17 January 2019

Armaggeddon RGB Raptor MKA-11R, Keyboard Mechanical Paling Cocok Buat Gaming

Armaggeddon MKA-11R RGB Raptor
Armaggeddon MKA-11R RGB Raptor. 

Armaggeddon RGB Raptor MKA-11R, Keyboard Mechanical Paling Cocok Buat Gaming - Mechanical keyboard belakangan ini tengah digandrungi oleh banyak orang, terutama di kalangan gamers. Keyboard jenis ini dipercaya memiliki akurasi tinggi dan ketahanan yang tak dapat diragukan lagi. Bahkan papan ketik mekanikal ini diklaim dapat bertahan sampai 50 juta kali ketikan.

Keunggulan dari keyboard mekanikal adalah sudah menggunakan switch yang bisa dibongkar pasang. Jadi, jika ada salah satu switch yang rusak, kamu bisa menggantinya secara terpisah, tanpa harus mengganti seluruh keyboard.

Tidak sedikit perusahaan ternama yang memproduksi keyboard mechanical berkualitas dan menawarkan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah brand Armaggeddon yang sudah dikenal di dunia gaming. Armaggeddon berada di bawah naungan PT Leafrog yang membawahi 3 brand  ternama lainnya yaitu Alcatroz, Sonicgear, dan Audiobox.

Salah satu keyboard gaming seri terbaik yang diproduksi Armaggeddon adalah RGB Raptor MKA-11R . Keyboard ini mengadopsi komponen mekanikal yang didesain khusus untuk main game dan telah dilengkapi dengan efek lampu latar yang dapat disesuaikan.

Bagian belakang keyboard Armaggeddon MKA -11R
Bagian belakang keyboard Armaggeddon MKA -11R

Armageddon RGB Raptor MKA-11R desainnya tergolong standar/minimalis seperti keyboard eksternal pada umumnya. Bahkan logo Armaggeddon yang gaming banget pun diletakan di belakang keyboard, itu pun dalam ukuran kecil. Justru yang membuat keyboard ini terkesan gaming adalah pada bagian belakangnya yang memiliki lekukan menyerupai logo Armaggeddon.

Bodi keyboard berbentuk persegi panjang dengan dimensi 440 x 130 x 37 mm. Material yang digunakan secara keseluruhan terbuat dari bahan plastik ABS solid yang menjadikan bobotnya cukup ringan yaitu seberat 878 gram. Untuk konektivitas, keyboard ini menggunakan kabel sepanjang 1,8 meter dan socket USB yang bisa dicolokkan langsung ke komputer atau laptop.

Di bagian bawah terdapat dua kaki kecil yang memungkinkan pengguna mengganti sudut kemiringan keyboard untuk mendapatkan kenyamanan dalam posisi tertentu. Masih dari bagian belakang, Armaggeddon RGB Raptor MKA-11R dilengkapi dengan petunjuk penggunaan kombinasi tombol keyboard yang sangat membantu buat penggunanya.


Kombinasi tombol keyboard Armaggeddon RGB Raptor MKA-11R


  • Fn + ESC : Quick reset to static light mode
  • Fn + F1 : Media player
  • Fn + F2 : Decrease Volume
  • Fn + F3 : Increase Volume
  • Fn + F4 : Mute
  • Fn + F5 : Frevious track
  • Fn + F6 : Next track
  • Fn + F7 : Play/Pause
  • Fn + F8 : Stop
  • Fn + F9 : E-mail
  • Fn + F10 : Homepage
  • Fn + F11 : My Computer
  • Fn + F12 : Calculator
  • Fn + PRTSC : Stealth mode (light off)
  • Fn + INS : Change light mode
  • Fn + LR : In profile L1 to L5 (start/stopconfiguration)
  • Fn + DEL : Change colour
  • Fn + (1-5) : Select profile L1 to L5
  • Fn + ↓/↑: Change RGB colour combination/brightness
  • Fn + ←/→ : Increase/decrease speed of lighting FX

Armaggeddon MKA-11R RGB Raptor
Armaggeddon MKA-11R RGB Raptor
Tombol Keyboard yang Nyaman Untuk Main Game dan Ngetik
Keyboard mekanikal Armaggeddon RGB Raptor MKA-11R memberikan pengalaman main game dan mengetik yang berbeda. Secara keseluruhan tombol keyboard/keycaps berada di permukaan. Bila diperhatikan dari samping maka akan terlihat jelas switch mekanikalnya. Sepertinya Armaggeddon sengaja mendesainnya seperti itu supaya tidak kehilangan pamor keyboard mechanical-nya.

Permukaan tombol keyboard didesain sedikit cekung untuk memberikan kenyamanan pada setiap sentuhan ujung jari dan meminimalkan kesalahan atau terpeleset saat mengetik. Seluruh tombol pada papan ketik ini cukup ringan saat ditekan, sehingga tidak mengganggu proses penggunaan.

Ukuran tombol yang pas di jari dan jaraknya tidak terlalu berdekatan, menjadikan papan ketik ini masih nyaman ketika digunakan untuk mengetik cepat atau mengerjakan tugas kantor.

Tidak ada tombol tambahan pada keyboard gaming ini, hanya menyediakan layout keyboard standar. Namun, keyboard ini sudah dilengkapi dengan fungsi makro yang bisa diatur pada software yang dapat diunduh melalui situs resmi Armaggeddon.

Meskipun tombol makro ini menyatu dengan tombol standar yang ada, kamu masih bisa mengubah fungsinya jadi tombol super yang menghasilkan lebih dari satu perintah secara cepat. Keyboard RGB Raptor MKA-11R juga sudah memiliki N-key Rollover (NKRO) dan anti-ghosting, sehingga tidak ada kendala saat menekan banyak tombol secara bersamaan.

outemu blue switch
Outemu blue switch
Komponen Mekanikal Outemu Blue Switch 
Armaggeddon RGB Raptor MKA-11R menggunakan komponen mekanik outemu blue switch yang diklaim mampu bertahan hingga 50 juta ketikan. Switch outemu berwarna biru termasuk tipe tactile switch, yaitu memiliki benturan ganda yang akan memberikan umpan balik ke ujung jari berupa rasa entakan. Dengan efek benturan ganda ini kita jadi tahu kapan tombol yang kita tekan sudah benar-benar ter-register.

Outemu blue switch diklaim sebagai salah satu jenis saklar yang paling mirip dengan Cherry MX, baik dari segi bentuk maupun karakteristik. Dari karakteristiknya yang “clicky” saklar outemu biru sangat mirip dengan karakter Cherry MX blue switch. Hanya sedikit perbedaan pada sentuhan awalnya saja karena pada switch Cherry MX awal ketukan terasa sangat halus.

Switch tambahan untuk keyboard Armaggeddon MKA-11R
Switch tambahan untuk keyboard Armaggeddon MKA-11R
Nah, ketika kamu akan membeli produk MKA-11R, akan mendapat 3 buah switch tambahan lengkap dengan alat untuk melepas tombol keyboard (keycap puller) dan alat untuk melepas sakelar (switch puller). Jadi, ketika ada switch yang rusak kamu bisa langsung menggantinya dengan cara melepaskan tombol dan switch menggunakan alat tersebut, kemudian mengganti switch yang rusak dengan yang baru. 

LED RGB Full Colours
Mungkin masih ada yang belum tahu apa yang dimaksud dengan RGB. RGB adalah singkatan dari red, green, dan blue. Ketiga warna ini merupakan warna dasar yang bisa menghasilkan jutaan warna. Nah, kali ini ketiga warna dasar ini diaplikasikan pada sebuah lampu LED (Light Emitting Diode). Jadi, dalam satu buah lampu LED RGB ada tiga warna dasar merah, hijau, dan biru.

Lampu LED RGB dapat membentuk ribuan hingga jutaan warna. Bahkan, diklaim dapat membentuk 16.8 juta spektrum warna. Saat ini, LED RGB juga sudah diadopsi dalam switch keyboard mekanikal. Armaggeddon RGB Raptor MKA-11R adalah salah satu tipe keyboard yang sudah dilengkapi dengan lampu LED RGB di setiap tombolnya.

Warna lampu keyboard dapat diatur sesuai keinginan melalui software atau menggunakan tombol Fn+INS. Untuk menentukan pilihan warna, tombol tersebut bisa ditekan berkali-kali sampai mendapatkan warna yang sesuai. Berikut ini jenis efek warna yang dihasilkan ketika menggunakan tombol Fn + INS:
  1. Breathing (single colour)
  2. Breathing (8 colour cycle)
  3. Strobe
  4. Waterfall
  5. Rainbow swirl
  6. Water ripple
  7. Disco
  8. Tap to blink
  9. Snake
  10. Waves
  11. Tap to glow
  12. Sine wave
  13. Static
Untuk mendapatkan efek backlight lainnya, setelah menekan tombol Fn + INS, kamu bisa menekan tombol Fn + DEL secara berulang, maka akan menghasilkan warna yang berbeda dari setiap efek yang dipilih di Fn + INS.

Ketika keyboard ini digunakan untuk bermain game, efek lampu warna-warni mungkin sedikit mengganggu. Nah, jika gamers menginginkan tombol untuk main game saja yang menyala, kamu tekan tombol Fn + (1,2,3,4,dan 5), maka lampu keyboard hanya menyala pada bagian tombol keyboard yang biasa digunakan untuk main game. Misalnya jika ditekan tombol Fn + F1, maka tombol yang menyala adalah tombol W, A, S, D, ↓, ↑, ←, dan →.

Keunggulan lain yang dimiliki produk Armaggeddon adalah harganya relatif murah bila dibandingkan dengan kompetitornya. Oya, ketika kamu membeli keyboard RGB Raptor MKA-11R akan mendapatkan garansi selama 2 tahun. Armaggeddon MKA-11R bisa dibeli di Leapfroglobal atau di toko online kesayangan kita seperti Shopee dan Tokopedia.

Kesimpulannya, keyboard mechanical Armaggeddon RGB Raptor MKA-11R adalah sebuah keyboard mekanikal gaming yang desainnya minimalis, tapi sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Keyboard ini  harganya relatif terjangkau dan sangat cocok untuk main game, serta bisa juga digunakan untuk aktivitas harian.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar