24 March 2020

AVANA, Tools Social Commerce Paling Jitu untuk Jualan Online

Avana
AVANA, Tools Social Commerce Paling Jitu untuk Jualan Online - Indonesia termasuk salah satu negara yang mengalami perkembangan pesat di bidang teknologi dan informasi. Hampir semua orang di negeri ini mengenal dunia digital dan media sosial.

Media sosial tidak hanya dijadikan sebagai media berbagi informasi ataupun tempat bercengkerama dengan orang-orang dekat. Kini media sosial telah bertransformasi menjadi alat untuk berbisnis.

Sejak beberapa tahun ke belakang, dunia online shopping memulai karirnya lewat media sosial. Bahkan para pelaku bisnis konvensional pun kini mulai melebarkan sayapnya ke bisnis online karena dinilai sangat efektif untuk mempromosikan bisnis mereka.

Salah satu media sosial yang kerap dimanfaatkan untuk bisnis dan jualan online adalah facebook. Tidak sedikit pengguna layanan medsos ini yang berhasil meraup keuntungan, bahkan pelaku bisnis pemula pun bisa memasarkan produknya di facebook dengan mudah dan gratis.

Selain menggunakan facebook, pedagang online juga banyak yang menggunakan Instagram. Media sosial yang dikenal sebagai tempat berbagi foto dan video ini sangat digemari banyak orang. Tak hanya untuk eksistensi diri, kini Instagram banyak digunakan untuk memasarkan produk.

Namun tidak semudah yang kita bayangkan, mengelola bisnis online membutuhkan keahlian khusus. Beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis online saat ini di antaranya:

  1. Admin harus selalu dapat merespon permintaan dari pelanggan setiap saat.
  2. Mengunggah produk-produknya di berbagai sosial media, dan itu membutuhkan waktu lama.
  3. Pengelolaan data pelanggan atau pendataan stok barang yang masih manual.

Untuk menjawab berbagai permasalahan di atas, kita membutuhkan tools atau alat bantu dengan sebuah sistem yang mampu membuat cara berjualan lebih efektif dan mudah yaitu social commerce.

Hingga saat ini social commerce masih asing di telinga kita. Padahal, ini adalah wadah yang sangat cocok bagi mereka untuk mengepakan sayap bisnis secara online. Salah satu brand Social Commerce Indonesia yang terpercaya dan mudah digunakan adalah AVANA.

AVANA social commerce
AVANA social commerce
AVANA adalah social commerce platform yang mempermudah para pengusaha, pelaku UKM, dan UMKM untuk berjualan online. Disini kita dapat mengelola pelanggan, pemesanan, dan proses pembayaran dari pelanggan dengan mudah dalam satu tempat.

Dengan memodernisasikan media sosial seperti facebook, messenger, dan instagram, pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial.

Pelanggan kini tidak perlu meninggalkan laman media sosial penjual ketika melakukan proses pemesanan dan pembayaran. Mereka bisa melakukan semua proses ini langsung di media sosial penjual.

Ada tiga toko online utama AVANA Indonesia yang bisa kalian dapatkan yaitu Webstore, Facebook store, dan Messenger store.

Web Store
Web Store AVANA
Pic by AVANA.

WebStore
WebStore adalah toko online berbasis website. Biasanya dalam toko online hanya ada sebuah website yang berisi informasi barang yang dijual berserta keterangan dan informasi cara membelinya.

Berbeda dengan website pada umumnya, website dari AVANA memiliki kelebihan yaitu dapat menampilkan harga, promosi, kategori produk, sampai melakukan checkout di tempat. Tampilannya  pun berbeda dengan website biasa. Ada dua jenis tema website yang bisa dipilih yaitu, tampilan biasa dan landing page.


Facebook store
Facebook store Avana
Pic by Avana.
Facebook Store
Facebook store adalah toko online facebook page. Dengan memanfaatkan fitur facebook page, kalian sudah bisa berjualan online di facebook. Facebook store ini sudah sepenuhnya terintegrasi ke webstore.

Jika belanja di facebook fanpage biasa, pelanggan hanya bisa memesan secara konvensional dan diarahkan ke nomor pemilik toko. Dengan fitur checkout yang ada di Facebook store, seluruh kegiatan bertransaksi mulai dari pesan barang sampai transfer bukti pembayaran dapat dilakukan disini.

Namun sayangnya belum banyak yang menyadari keberedaan facebook store. Hal ini dikarenakan masih kurangnya ecommerce platform yang menyediakan fitur ini. Padahal, jika dikelola dengan baik, bisnis menggunakan layanan facebook store akan memperoleh banyak keuntungan.

Messenger store
Messenger store AVANA
Pic by AVANA
.

Messenger store
Sama halnya dengan facebook store, messenger store adalah toko online yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Messenger store dari AVANA memberdayakan konsep chatting untuk berjualan. Biasanya aplikasi messenger ini hanya digunakan untuk broadcast pesan atau melakukan percakapan online. Tapi, kini messenger bisa dijadikan katalog bisnis online.

Kelebihan dari messenger store adalah pelanggan bisa melakukan pembelian dan melihat-lihat barang hanya melalui chat di messenger, tanpa harus beranjak ke halaman awal toko atau ke webiste toko. Konsepnya sama seperti facebook store, yaitu bisa melakukan checkout

Pelanggan cukup klik tombol buy untuk melanjutkan proses pengisian informasi dan pembayaran, atau klik tombol details untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai produk yang dipilih.

Monitoring Toko Online dalam Satu Dasbor
AVANA memang tools social commerce paling jitu untuk jualan online. Semua pembelian yang terjadi di ketiga toko online bisa dimonitoring dan diproses hanya di satu dasbor AVANA. Dasbor ini juga berfungsi untuk mengelola toko-toko online itu, mulai dari upload barang, ganti tema, buat promosi, rekap penjualan, dan pembelian.

Barang yang diupload di dasbor ini akan secara otomatis tampil di tiga toko. Stok, kategori produk, dan deskripsi produk juga akan tampil. 

Lalu bagaimana jika banyak yang membeli produk di webstore, apakah stok barang di facebook store dan messenger store akan berubah?

Ya, stok barang akan secara otomatis berkurang. Bahkan, jika sampai stok yang terekam di dasbor kosong (nol) maka pembeli tidak bisa membeli barang tersebut. Seller bisa menambahkan ulang jumlah barang di dasbor.

AVANA juga sudah dilengkapi dengan fitur Facebook Pixel Integration, yaitu tools yang berfungsi untuk mengatur retargeting audience saat kita menggunakan Facebook Ads. Kita nggak perlu lagi masuk ke Facebook Business Manager, karena sudah cukup mengaturnya dari dasbor AVANA.

Fitur Lengkap AVANA
1. Facebook Store
Kegiatan bertransaksi mulai dari pesan barang sampai upload bukti pembayaran dapat dilakukan disini.
2. Responsive Website
Mengoptimalkan tampilan website agar dapat menyesuaikan layar gadget secara otomatis.
3. Messenger Store
Pelanggan bisa melihat bahkan melakukan pembelian produk hanya melalui chat di messenger.
4. Upload Barang Sepuasnya
Pengguna bebas upload barang tanpa batas.
5. Facebook Pixel Integration
Hubungkan toko online ke Facebook Pixel secara otomatis dengan satu kali setup.
6. Keranjang Belanja
Masukan langsung barang belanja di toko online dan toko Facebook hanya dengan sekali klik.
7. Invoice Otomatis
Unggah logo Anda dan print invoice pemesanan langsung tanpa harus ditulis atau direkap manual.
8. Sistem Manajemen Pemesanan
Kelola pemesanan barang dengan cepat dan terpusat di satu dasbor.
9. Menu Keagenan
Terdapat fitur untuk memonitor agen, reseller dan dropship Anda (*tersedia untuk paket Bisnis & VIP).
10. Jasa Pengiriman
Ada 13 jasa kurir pengiriman yang siap menjemput paket dan mengantarkannya ke konsumen.
11. Pembelian di komentar IG
Pelanggan dapat langsung membeli barang melalui kolom komentar Instagram tanpa harus klik URL web / chat toko.
12. Kelola Kode Kupon
Buat promosi sendiri dengan cara buat kupon diskon.
13. Auto PM Reply
Balas pesan dan komen pelanggan dengan cepat dan otomatis.
14. Customer Support oleh AVANA
Tim AVANA akan selalu ada untuk membantu kolega.
15. Notifikasi Pembelian di Email & Dasboard
Terima notifkasi langsung jika ada pembelian.
16. Product Inventory
Ketahui jumlah stok barang di dasbor tanpa harus menghitung ulang persediaan.
17. Integrasi Toko Facebook
Koneksikan website dan toko Facebook tanpa harus daftar dan upload produk berulang.
18. Database pelanggan
Database pelanggan akan tersimpan langsung di dasbor AVANA.
19. Payment Gateway Integration
Layanan yang mengotorisasi pembayaran melalui kartu kredit maupun metode pembayaran lainnya, seperti transfer bank antara penjual dan pembeli.
20. Notifikasi Nomor
Resi Input nomor resi, dan pelanggan dapat melacaknya.
20. Notifikasi Nomor
Resi Input nomor resi, dan pelanggan dapat melacaknya.
21. AVAChat
Platform multichannel yang membantu anda mengelola semua platform chatting dalam satu dashboard.

Cara Membuat Toko Online di AVANA Social Commerce

Buka toko online di AVANA social commerce Indonesia nggak sesusah yang Mimin bayangkan. Yupz, memang sangat mudah. Langkah pertama kita harus masuk dulu ke http://avana.asia untuk mencoba free trial dan langsung login.

Dua pilihan login AVANA
Dua pilihan login AVANA 

Ada dua pilihan untuk login yaitu menggunakan akun facebook dan akun google. Silakan pilih sesuai keinginan kalian. Mimin memilih login menggunakan akun google. Kemudian masuk ke menu "Creat a New Store".

Create a New Store di AVANA
Create a New Store di AVANA

Lalu isi shop name dengan nama toko sesuai keinginan, masukkan nomor telepon, kemudian pilih tombol kuning bertuliskan "create". Tadaaa......, dengan begitu mudahnya toko online pun udah bisa digunakan.

Tampilan Dasbor AVANA
Tampilan Dasbor AVANA

Di dasbor AVANA ini bisa langsung masukkan produk yang akan dijual dan langsung terintegrasi dengan facebook store dan messenger store. Tapi, sebelumnya kita harus mengkonfigurasikan facebook dan messenger di dasbor AVANA.

Channels AVANA
Channels AVANA

Selain dapat terintegrasi dengan webstore, facebook store, dan messengger store. Produk toko online kita juga dapat terhubung langsung ke Whatsapp, twitter, blogspot, dan instagram. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pemilik toko yang akan membagikan produk yang ada di toko online ke berbagai media sosial.

Tampilan Webstore AVANA
Tampilan Webstore AVANA 

Agar tampilan toko online kita terlihat cantik, pemilik toko dapat mengubah tampilan laman webstore dengan cara klik menu webstore, kemudian pilih Themes. Setelah itu akan muncul banyak pilihan tema untuk tampilan toko di webstore yang dapat kita pilih sesuai selera.

AVANA juga memudahkan pelaku bisnis online dalam menjawab pesan dari pelanggan dalam Fanpage Facebook. Pemilik toko online tidak perlu selalu online setiap saat karena AVANA menyediakan opsi auto-reply. Sehingga, pelanggan tidak perlu menunggu jawaban terlalu lama.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan jadi pengusaha online yang sukses.


AVANA Blog Competition
AVANA Blog Competition adalah ajang untuk mengasah pemahaman permasalahan bisnis dan perkembangan teknologi informasi yang sesuai dengan bisnis online. Ada hadiah menarik yang bisa dibawa pulang bagi pemenang yang beruntung:
- Juara 1: Rp3.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 2: Rp2.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 3: Rp1.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months

Jangan lupa daftarkan tulisan kalian di https://bit.ly/avanablogcomp.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar