Penerapan 4 Pilar MPR RI dalam Kehidupan Bermasyarakat

 

Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI
Pic by : Parmadi.

Penerapan 4 Pilar MPR RI dalam Kehidupan Bermasyarakat. Empat pilar MPR RI (Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia) merupakan tiang penyangga yang saling berhubungan satu dengan lainnya, yang membuat negara Indonesia tercinta bisa berdiri kokoh.


Sebagai generasi milenial penerus bangsa, kita harus mengerti dan memahami, serta mengamalkan nilai-nilai 4 Pilar MPR RI dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan menyadari filosofi empat pilar tersebut akan meningkatkan kesadaran kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Apakah kalian masih ingat apa yang dimaksud dengan 4 Pilar MPR RI?


Nggak sedikit yang lupa atau bahkan belum tahu tentang 4 pilar tersebut. Dari hasil survei terakhir yang dilakukan MPR RI bekerjasama dengan lembaga survei, sosialisasi Empat Pilar MPR baru menyentuh sebanyak 82,6 juta orang dari 260 juta penduduk Indonesia.


Nah, disinilah tugas MPR untuk  mensosialisasikan serta memastikan masyarakat mengerti dan melaksanakan empat pilar MPR RI. Karena masing-masing pilar tersebut memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan benegara bagi seluruh rakyat Indonesia.


Penyebaran informasi nilai-nilai Empat Pilar MPR RI dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat, dari mulai kota besar hingga ke pelosok negeri dengan melakukan kunjungan serta mendengarkan aspirasi masyarakat di wilayah tersebut. Kemudian berkoordinasi dan merealisasikan dengan kementrian atau pemerintah setempat.


Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI
Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI 


Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI

Jujur saja, Mimin masih sering tertukar antara 4 pilar MPR dengan 4 pilar kebangsan. Ya, memang awalnya adalah empat pilar kebangsaan, kemudian frase ini diubah menjadi empat pilar MPR. Terdapat sedikit perubahan pada pilar kedua yaitu "Undang-Undang Dasar Tahun 1945" menjadi "Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945".


4 Pilar MPR RI, antara lain :

1. Pancasila.

2. UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

3. NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

4. Bhineka Tunggal Ika.


  • Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara yang menjadi landasan perilaku rakyat Indonesia.
  • UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah sumber hukum tertinggi dalam tata urutan peraturan perundang-undangan.
  • NKRI sebagai pilar persatuan dan kesatuan bangsa yang harus dipertahankan selamanya.
  • Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara yang memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu jua. Meskipun kita berbeda suku, agama, dan budaya tetap bersatu dalam ikatan sebagai bangsa Indonesia.


Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI
Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI 

Untuk kembali mengingat, mengenal, dan memahami pilar-pilar MPR sebagai pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat, MPR RI menyelenggarakan acara "Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI" yang dihadiri oleh teman-teman Blogger Bandung pada hari Rabu, 25 November 2020 di The Trans Luxury Hotel Bandung.

Alhamdulillah Mimin berkesempatan hadir di acara ngobrol bareng tersebut dan dapat menambah wawasan tentang nilai-nilai 4 Pilar MPR RI. Hadir sebagai narasumer yaitu Ibu Siti Fauziah sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi MPR RI, dan Bapak Budi Mulyawan sebagai Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Lembaga MPR RI, serta Kang Ali Muakhir dari Blogger Bandung.


Acara ngobrol bareng ini dikemas sangat santai, sehingga suasananya nggak kaku. Pokok bahasan yang disampaikan pun nggak terlalu berat dan nggak terlalu banyak juga materi yang disampaikan. Ya, memang acara yang seperti ini yang disukai kaum milenial. Nggak terlalu serius, yang penting isinya mudah dipahami.


Diselenggarakannya acara ngobrol bareng ini bertujuan untuk memperkenalkan MPR RI agar generasi muda lebih mengenal MPR, juga untuk menanamkan dan membangun pondasi ideologi kebangsaan yang kuat. Selain itu, peserta ngobrol bareng MPR RI juga diajak untuk menyebarluaskan informasi dan program MPR  dalam kehidupan bermasyarakat melalui sosial media yang memiliki jangkauan luas. 


Tugas kita yang masih muda, aktif di media sosial, dan punya banyak follower adalah menyampaikan dan mensosialisasikan 4 Pilar MPR RI kepada masyarakat luas. Sehingga lebih banyak lagi anak muda yang mengenal dan membantu menyebarkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar MPR. Cara penyampaiannya pun pastinya akan sangat berbeda karena disesuaikan dengan gaya bahasa dan cara penulisan  masing-masing Blogger, sehingga mudah dipahami oleh generasi muda. 


Harapan ke depannya, setelah mengikuti acara ini warganet Bandung bisa menuliskan tentang nilai-nilai Empat Pilar MPR RI setiap hari di akun media sosial masing-masing, paling tidak menyampaikan tentang kebersamaan.


Di sesi  tanya jawab, beberapa perwakilan blogger menyarankan agar sosialisasi 4 Pilar MPR dibuat lebih menarik sehingga enak dibaca, ditonton, dan disebarluaskan. Juga masukan kepada MPR untuk memperbaiki tampilan dan konten instagram MPR, membuat konten untuk channel Youtube yang disesuaikan dengan kalangan milenial, serta perlunya dibentuk wadah bagi netizen sebagai relawan MPR.


Dengan adanya kolaborasi antara MPR RI dan Blogger Bandung ini diharapkan dapat membuat generasi muda mempunyai jiwa kebangsaan lebih besar dan memahami ideologi negara Indonesia secara baik. Karena dengan menanamkan nilai-nilai 4 pilar dalam kehidupan bermasyarakat, maka akan lahir generasi penerus yang berkualitas serta cinta kepada NKRI.


Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar