18 May 2018

All New Ertiga Hadir di Bandung Dengan Konsep Kuat dan Elegan

All New Ertiga
All New Ertiga. 
All New Ertiga Hadir di Bandung Dengan Konsep Kuat dan Elegan - Suzuki Indonesia telah menorehkan sejarah panjang tentang produksi mobil MPV andalannya, yaitu Suzuki Ertiga yang pertama kali diproduksi pada April 2012, kemudian Agustus 2013 diluncurkan Ertiga Elegant, Februari 2014 Ertiga Sporty, Agustus 2015 New Ertiga.

November 2015 New Ertiga Dreza GS, Februari 2017 New Ertiga Diesel HYBRID, dan Suzuki kembali meluncurkan produk terbarunya , yaitu All New Ertiga dan diperkenalkan saat pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 19 April 2018 di Jakarta.

Dalam setiap tahunnya Ertiga selalu mengalami perubahan yang signifikan dari segala aspek, begitu pula pada produk terbarunya ini. All New Ertiga mengalami perubahan total, uniknya perubahan yang dilakukan saat ini mengikuti permintaan dari para konsumen dan pengguna Ertiga di Indonesia.

Sehingga inspirasi produk All New Ertiga ini lebih banyak dan lebih besar didapat di Negara ini. Dengan menerima berbagai masukan dari konsumennya, Suzuki jadi lebih memahami apa yang dibutuhkan oleh penggunanya.

All New Ertiga diproduksi dengan kualitas bestandar global dan pemasarannya pun tidak hanya di Indonesia saja. Sangat membanggakan dan pantas diacungi jempol, karena mobil MPV yang diproduksi di Cikarang ini diekspor ke beberapa Negara di Asia dan Amerika latin. Ini adalah sebuah prestasi yang patut diberi apresiasi, karena telah membawa nama baik Indonesia di kancah otomotif global.

Produk Suzuki All New Ertiga laku pesat di pasar otomotif Indonesia, bahkan setelah diperkenalkan di ajang pameran otomotif nasional IIMS 2018 lalu, penjualannya melebihi dari jumlah yang ditargetkan, dalam hitungan satu bulan, MPV All New Ertiga terjual sebanyak 3 ribu unit secara global, sungguh sangat laris manis, seperti menjual kacang goreng di pasar.

Launching All New Ertiga di Bandung
Launching All New Ertiga di Bandung
Launching All New Ertiga di Bandung
PT Suzuki Indonesia Sales (SIS) seakan tidak pernah puas dengan pencapaian selama ini, untuk semakin mendongkrak angka pejualan All New Ertiga, PT SIS melakukan launching secara serentak di 11 kota besar di Indonesia, dan salah satunya adalah Kota Bandung yang bertempat di 23 Paskal Hypersquare, Kota Bandung, Jawa Barat. Jumat (18/05/2018).

Mobil MPV impian keluarga ini akan resmi mengaspal di jalanan Kota Bandung dengan desain konsep yang kuat dan elegan, serta dilengkapi berbagai fitur mutakhir untuk memberikan sensasi berkendara yang berbeda untuk keluarga di Indonesia.

Bandung dan Jawa Barat merupakan salah satu dari 5 kota besar yang menjadi barometer dari segi pemasaran kendaraan roda empat. Maka tidak heran jika kota Kembang ini menjadi salah satu target market All New Ertiga.

Kota Bandung juga merupakan salah satu penyumbang inspirasi produksi All New Ertiga, karena kota ini masyarakatnya yang paling menjunjung tinggi kekeluargaan dan kemana-mana bersama keluarga dan kerabat, jadi warganya banyak yang menggunakan mobil jenis MPV untuk bepergian bersama keluarga.
Vicky Yusika (Sales & Marketing Manager PT NJS), Andy Wijaya (General Manager PT NJS), Miekewati Tanuwidjaya (Director PT NJS), Donny saputra (Marketing Director 4WD PT Suzuki Indomobil Sales), dan Randy Rezki Murdoko (Group Head Dealer Sales 4WD PT Suzuki  Indomobil Sales).

Harga All New Ertiga Untuk wilayah Bandung
Sebelumnya All New Ertiga telah dilaunching secara global di IIMS 2018, namun belum ditentukan harga penjualan dan detil lainnya. Harga All New Ertiga diklaim mampu bersaing dengan kompetitornya di pasar otomotif Indonesia.

Kali ini Suzuki memberikan harga spesial khusus untuk penjualan unit di wilayah Kota Bandung. All New Ertiga di kota Bandung dibanderol dengan harga Rp 197.500.000 untuk tipe GA, Rp 215.500.000 untuk tipe GL Manual, Rp 225.000.000 untuk tipe GL Automatic, Rp 225.500.000 untuk tipe Gx Manual dan Rp 236.000.000 untuk tipe Gx Automatic.

Press conference launching All New Ertiga
Donny saputra, Marketing Director 4WD PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, besar harapan kami bisa sukses di wilayah Bandung dan Jawa Barat. Ertiga ini hadir dengan desain yang baru, desain yang progresif dan moderen.

Selain itu mencerminkan sesuatu yang kuat dan elegan yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang sudah mutakhir  yang akan memberikan sensasi berkendara yang berbeda dibandingkan dengan kompetitornya. All New Ertiga ini adalah betul mobil jenis MVP, inilah wajah baru dari urban MPV yang ada di Indonesia.

Harapan kami Ertiga ini menjadi kendaraan favorit keluarga, khususnya di Bandung dan Jawa Barat. Kami komitmen akan mengeluarkan produk-produk yang kompetitif dan penuh dengan fitur-fitur baru serta cocok dengan pengguna di Indonesia.

“Perubahan All New Ertiga ini merupakan permintaan dari para konsumen dan pengguna ertiga di Indonesia. Inspirasi all new ertiga ini lebih banyak dan lebih besar diambil di Indonesia yang secara spesifikasi , fiture dan lain sebagainya sudah sesuai dengan standar global.” Kata Donny Saputra saat press conference di Fave Hotel Pasteur (18/05).

Sementara Miekewati Tanuwidjaya, selaku Director PT NJS mengatakan, Ertiga telah diproduksi sejak tahun 2012 dari mulai Ertiga, Ertiga Elegan, Ertiga sporty, New Ertiga, New Ertiga Dreza GS, New Ertiga Diesel HYBRID, dan yang terbaru saat ini adalah All New Ertiga.

“Karena lebih dari 30% pasar otomotif Nasional adalah mobil jenis MPV, jadi bagi kami ini adalah suatu Pekerjaan Rumah dan kita juga harus berkontribusi di kelas MPV ini.” Kata Miekewati.

All New Ertiga hadir dengan perubahan yang signifikan dibandingkan pendahulunya. Dari sisi eksterior, menerapkan desain progresif yang khas dan menarik. Sisi Interior bergaya premium yang semakin memperkuat citra elegan All New Ertiga. Selain itu, mobil MPV kebanggaan Suzuki ini juga telah dilengkapi dengan platform terbaru HEARTECT dan mesin terbaru yang memberikan performa responsif namun tetap irit bahan bakar.

All New Ertiga tampak dari depan.
All New Ertiga tampak dari depan.

Eksterior All New Ertiga Lebih Stylish
Sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, dimensi All New Ertiga mengalami perubahan menjadi lebih panjang 130 mm, lebar 40 mm, tinggi 5 mm dan ringan 50 kg dari produk sebelumnya. Desain progresif yang khas ada pada grille bagian depan dibuat halus, lebih tinggi dan lebar dengan sentuhan aksen kombinasi hitam dan krom yang menampilkan kesan kuat sekaligus elegan.

All New Ertiga tampak belakang
All New Ertiga tampak belakang
Bumper depan terlihat lebih tinggi dan lower grille berintegrasi dengan fog lamps sehingga wajah All New Ertiga tampil berani. Untuk menciptakan ruang kepala yang lebih lega pada bagian dalam, atapnya dibuat lebih tinggi pada bagian tengah dan lebih rendah pada bagian sisi agar terlihat lebih stylish.

Headlamp dan Rear Lamp baru All New Ertiga lebih terang
Headlamp dan Rear Lamp baru All New Ertiga lebih terang
Selain itu, eksterior All New Ertiga juga dipercantik dengan garis bahu yang dinamis, lekukan yang lebih dalam dan bodi yang aerodinamis. Kemewahan pada eksterior All New Ertiga terletak pada bagian desain Headlamp dan Rear Lamp baru yang lebih terang dengan penyinaran luas dan fokus namun tidak menyilaukan sehingga menjaga keselamatan penumpang dan pengendara di balik tampilannya yang modern dan elegan.

Bagasi All New Ertiga lebih lapang
Bagasi All New Ertiga lebih lapang
Interior All New Ertiga Lebih Lega dan Mewah
Dengan dimensi yang lebih besar, kabin All New Ertiga menjadi lebih luas dan lebih lapang untuk tujuh penumpang (Seven seater) dengan leg room yang cukup lega. Perubahan dimensi berdampak pula pada kapasitas bagasi yang lebih lapang sehingga memuat lebih banyak barang.

Jika ingin memuat lebih banyak barang dan penumpang untuk naik dan turun mobil, jok baris kedua dapat dilipat dengan satu sentuhan berkonfigurasi 60:40, sedangkan jok baris ketiga dapat dilipat dengan konfigurasi 50:50.

Dashboard baru All New Ertiga, steer model kekinian, tidak seluruhnya bulat.
Dashboard baru All New Ertiga, steer model kekinian, tidak seluruhnya bulat.
Tampilan premium pada interior All New Ertiga dilengkapi dengan desain dashboard baru tampak lapang dengan aksen guratan ornamen kayu. Head unit Touch screen memudahkan pengoperasian entertainment yang tersambung melalui bluetooth sehingga meningkatkan kebanggaan dan kepraktisan pemilik All New Ertiga sebagai mobil keluarga modern dan premium.

Desain flot bottom steering wheel baru yang dilapisi oleh aksen kulit menghadirkan kesan lebih modern, stylish sekaligus elegan. Bagian seat didominasi nuansa beige dengan two tone color (GL, GX) dari bahan fabric high grade membuat All New Ertiga tampak elegan dan meningkatkan faktor kenyamanan.

Agar penumpang duduk lebih nyaman, All New Ertiga menyematkan banyak kompartemen untuk meletakkan barang-barang di bagian depan, masing-masing pintu di baris kedua, dan bahkan di baris ketiga. 

Tombol Engine start/stop All New Ertiga
Tombol Engine start/stop All New Ertiga
Engine Push START/STOP 
Selain itu, All New Ertiga mempunyai fitur Engine Push START/STOP yang memudahkan saat menyalakan mobil tanpa menggunakan anak kunci, dimana pengemudi hanya menekan tombol bersamaan dengan injak pedal kopling pada transmisi manual ataupun pedal rem pada transmisi automatic.

Ventilated cup Holders
Ventilated cup Holders untuk menyimpan botol atau kaleng minuman
Ventilated cup Holders dan Port USB
Selain itu, All New Ertiga dilengkapi dengan Ventilated cup Holders yang menjaga botol atau kaleng minuman tetap dingin. All New Ertiga juga menyematkan socket untuk port USB 12V di bagian depan dan konsol tengah saat penumpang ingin mengisi daya smartphone.

Fitur-fitur keselamatan All New Ertiga 
Fitur-fitur keselamatan pada interior All New Ertiga terdiri dari Dual SRS Airbag di bagian depan, pengait ISOFIX baru dengan bentuk ukuran dan mekanisme yang sudah disesuaikan dengan standar ISO child safety seats jika berkendara bersama balita atau bayi, serta Front Seatbelt 3 point ELR with Pretensioners & Force Limiters dimana seatbelt mengencang otomatis, menahan laju tubuh saat terjadi hentakan keras dan menyesuaikan kekuatan seatbelt saat menahan laju badan.

Fitur Smart Entry, Immobilizer, child Proof Door Lock dan Security Alarm juga menggenapi fiture keselamatan All New Ertiga.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang saat berkendara, All New Ertiga memiliki platform HEARTECT yang dapat meningkatkan faktor keselamatan, bodi lebih ringan dan irit bahan bakar.

Tak ketinggalan fitur suzuki Total Effective control Technology (TECT), berupa keselamatan standar melindungi penumpang ketika terjadi benturan guna meredam benturan dengan baik meski materialnya berbobot ringan, All New Entiga juga memiliki Side Impact Beam untuk memberikan perlindungan untuk penumpang jika ada benturan dari sisi samping.

Suspensi depan dan belakang All New Ertiga
Suspensi depan dan belakang All New Ertiga
Suspensi All New Ertiga yang nyaman
Untuk suspensi, All New Ertiga masih menggunakan jenis yang sama dengan pendahulunya, karena sudah diakui kenyamannya. Dengan implementasi HEARTECT, All New Ertiga memiliki dua sistem platform suspensi yang masing-masing terletak di bagian depan dan belakang, yakni suspensi depan McPherson Strut with coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring.

Jika suspensi depan McPherson Strutn mampu meredam guncangan secara signifikan saat berada di jalanan yang rata maupun bergelombang, suspensi belakang Torsion Beam menjaga kestabilan All New Entiga saat berbelok dalam kecepatan tinggi, sehingga meningkatkan kenyamanan saat pengendara maupun penumpang berada di dalam All New Ertiga.

Sistem Pengereman All New Ertiga
Selain platform yang ringan namun kokoh, proteksi maksimal pada All New Ertiga dilengkapi oleh Electronic Stability Programme (ESP), yakni teknologi yang memadukan antara pengereman optimal & kesetabilan saat melaju di jalan licin & berbelok dan mencegah over steer serta under steer.

Selain itu All New Ertiga juga memiliki Hill Hold control yang mencegah mobil mundur saat berada di permukaan yang miring. Kemudian juga Ant-lock Braking system mencegah penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak di jalanan yang licin, serta Eletronic Brake force Distribution yang membagi besarnya gaya pengereman pada masing-masing roda sesuai beban & kondisi pada roda

Mesin baru All New Ertiga berkodes K15B
Mesin baru All New Ertiga berkodes K15B
Mesin All New Ertiga Lebih Bertenaga dan Irit
Sebagai wajah baru MPV di Indonesia, performa mesin All New Ertiga disempurnakan dengan mesin baru baru berkode K15B. Mesin ini memberikan lebih banyak tenaga menjadi 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi sebanyak 138Nm di 4.400 rpm.

Dengan mesin baru ini, performa mobil lebih responsif saat berjalan di berbagai medan & irit BBM. Dari segi emisi, All New Entiga memiliki Multi Point Injection yang sudah memenuhi standarisasi EURO 4. Berdasarkan ujicoba tes BT2MP hasil konsumsi bahan bakar All New Ertiga sebesar 16,73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual.

Warna Baru All New Ertiga
All New Entiga juga merilis dua pilihan warna baru, yaitu Glorious Brown Pearl Metallic dan Magma Grey Metallic. Warna lainnya adalah Snow White Pearl, Radiant Red Pearl, Silky silver Metalic, Burgundy Red Pearl dan Cool Black Pearl Metallic. 

All New Ertiga merupakan mobil MPV yang sesungguhnya, jadi tunggu apa lagi, jangan terlalu berpikir telalu lama, nanti keburu keduluan sama tetangga sebelah. 

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar