22 May 2018

Curug Cimahi, Obyek Wisata Favorit di Bandung dan Jawa Barat

curug Cimahi
Curug Cimahi. 
Curug Cimahi, Obyek Wisata Favorit di Bandung dan Jawa Barat - Apakah saat ini Sahabat wisata sudah mempunyai rencana buat berlibur kemana? 
Yupz akhirnya libur panjang segera tiba, pasti seru banget nih kalau liburannya diisi dengan berwisata, apa lagi rekreasinya ke tempat yang indah dan sejuk. Nah buat sahabat wisata yang kebetulan sedang berada di Bandung, cocok banget kalau berwisata ke Curug Cimahi.

Curug Cimahi adalah air terjun yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Air terjun yang memiliki nama lain Air Terjun Pelangi ini berada di ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut dan berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Cimahi ke arah Lembang, atau sekitar 20 kilometer dari Kota Bandung.  

Air terjun Pelangi ini merupakan curug paling tinggi di sekitar Bandung, yaitu sekitar 87 meter. Saking tingginya, air yang jatuh ke permukan sangat deras dan disertai suara gemuruh. Air yang jatuh dari atas permukaan terlihat sangat jernih, bahkan sepintas seprti kain sutra yang menjuntai.

Kolam alam Curug Cimahi
Kolam alam Curug Cimahi
Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, sahabat, rekan kerja, atau kekasih tercinta. Suasana di sekitar curug Cimahi terasa sangat sejuk dan lembab, pada bagian bawahnya terdapat kubangan alias kolam alami yang bisa digunakan untuk bermain air. Tapi tentunya bukan tepat dibawah tumpahan air terjunnya, karena sangat berbahaya. Kolam alam ini menjadi tempat favorit para pengunjung, banyak wisatawan yang bermain air dan juga berfoto ria.

Air terjun Pelangi
Air terjun Pelangi
Musik alam menyejukan hati yang berasal dari tumpahan air di curug Cimahi ini memberikan sensasi luar biasa. Saat berada di sekitar air terjun, pikiran menjadi nyaman dan tenang, stress pun menghilang terbawa kabut tipis yang terbang terbawa angin.

Selain itu, tubuh pun menjadi lebih segar dan bugar berkat suntikan kesejukan curug Pelangi. Cocok banget kan, rekreasi sekaligus mendapatkan terapi alam yang menyejukan dan menyegarkan?

Oh iya, terlalu asik menikmati keindahan air terjun, sampai lupa ngasih tahu kalau obyek wisata Curug Cimahi ini merupakan tempat wisata yang sudah ditata dengan rapi. Berbagai fasilitas sudah tersedia, begitu pula dengan akses masuknya sudah dibenahi, sehingga buat sahabat wisata yang akan berkunjung tidak perlu takut sepatunya kotor, karena trek masuk sudah menggunakan tembok berbentuk ratusan anak tangga yang meliuk seperti ular menuruni tebing yang curam.

Shelter obyek wisata Curug Cimahi
Shelter obyek wisata Curug Cimahi
Jadi buat sahabat yang akan berwisata ke air terjun Pelangi , harus siapkan fisik untuk menaklukan ratusan anak tangga tersebut. Saat berangkat, perjalanan terasa ringan karena medan jalan menurun, tapi sisakan tenaga untuk pulang nanti, karena harus menaklukan tanjakan yang tiada hentinya.

Tapi tidak perlu khawatir, sudah tersedia tempat untuk istirahat, di shelter ini bisa menghibur diri dengan berfoto ria berlatarkan air terjun yang indah.

Seru, ya memang seru menuruni ratusan anak tangga dengan hati penuh harap ingin menikmati keindahan Curug cimahi. Dari mulai pintu masuk sudah terlihat sebagian bentuk air terjunnya, sehingga selama perjalanan mata sering melirik ke arah curug. Itu lah keunikan dari air terjun ini, karena mengundang rasa penasaran selama dalam perjalanan.

Kera di Curug Cimahi
Kera di Curug Cimahi
Buat pengunjung yang bernasib baik akan menemukan segerombolan kera yang sedang mencari makan. Kera-kera liar ini tidak takut terhadap manusia, mereka tidak segan hilir mudik diantara para wisatawan sambil mengharap diberi makanan. Tapi awas, kera liar ini jangan digangu, biar mereka terlihat jinak, tetap saja naluri hewan liarnya akan muncul ketika merasa terancam.

Pemandangan batu unik di Curug Cimahi
Pemandangan batu unik di Curug Cimahi
Sepanjang jalan masuk menuju curug Cimahi banyak spot untuk berfoto dengan background alam yang luar biasa indah. Dijamin sahabat akan puas dengan hasil foto yang didapat, pokoknya Instagramable.

Satu lagi pemandangan alam yang sangat menakjubkan di obyek wisata alam curug Cimahi ini adalah bebatuan unik yang ada disebelah kanan air terjun. Bebatuan ini terlihat seperti lukisan tiga dimensi yang menggambarkan bebatuan di alam dimensi lain yang terlihat dalam film-film animasi.

view jembatan curug Cimahi
view jembatan curug Cimahi
Fasilitas curug Cimahi Bandung
Panorama alam Curug Pelangi yang indah merupakan daya tarik dari tempat wisata alam ini, sehingga air terjun ini menjadi tempat rekreasi favorit di Bandung dan Jawa Barat. Ditambah lagi dengan tersedianya fasilitas yang sangat mendukung, sehingga pengunjung merasa nyaman.

Semua fasilitas yang ada di lokasi wisata sengaja disediakan oleh pengelola Curug Cimahi, yaitu Perum Perhutani.

Adapun fasilitas yang ada di Curug Cimahi ini dinataranya shelter yang terdapat di pinggir jalur dari gerbang menuju air terjun, tempat parkir, pintu gerbang, pagar pengaman, peta lokasi, jalan setapak, piknik site, bangku, tempat sampah, pusat informasi dan pos jaga, serta mushola dan kamar kecil.

Selain itu terdapat beberapa warung milik warga yang menjual makanan dan minuman, jadi buat sahabat wisata yang tidak membawa bekal tidak perlu bingung, di area wisata ini terdapat warung untuk jajan makanan siap saji.

Sebenarnya kalau sudah berada di lokasi air terjun Pelangi pasti akan betah dan enggan untuk pulang, itulah hipnotis alam yang dirasakan saat berada di sana. Oh iya kalau sudah siap untuk pulang sebaiknya sediakan air minum untuk bekal di Perjalanan. Karena Perjalanan pulang akan terasa sangat berat, lebih berat dari rindunya Dilan. 

Selamat berwisata buat sahabat semua, jangan lupa agar tetap menjaga kebersihan dan kemanan disekitar tempat rekreasi, karena alam akan bersahabat dengan manusia yang menjaga lingkungan, dan alam akan murka kepada manusia yang merusaknya.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar