28 December 2019

Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30, Jagoannya Oli Skuter Matik

Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30, Jagoannya Oli Skuter Matik
Enduro Matic SAE 10W-30, Jagoannya Oli Skuter Matik 
Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30, Jagoannya Oli Skuter Matik - Sepeda motor menjadi kendaraan sejuta umat yang digunakan untuk menunjang kebutuhan transportasi sehari-hari. Penggunaan sepeda motor di Indonesia relatif populer karena harganya lebih terjangkau, hemat bahan bakar, biaya operasionalnya lebih murah, dan lebih cepat sampai tujuan.

Ada banyak tipe sepeda motor dari berbagai merek yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan, dari mulai skuter matik, motor bebek, hingga motor sport. Belakangan ini, skuter matik (Skutik) menjadi kendaraan favorit untuk aktivitas harian karena lebih simpel dan mudah dikendarai.

Selain itu, perawatan skuter matik juga lebih mudah. Tapi, masih saja banyak orang yang hanya  bisa memakai dan tidak bisa merawatnya agar nggak mudah rusak. Berikut ini cara mudah merawat skutik agar nggak cepat rusak:

  • Panaskan mesin motor selama 5 menit sebelum dikendarai.
  • Kendarai motor sewajarnya alias jangan ngebut agar mesin nggak cepat rusak.
  • Rajin mencuci sepeda motor agar nggak berkarat.
  • Servis berkala dan ganti oli mesin pakai oli motor terbaik.

Pemilihan oli motor harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis mesin sepeda motor yang kita gunakan. Pelumas untuk skuter matik nggak bisa disamakan dengan oli motor bebek dan motor sport, karena mesin skutik relatif lebih kecil dan memiliki putaran mesin tinggi. Sehingga mesin skuter matik lebih panas daripada mesin motor manual.

Selain itu, skuter matik mengadopsi sistem kopling kering (koplingnya nggak terendam oli). Karena skutik menggunakan kopling kering, olinya hanya digunakan untuk melumasi mesin (nggak digunakan untuk pelumas kopling).  

Oli motor matik juga harus memiliki ketahanan kekentalan yang lebih baik daripada oli motor manual karena temperatur mesin skutik sangat tinggi. Sehingga oli matik biasanya akan lebih tahan terhadap penguapan. 

Itulah sebabnya oli motor matik nggak bisa disamakan dengan oli motor bebek dan motor sport dan dianjurkan menggunakan pelumas khusus karena oli motor matic memiliki formulasi rendah gesekan.


Enduro Matic SAE 10W-30
Enduro Matic SAE 10W-30

Enduro, Jagoannya Oli

Jadi, mulai saat ini gunakan oli motor sesuai peruntukkannya dan jangan lupa pilih oli motor terbaik. Sobat masih bingung mencari oli mesin apa yang cocok buat motor matik? Di Indonesia ada banyak pilihan oli motor terbaik, salah satunya adalah Enduro Matic SAE 10W-30Oli Pertamina jawaban kebutuhan mesin Anda dan gaya hidup masa kini. 

Enduro Matic SAE 10W-30 merupakan pelumas buatan Pertamina Lubricants yang dikhususkan untuk motor matik bermesin empat langkah dengan kulaifikasi tinggi. Pelumas skuter matik ini juga dilengkapi dengan aditif moly yang dirancang untuk mengurangi gesekan pada suhu dan kecepatan tinggi.

Sesuai namanya, pelumas khusus skutik ini memiliki tingkat kekentalan SAE 10W-30, yang artinya bahwa oli ini memiliki karakter cukup encer. Karakter oli yang cukup encer membuat akselerasi mesin skuter matik lebih enteng.

Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30 sudah memenuhi standar JASO MB dan API SL. Arti dari kode JASO MB adalah jenis oli yang hanya boleh melumasi mesin dan transmisi. Sedangkan API SL adalah kode kesesuaian oli terkait tahun pembuatan kendaraan yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute.

Pelumas khusus skuter matik ini memiliki viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi pelumas dan memberikan penghematan bahan bakar yang lebih baik. Oli motor ini sangat direkomendasikan untuk melumasi mesin skuter matik yang mengadopsi sistem kopling kering seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

Harga Oli motor Enduro Matic SAE 10W-30 relatif terjangkau, yaitu dibanderol dengan harga kisaran Rp 37000. Harga di setiap toko bisa berbeda, namun pastikan oli yang dibeli merupakan oli asli. Saat ini banyak oli oplosan yang pada dasarnya merupakan oli bekas yang dikemas ulang layaknya oli baru. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik Sobat membeli oli motor di bengkel resmi.

Berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh produk Enduro Matic SAE 10W-30:
  • Mengandung aditif moly untuk mengurangi gesekan pada suhu dan kecepatan tinggi.
  • Memiliki kekentalan SAE 10W-30 yang cocok untuk mesin motor generasi terbaru, cepat mulai dalam kondisi dingin, efek pendinginan yang lebih baik dan efisien bahan bakar.
  • Memberikan perlindungan yang sangat baik untuk mesin yang beroperasi di bawah kondisi kecepatan tinggi.

Enduro Oli Andalan Semua Tipe Sepeda Motor

Pertamina Lubricants memproduksi tujuh macam oli Enduro untuk kendaraan bermotor yang bisa dipilih sesuai kebutuhan atau sesuai tipe sepeda motor yang kita miliki. Ya, semua jenis kendaraan roda dua seperti skuter matik, motor bebek, motor sport, bahkan motor balap sekalipun bisa menggunakan pelumas Pertamina Enduro. 

Berikut ini delapan tipe oli Enduro buatan Pertamina Lubricants:

  1. Enduro 4T Racing SAE 10W-40.
  2. Enduro 4T SAE 20W, 30W - 50.
  3. Enduro 4T Sport SAE 5W, 10W - 30.
  4. Enduro Gear 4T Full Synthetic Oil.
  5. Enduro Matic G SAE 20W, 30W - 40.
  6. Enduro Matic SAE 10W, 20W, 30W.
  7. Enviro 2T SAE 20.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa, pilih oli sesuai kebutuhan dan sesuai tipe sepeda motor kalian serta lakukan servis berkala di bengkel kesayangan. Salam otomotif!

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar