegahan Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.


Penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan ini bisa menyerang siapa saja tanpa padang bulu. Meski begitu, kanker merupakan penyakit yang bisa dicegah. Pencegahan kanker harus dilakukan sejak dini dan dimulai dari sekarang. Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit kanker:


1. Mengonsumsi makanan sehat

Perbanyak makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian (misalnya gandum), kacang-kacangan, dan makanan yang kaya akan protein. Selain itu, kurangi mengonsumsi makanan olahan tinggi kalori, lemak tak sehat, dan gula tambahan yang dapat meningkatkan penumpukan lemak.


2. Aktivitas fisik

Penderita kanker wajib menjaga berat badan ideal. Selain dengan mengkonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan juga dapat dilakukan dengan rutin berolahraga. Pastikan melakukan olahraga secara rutin, minimal selama 30 menit dalam sehari.


3. Hindari asap rokok dan minuman beralkohol

Asap rokok merupakan salah satu faktor terbesar terjadinya kanker, terutama kanker paru-paru. Selain merokok, sering mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko mengalami kanker karena alkohol bisa merusak sel-sel tubuh dan memicu munculnya penyakit kanker.


4. Deteksi kanker sejak dini

Deteksi kanker sejak dini dapat membuat pengobatan kanker jadi lebih mudah dan efektif, serta dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker ke bagian tubuh lain.


5. Mengonsumsi vitamin

Mengkonsumsi vitamin A, C, dan E sangat baik untuk mencegah kanker. Selain fungsi sebagai vitamin untuk menambah daya tahan tubuh, vitamin juga mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah risiko terjadinya kanker.


6. Lindungi diri dengan asuransi

Asuransi kesehatan merupakan bentuk perlindungan diri yang harus dimiliki oleh setiap orang. Memiliki asuransi akan memudahkan dan meringankan beban dalam menjalani pemeriksaan dan pengobatan sehingga kita bisa hidup sehat dan sehat secara finansial


Tapi, jangan sembarangan dalam memilih asuransi kesehatan. Pilihlah asuransi kesehatan yang mudah cara mendaftarnya, menyediakan pilihan nominal pembayaran premi, memberikan 100% pertanggungan, dan proses pengajuan klaimnya mudah dan cepat. Salah satu asuransi kesehatan yang memenuhi persyaratan tersebut adalah FWD Insurance.


FWD Insurance
FWD Insurance

FWD Insurance

FWD Insurance merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group yang sebelumnya dikenal sebagai PT Commonwealth Life. Kini perusahaan asuransi kesehatan tersebut telah resmi bergabung dengan PT FWD Life Indonesia dan dikenal sebagai FWD Insurance. 


Salah satu produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh FWD Insurance adalah FWD Cancer Protection. 


FWD Cancer Protection menawarkan perlindungan asuransi mudah beneran untuk memastikan nasabah terlindungi dari risiko keuangan saat didiagnosis terkena penyakit kanker hingga tertanggung berusia 70 tahun.


Asuransi FWD Cancer Protection memberikan manfaat 100% uang pertanggungan jika kita didiagnosis kanker. Perlindungan akan diterima jika terjadi risiko, sehingga kita nggak perlu khawatir dengan biaya-biaya tak terduga dan bisa fokus pada proses pemulihan.


PT FWD Life Indonesia juga memiliki produk asuransi kanker online yang memberikan 4 kemudahan dalam prosesnya mulai dari pengajuan online yang mudah melalui website e-commerce FWD Life, iFWD.co.id, hingga klaim secara online yang mudah di satu aplikasi FWD MAX.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar