Kenali Gejala Awal Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Gejala Awal Virus Corona dan Cara Mencegahnya
Gejala Awal Virus Corona dan Cara Mencegahnya
Kenali Gejala Awal Virus Corona dan Cara Mencegahnya - Dunia tiba-tiba digegerkan dengan ditemukannya penyakit baru bernama virus corona di kota Wuhan, Tiongkok pada akhir tahun 2019. Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini disebut COVID-19.

Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia.

Walaupun lebih bayak menyerang lansia, virus ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Coronavirus menular dengan sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia. Semakin hari jumlah orang yang menderita infeksi virus Corona di Indonesia terus meningkat.

Untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus yang mudah menular ini, pemerintah menganjurkan masyarakat agar menjaga jarak aman dengan orang lain melalui physical distancing.

Selama menjalani physical distancing, kita diminta untuk tidak bepergian ke tempat  ramai seperti mal, restoran, dan pasar. Sebisa mungkin hindari juga menggunakan transportasi umum yang padat penumpang.

Selain itu, pemerintah juga menerapkan lockdown dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jawa Barat adalah salah satu Provinsi terdampak wabah virus Corona yang memberlakukan physical distancing dan PSBB.

Dengan diberlakukannya physical distancing dan PSBB akibat bencana massal COPID-19 berdampak pada sektor ekonomi dan pariwisata. Khususnya Kota Bandung yang terkenal sebagai kota wisata.

Jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Kembang menurun drastis. Hingga berdampak pada sektor penunjang pariwisata lainnya seperti penyedia makan minum, cenderamata, dan oleh-oleh.

Sangat menyedihkan. Kota tercinta yang tadinya ramai berubah sunyi seperti kota mati. Penduduk merasa cemas, takut, sedih, atau khawatir dengan masuknya COVID-19 ke Jawa Barat. Ya, semua orang takut tertular virus Corona.

Di tengah wabah pandemi Covid-19 yang sedang melanda negeri ini, banyak masyarakat yang mulai curiga terhadap keluhan yang tiba-tiba dirasakan tubuhnya. Lalu, gejala apa saja yang perlu dicurigai sebagai pertanda terinfeksi virus Corona dan langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegahnya?

Berikut ini cara mengenali gejala awal virus Corona dan cara mencegahnya:

Gejala Awal Virus Corona
Gejala awal infeksi virus Corona bisa menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala dapat hilang dan sembuh atau malah memberat.

Penderita dengan gejala yang berat bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Corona.

Gejala awal virus Corona sebenarnya bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. Umumnya, gejala coronavirus dapat muncul 4-10 hari setelah terpapar dari orang yang menderita. Secara umum gejala coronavirus antara lain:

  1. Demam tinggi (suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius).
  2. Batuk kering
  3. Sesak napas.
  4. Sakit tenggorokan.

Cara Mencegah Virus Corona
Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona. Oleh sebab itu, pencegahan yang terbaik adalah dengan cara menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan terinfeksi Coronavirus.

Berikut ini adalah cara sederhana yang dapat kita lakukan agar terhindar dari wabah COPID-19:
  • Terapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, dan jangan dulu ke luar rumah kecuali ada keperluan mendesak.
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian, termasuk saat pergi berbelanja bahan makanan.
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%, terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat.
  • Hindari kontak dengan penderita COVID-19, orang yang dicurigai positif terinfeksi virus Corona, atau orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.
Dengan melakukan berbagai langkah sederhana tersebut, kalian sudah melindungi diri sendiri dan orang lain dari ancaman virus corona. Bukan hanya itu, kalian juga ikut andil dalam menekan angka corona di Indonesia.

Nah, jika di antara kalian ada yang merasakan gejala awal virus Corona, segera konsultasikan kesehatan kalian ke dokter. Kini konsultasi dengan dokter semakin mudah. Dengan menggunakan layanan Halodoc, kalian nggak perlu datang ke Rumah Sakit atau ke tempat Dokter.

Halodoc adalah perusahaan kesehatan yang memberikan solusi kesehatan paling lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kamu dan keluarga. Kalian bisa bertanya kepada dokter secara online dari website Halodoc. Mulai dari dokter umum hingga dokter spesialis berpengalaman dan terpercaya.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar