27 November 2019

Mana Yang Lebih Prioritas, Asuransi Atau Investasi?

Asuransi vs Investasi
Asuransi vs Investasi. 
Tahukah Sobat, bahwa sebenarnya dalam dunia ekonomi dan keuangan posisi asuransi dan investasi itu seimbang. Bahkan dianjurkan seseorang memiliki keduanya sehingga hidup jadi lebih aman dan mapan. Sayangnya tak semua orang memiliki keuangan yang cukup untuk memiliki keduanya. Lantas mana yang lebih penting?

Pertimbangan Memilih Yang Harus Dipahami
Asuransi merupakan upaya masyarakat untuk menjaga diri dari musibah apapun bentuknya. Prosedur berasuransi adalah memilih jenis asuransi, baik itu asuransi kesehatan yang bagus, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, hingga asuransi berbagai harta benda. Prosedurnya adalah mendaftar dan membayar biaya premi yang ditetapkan sesuai jenis dan paket asuransi.

Keuntungan menggunakan asuransi adalah ketika menerima biaya pertanggungan setiap periode tertentu yang jumlahnya biasa lebih besar dari premi, sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Manfaat dari asuransi tentunya hal yang diasuransikan akan bernilai ketika terjadi sesuatu, sehingga pemilik asuransi cukup melakukan klaim untuk pembayaran asuransi.

Sedangkan investasi lebih kepada menempatkan sejumlah dana pada produk investasi tertentu. Baik itu properti, keuangan, hingga produk yang memiliki nilai jual tinggi lainnya.

Keuntungan dari investasi baru bisa dirasakan beberapa waktu setelah dimulai. Contoh investasi properti sewa rumah, tentu akan dirasakan manfaatnya ketika sudah ada penyewa yang secara rutin membayar biaya sewa.

Ini Yang Sebaiknya Dipilih Untuk Mengamankan Keuangan
Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa sebenarnya baik asuransi maupun investasi sama-sama penting untuk kehidupan seseorang. Tapi ketika kalian dan keluarga tidak memiliki riwayat sakit parah dan menerapkan pola hidup sehat, maka ada baiknya memilih investasi sebagai tabungan untuk jangka panjang dan memilih investasi yang tepat.

Cara memilih reksadana atau investasi lainnya tentu disesuaikan dengan kondisi keuangan saat akan berinvestasi, jangan memaksakan diri untuk berinvestasi dengan nilai besar jika keuangan tak mencukupi.

Namun jika kalian memiliki masalah kesehatan yang cukup kompleks atau ada anggota keluarga yang punya penyakit yang butuh biaya tinggi, sebaiknya memilih asuransi.

Dengan memperhatikan dan memahami sekelumit informasi tentang perbandingan asuransi dan investasi di atas, setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan Sobat untuk memilih mana yang bisa dijadikan “tabungan” masa depan yang benar-benar bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar