24 April 2018

Review Lensa Fix Yongnuo 50mm f1.8 For Canon

Lensa Fix Yongnuo 50mm f1.8 For Canon
Lensa Fix Yongnuo 50mm f1.8 For Canon. 
Review Lensa Fix Yongnuo 50mm f1.8 For Canon - Melihat hasil foto dengan efek bokeh (Background ngeblur) yang di upload oleh beberapa master fotografer di sosial media, terlihat sangat menarik dan ingin sekali mencobanya membuat foto seperti para ahli foto, namun apa daya pengetahuan tentang dunia foto sangat minim dan pemahaman tentang kamera pun sangat dangkal. Dalam pikiran pun terbayang untuk bisa memotret objek dengan efek bokeh tentunya dibutuhkan kamera dan lensa yang bagus (mahal) serta skill yang mumpuni.

Bermodalkan kamera Canon EOS paling murah di kelasnya, mencoba trik foto bokeh dengan menggunakan lensa kit/lensa bawaan, hasilnya lumayan bokeh, tapi tidak sebagus yang para master fotografer upload di sosmed.

Lalu dengan penuh rasa penasaran mencari informasi tentang lensa fix 50mm yang katanya lensa ini sangat bagus untuk menghasilkan foto dengan efek blur. Dari hasil searching muncul dua merek lensa fix dengan harga yang sangat jauh berbeda, yaitu lensa fix Canon 50mm f/1.8 dibanderol dengan harga diatas 1,5 juta dan lensa fix Yongnuo 50mm f/1.8. harganya 800 ribuan.

Dengan budget yang minim sudah pasti memilih yang paling murah, ya tentu saja lensa pabrikan Cina, Yongnuo 50mm f/1.8 jadi pilihan. Sebelum membeli lensa ini sempat bertanya kepada beberapa orang yang paham betul tentang lensa.

Jawabannya sangat memuaskan, karena sangat membantu untuk orang yang mempunyai uang pas-pasan. Yup beberapa kesimpulan berhasil dikumpulkan, bahwa Yongnuo 50mm hasil gambarnya hampir sebanding dengan lensa fix Canon.

Sepadan dengan harganya yang murah meriah, material yang digunakan pada lensa fix Yongnuo terbuat dari bahan plastik, sehingga lensa ini terasa sangat ringan dan rentan pecah saat jatuh. Begitu pula dengan auto fokusnya yang sedikit lambat dan agak berisik.

Tapi pengoperasiannya terbilang mudah, bahkan buat pemula seperti Mimin Kodes Jabar pun tidak mengalami kesulitan, hanya butuh sedikit waktu untuk beradaptasi, karena yang namanya lensa fix itu memerlukan pengaturan jarak yang tepat antara lensa dengan objek foto.

Hasil foto menggunakan lensa fix Yongnuo 50mm f1.8
Hasil foto menggunakan lensa fix Yongnuo 50mm f1.8
Nah lalu bagaimana dengan hasil gambarnya? Sebagai pemula alias amatiran dan baru pertama kalinya menggunakan lensa fix, hasil foto dengan menggunakan lensa fix Yongnuo 50mm ternyata sungguh diluar dugaan, dengan diafragma yang sangat lebar yaitu 1.8, lensa fix ini efek bokehnya sangat sempurna dan memuaskan, padahal saat memotret hanya menggunakan naluri dan tanpa skill sama sekali.

Lensa Fix Yongnuo 50mm ini sangat cocok buat para pengguna social media Instagram, karena hasil fotonya sangat bagus (Instagramable). Dengan harganya yang sangat murah, lensa fix buatan Cina ini mampu menghasilkan foto yang bagus dan berkualitas, sehingga sangat recomended buat yang minim budget

Semua produk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, begitu pula dengan lensa fix Yongnuo 50mm f/1.8, berikut kekurangan dan kelebihan dari lensa fix Yongnuo 50mm :

Kelebihan lensa fix Yongnuo 50mm f/1.8 :
- Harganya sangat terjangkau
- Bisa menghasilkan bokeh yang cantik dan berkualitas
- Kemampuannya memotret dalam cahaya yang minim
- Sangat cocok untuk foto portrait

Kekurangan lensa fix Yongnuo 50mm f/1.8 :
- Aouto focusnya berisik dan agak lambat
- Materialnya terkesan murahan karena menggunakan plastik
- Sangat soft/kurang tajam dalam diafragma yang sangat lebar
- Pinggiran foto agak kabur
- Tidak cocok untuk foto macro karena jarak minimumnya 50mm
- Tidak cocok untuk motret landscape.

Spesifikasi lensa fix Yongnuo 50mm f/1.8 :

- Lens struktur :   5 set; 6 pieces
- Aperture blade : 7 pieces
- Minimum aperture : f/22
- Minimum focusing distance : 0,45m
- Maximum magnification & sight range : 0.15 x /160 x 240mm (when the distance is 0,45m)
- Filter diameter : 52mm
- Maximum diameter &length : about 73 x 55mm
- Weight : 120g

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar