Kawah Rengganis Ciwidey, Surga yang Tersembunyi di Desa Cibuni

Kawah Rengganis Ciwidey
Kawah Rengganis Ciwidey 
Selain Kawah Putih, di daerah Bandung Selatan masih ada lagi kawah yang bisa didatangi di kawasan Ciwidey, namanya kawah Cibuni yang sekarang lebih terkenal dengan nama kawah Rengganis.

Kawah Rengganis berlokasi di kawasan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII,  dan tidak jauh dari objek wisata Situ Patenggang. Lebih tepatnya berada di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Nama Kawah Cibuni diambil dari nama lokasi destinasi wisata tersebut berada. Dalam bahasa Sunda, buni memiliki arti tersembunyi. Sesuai dengan lokasinya, kawah ini memang tersembunyi di balik pemukiman warga Desa Cibuni. Sehingga keberadaannya belum terlalu dikenal oleh wisatawan.

Menurut informasi dari, destinasi wisata yang saat ini dikenal dengan Kawah Rengganis ini pernah dijadikan tempat persembunyian para penyebar agama Islam yang dikejar-kejar oleh tentara Belanda.

Terlepas dari sejarahnya, kawah yang terbentuk akibat letusan gunung Sunda Purba ini memiliki banyak keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah gleyser kecil atau mata air panas yang menyembur ke atas.

Uap panas dari semburan glesyer tersebut dapat digunakan untuk sauna alias mandi uap. Khasiat dari uap alami ini dipercaya dapat memulihkan kesegaran tubuh dan melenturkan otot yang tegang.

Keunikan lainnya yang dimiliki Kawah Rengganis adalah lumpur hitam hangat yang dapat digunakan untuk maskeran dan luluran. Lumpur tersebut dipercaya berkhasiat untuk memperkencang dan menghaluskan kulit.

Di kawasan wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung berupa pancuran air hangat, kolam rendam,  lahan parkir kendaraan, kamar mandi atau kamar ganti, warung penjual makanan-minuman, gazebo tempat istirahat, dan tempat ibadah berupa mushola.

Indahnya panorama alam di sekitar kawah disertai udara sejuk membuat pengunjung betah berwisata di Kawah Rengganis. Meskipun lokasinya tersembunyi, akses masuk lokasi wisata terbilang mudah.

Rute ke Kawah Rengganis Ciwidey
Buat Sobat wisata yang akan berkunjung ke Kawah Rengganis dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Perjalanan di mulai dari arah kota Bandung mengarah ke situ Patenggang. Kemudian lurus terus, kurang lebih 2 kilometer dari obyek wisata Situ Patengan akan menemukan papan petunjuk lokasi Kawah Rengganis.

Pengunjung yang datang menggunakan roda empat bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojeg. Sedangkan pengunjung yang menggunakan roda dua bisa langsung masuk ke lokasi wisata dan di dalam sudah disediakan tempat parkir motor.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar