17 September 2019

Backup Data Smartphone Lebih Praktis Pakai USB OTG SanDisk

USB OTG SanDisk
USB OTG SanDisk. 
Backup Data Smartphone Lebih Praktis Pakai USB OTG SanDisk - Smartphone memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Cara kerja ponsel pintar yang instant benar-benar membantu penggunanya. Nggak hanya menjadi alat komunikasi, smartphone juga memiliki fungsi yang sangat luas. Bahkan bisa menggantikan perangkat lain seperti, kamera, komputer, jam, dan kalender.

Salah satu fungsi smartphone yang paling sering digunakan adalah kamera. Fitur kamera yang canggih membuat kita semakin mudah mengambil gambar dan video untuk mengabadikan momen indah. Ya, memotret dan rekam video menggunakan ponsel pintar bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus memiliki keahlian khusus.

Seluruh koleksi foto dan video dari kamera smartphone tersimpan secara otomatis di memori internal. Semakin sering kita menggunakan kamera untuk memotret dan merekam video, maka data yang tersimpan dalam memori telepon akan semakin banyak.

Perlu kita ketahui, bahwa memori internal gadget memiliki batasan dan suatu saat akan terisi penuh. Ketika memori internal tidak bisa lagi menampung data, maka kita harus menghapus beberapa file dan harus rela kehilangan data penting. Padahal file penting yang isinya kenangan indah kalau #DibuangSayang 

Kehilangan Data di Smartphone
Menurut hasil survei Western Digital Corp, 97% pengguna ponsel pintar di Indonesia mengandalkan smartphone sebagai kerja utama dalam kehidupan sehari-hari. Fitur yang paling sering digunakan di smartphone adalah kamera, menelpon, chatting, merekam video, dan mengakses media sosial.

Mayoritas pengguna smartphone memiliki kapasitas memori sebesar 16 sampai 32 GB.  Dengan kapasitas memori tersebut, rata-rata hanya memiliki sisa memori sebesar 1 sampai 3 GB. Sedangkan data yang paling banyak disimpan di memori telepon adalah foto, video, musik, aplikasi, dan dokumen.

Masalah Kehilangan Data di Smartphone
Masalah Kehilangan Data di Smartphone

Pernahkah Sobat techno kehilangan data penting dari smartphone kesayangan? Mimin pernah, bahkan sering. Kehilangan data baik itu berupa file foto, video atau dokumen pastinya sangat mengecewakan.

67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone. Lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan backup data. Namun, hanya sepertiga yang melakukan backup secara teratur setiap bulan. Riset ini melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar.

Kehilangan data yang disimpan dalam gadget bisa terjadi karena disengaja atau tidak disengaja. Ya, kehilangan data tidak disengaja bisa karena smartphone yang hilang dicuri orang  pas lagi sayang-sayangnya, atau akibat hape mengalami gangguan (error). Sedangkan kehilangan data secara disengaja karena memori telepon penuh, sehingga kita harus menghilangkan beberapa file.

Mimin sering kehilangan data karena harus menghapus beberapa file penting agar memori telepon tidak penuh. Sebenarnya hal seperti ini tidak perlu terjadi kalau kita melakukan manajemen file dengan  cara backup data penting ke laptop dan hardisk eksternal.

Tapi, cara ini sedikit ribet karena harus menggunakan kabel data atau koneksi Bluetooth. Selain itu, tidak semua orang memiliki PC atau laptop untuk mem-backup data penting dari smartphone. Lalu bagai mana nasib yang nggak punya PC dan laptop? Mau backup data pakai apa?

Jangan panik dulu, ada masalah pasti ada solusi. Western Digital Corp melalui brand naungannya SanDisk, meluncurkan dua USB OTG (On The Go) sebagai solusi untuk penyimpanan dan backup data dengan mudah yaitu USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) dan iXpand Flash Drive (iPhone).

USB OTG SanDisk Dual Drive
USB OTG SanDisk Dual Drive
USB OTG SanDisk Dual Drive
USB OTG SanDisk dual drive tersedia dalam 4 pilihan dengan kapasitas 16GB, 32GB, 64GB, dan, 128GB. Desainnya cukup ramping dan dapat ditarik serta telah dibekali dengan konektor ganda, yaitu konektor micro USB dan USB 3.0. Konektor ganda memudahkan kalian memindahkan dan berbagi file antara perangkat Android dan komputer, desktop atau laptop.

Selain itu, konektor USB 3.0 memiliki kinerja tinggi dan kompatibel dengan port USB 2.0. Serta USB 3.0 berkecepatan tinggi memungkinkan mentransfer film berdurasi penuh ke drive lebih cepat daripada dengan drive USB 2.0 standar.

iXpand Flash Drive 
Dirancang untuk mem-backup data iPhone. iXpand mini flash drive menawarkan cara mudah untuk mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone, secara otomatis mencadangkan rol kamera, dan bahkan memungkinkan menonton video format populer langsung dari drive 5.

Drive ini memiliki konektor Lightning yang berfungsi dengan kebanyakan case dan konektor USB 3.0 untuk dihubungkan ke PC atau komputer Mac, sehingga Sobat techno dapat dengan mudah memindahkan konten kalian. #SanDiskAPAC

7 comments:

  1. Kehilangan data itu seperti kehilangan kekasih :((

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak banget za orang Indonesia yang kehilangan data, hal ini menjadi pelajaran bagi generasi kedepan supaya tidak Mengalami hal yang sama

    ReplyDelete
  3. uwaaa, aku belinya gak di shopee
    di toko langganan, kena agak mahal sih, tapi gak papa lah
    cuma beda harga dikit kok

    ReplyDelete
  4. recomended banget sandisk ini mah
    bisa buat backup data mudah banget

    ReplyDelete
  5. Emang praktis nih USB OTG SanDisk kak, kecil bisa dibawa kemana2, tiap waktu mau backup data smartphone mah mudah, apalagi mindahin ke laptop, juarakk

    ReplyDelete
  6. Malfungsi pada smartphone bahkan sampai mati total smartphonenya pernah kualami. Lalu semua data di smartphone itu pakai hilang pula dan gak bisa dibalikin lagi. Pengen nangis waktu ngalamin hal itu. Biar tak terulang lagi, sekarang jadi rajin backup data. Apalagi udah ada USB OTG yang cara pakainya praktis banget

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar