Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi

Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi
Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi. 
Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi - Sejak pandemi Covid-19 muncul di muka bumi, hampir semua orang mengalami kendala untuk menjalani kehidupan normal akibat adanya pembatasan untuk mencegah penularan virus. Setelah pembatasan tersebut berakhir, pemerintah menganjurkan kita untuk memasuki masa kehidupan baru yang disebut New Normal.

New normal adalah perubahan perilaku atau kebiasaan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Normal baru juga didefinisikan sebagai skenario untuk mempercepat penanganan virus Corona dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi.

Memasuki masa kehidupan normal baru ini sebaiknya kita jangan panik berlebihan walaupun wabah ini belum berakhir. Tapi, harus wapada dan tetap mematuhi protokol kesehatan serta menerapkan pola hidup sehat di tengah pandemi. 

Berikut ini cara menerapkan pola hidup sehat di tengah pandemi:

Makan Buah dan Sayur
Dengan menerapkan pola makan sehat dan penuh nutrisi akan meningkatkan kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh. Salah satu makanan yang baik untuk daya tahan tubuh adalah makanan kaya akan vitamin C, mineral, dan serat seperti buah dan sayur.

Minum 8 Gelas Air Setiap Hari
Minum air putih paling tidak 8 gelas sehari dapat membantu tubuh jadi nggak mudah dehidrasi dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.Terlebih di masa pandemi, ahli kesehatan sangat menyarankan agar kita banyak minum air putih karena air memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan dan memperkuat sistem imun tubuh.

Olahraga
Memasuki era new normal sebaiknya kita tetap berolahraga sebelum melakukan aktivitas harian. Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Sehingga tubuh lebih sehat dan kuat, serta nggak mudah terserang penyakit.

Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup ternyata dapat mempengaruhi kesehatan. Tidur tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, tetapi juga dapat membantu memaksimalkan metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap harinya.

Positif Thinking
Pola pikir dapat mempengaruhi kesehatan tubuh karena orang yang berpikir positif cenderung lebih sehat dan dapat mengahadapi stress dengan baik. Orang yang berpikir positif juga lebih mudah untuk menerapkan pola hidup sehat, sehingga nggak mudah terserang penyakit.

Berhenti Merokok
Ada banyak manfaat yang dirasakan karena berhenti merokok di antaranya dapat meningkatkan sistem imun tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kadar oksigen, dan menurunkan peradangan atau inflamasi.

Konsumsi Multivitamin
Bantu tubuh memenuhi kebutuhan vitamin harian dengan mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem imunitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Memakai Masker
Gunakan masker ketika pergi keluar rumah atau pergi ke tempat publik karena masker dapat mencegah penyebaran virus dengan melindungi bagian wajah dari seseorang yang mengandung virus.

Cuci Tangan Rutin
Selalu cuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah menyentuh benda yang ada di ruang publik. Jika tidak ada wastafel atau toilet, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Periksa Kesehatan Secara Berkala
Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh atau General Medical Check Up (GMC) secara berkala. Terlebih dalam kondisi pandemi seperti saat ini sangat penting dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan diri. Namun di masa pendemi seperti saat ini sebagian besar orang enggan pergi ke Rumah Sakit atau klinik karena takut terpapar virus. 

Adakah cara lain untuk kita konsultasikan kesehatan secara berkala tanpa harus datang ke Rumah Sakit dan Klinik kesehatan?

Jawabannya ada.

Di era digital kita dipermudah dengan teknologi informasi dan aplikasi. Salah satu penyedia layanan kesehatan online yang dapat kita gunakan untuk berinteraksi langsung dengan dokter adalah Halodoc.

Halodoc merupakan perusahaan kesehatan yang memberikan solusi kesehatan paling lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kamu dan keluarga. Kalian bisa bertanya kepada dokter secara online dari website Halodoc. Mulai dari dokter umum hingga dokter spesialis berpengalaman dan terpercaya.

Dengan mengakses website Halodoc kita juga dapat mencari informasi tempat PCR Swab Test secara lengkap. PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan metode khusus untuk pemeriksaan virus corona dengan mengambil sampel lendir di hidung dan tenggorokan, kemudian hasilnya akan diteliti di laboratorium.

Sebagai contoh Mimin mencari informasi tempat  PCR Swab Test Surabaya. Di situ muncul beberapa tempat yang melayani Swab Test di sekitar Surabaya lengkap dengan kisaran biayanya. Halodoc sangat membantu bagi semua orang yang membutuhkan layanan kesehatan tanpa harus datang ke Rumah Sakit dan Klinik Kesehatan.

Mari tangkal virus Covid-19 dengan menerapkan pola hidup sehat dan jangan lupa selalu gunakan masker ketika hendak keluar rumah.