Jangan Buru-buru Ambil Polis Asuransi Jiwa Indonesia, Kenali Dulu 5 Hal Ini!

Asuransi Jiwa Indonesia.
Asuransi Jiwa Indonesia.
Jangan Buru-buru Ambil Polis Asuransi Jiwa Indonesia, Kenali Dulu 5 Hal Ini! - Membeli asuransi jiwa Indonesia bisa jadi salah satu upaya untuk mengurangi berbagai macam risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Faktanya memang tidak semua orang wajib memiliki asuransi jiwa.

Paling tidak ada beberapa kalangan yang memang diwajibkan membelinya, di antaranya adalah mereka yang berperan sebagai tulang punggung keluarga, kemudian juga mereka yang bekerja di bidang-bidang pekerjaan dengan risiko tinggi. Mereka wajib memiliki asuransi yang satu ini karena kelak akan sangat dibutuhkan.

Tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja untuk membelinya, karena sebenarnya setiap orang juga butuh, namun mungkin dengan intensitas yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri perusahaan yang menerbitkan produk asuransi jiwa ini sangat banyak, tak hanya satu atau dua melainkan puluhan. Terkadang bagi yang masih awam kesulitan dalam menentukan mana perusahaan terbaik yang akan mereka pilih.

Salah menentukan pilihan sudah pasti risikonya juga besar. Mulai dari kerugian karena nilai pertanggungan yang diberikan tidak sebanding dengan premi yang dibayarkan, sampai dengan risiko kerugian lainnya yaitu uang asuransi sulit sekali diklaim, karena perusahaan yang dipilih tersebut memang tidak terpercaya.

Ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum mengambil polis asuransi jiwa ini, yaitu:

1. Memahami isi polis, yaitu perjanjian antara kedua belah pihak, perusahaan dan tertanggung. Banyak orang yang kesulitan memahami apa saja yang tertuang dalam polis perjanjian tersebut, sehingga tidak bisa merasakan manfaatnya secara optimal. Itulah sebabnya mereka yang masih awam disarankan untuk mengajak seseorang yang sudah berpengalaman untuk memandu membeli asuransi tersebut. Jika ada isi yang tidak sesuai keinginan, bisa batalkan pembeliannya agar tidak rugi.

2. Melihat manfaat perlindungan yang diberikan.
Di dalam polis nantinya tertera beberapa macam pasal, di antaranya tentang manfaat perlindungan kepada tertanggung, seperti jumlah uang pertanggungan, jangka waktu pertanggungan yang diberikan, fasilitas rawat inap, dan prosedur pengajuan klaim. Apakah semuanya sesuai dengan kebutuhan? Seandainya tidak tentu akan sangat rugi.

3. Ketentuan terkait dengan premi juga harus dipertimbangkan.
Bukan hal baru lagi jika premi ini selalu jadi faktor pokok penentu apakah seseorang akan membeli asuransi atau tidak. Besar kecil nilainya memang harus disesuaikan dengan kemampuan. Jadi, wajib tahu besarnya nilai premi yang harus dibayarkan disesuaikan dengan jangka waktu pembayarannya tersebut. Faktanya, semakin lama produktivitas seseorang juga kian turun.

4. Pahami juga ada saja yang dikecualikan dalam asuransi tersebut.
Mungkin banyak di antara kalian yang sudah tahu ada beberapa orang yang mengajukan klaim asuransi jiwa namun ditolak, karena apa yang terjadi tidak sesuatu dengan isi polis atau termasuk hal yang dikecualikan dalam polis, yang sudah diketahui oleh kedua belah pihak.

5. Pemotongan biaya.
Faktanya, tidak semua uang premi yang sudah dibayarkan akan utuh diberikan saat ajukan klaim. Hal ini karena  ada beberapa pemotongan biaya yang akan dikenakan kepada nasabah seperti biaya pemeliharaan, biaya administrasi bulanan, dan biaya pertanggungan dasar.

Itulah beberapa hal penting terkait polis asuransi jiwa Indonesia yang harus Anda ketahui sebelum membelinya.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar