Wisata Alam Curug Anom di Natural Hill Lembang

Wisata Alam Curug Anom di Natural Hill Lembang
Wisata Alam Curug Anom di Natural Hill Lembang. 

Sepanjang jalur aliran lahar dari Gunung Tangkuban Parahu yang melintasi kawasan Kolonel Masturi menyisakan keindahan alam yang menakjubkan. Itu semua terbukti dengan banyaknya air terjun alias curug dari mulai kawasan Lembang hingga Cimahi di antaranya Curug tilu leuwi opat, Curug Bugbrug, Curug pelangi, dan Curug Anom.

Curug Anom  adalah air terjun yang memiliki dinding batu atau tebing berbentuk flat. Sekilas terlihat seperti tembok, padahal ini nyata tebing batu yang memiliki permukaan rata dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Lokasi Curug Anom berada dalam kawasan obyek wisata Natural Hill Lembang, tepatnya di Jln. Kolonel Masturi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Meskipun debit air di Curug Anom Lembang ini tidak terlalu besar, namun karena ukuran tebing yang sangat tinggi, cipratan air yang jatuh dari atas akan terasa seperti hujan lokal. Aliran air yang jatuh mengikuti permukaan dinding tebing yang rata terlihat seperti seuntai kain sutra yang menghiasi dinding batu. 

Menurut mitos yang beredar, sesuai namanya yang berasal dari bahasa Sunda, Curug (air terjun) dan Anom (muda), maka pengunjung yang datang ke tempat wisata alam ini kemudian mandi atau membasuh muka, dipercaya akan awet muda.

Satu lagi mitos curug Anom adalah setiap orang yang datang dengan membawa pasangan maka akan menjadi jodoh. Terlepas dari semua mitos tersebut, wisata alam Curug Anom memang memberikan refleksi alam bagi pengunjung dengan kesejukan udara dan cipratan air yang memberikan kesegaran di tubuh kita.

Wisata Alam Curug Anom di Natural Hills Lembang
Wisata Alam Curug Anom di Natural Hills Lembang. 

Bagi yang suka berfoto atau selfie, di bawah air terjun ada sebuah batu dengan ukuran cukup besar dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto dengan background air terjun dan dinding batu dengan cipratan air yang membasahi tubuh.

Suhu di sekitar Curug Anom masih segar karena bayak pohonan rindang. Tidak jauh dari Curug Anom ini ada air terjun dengan ukuran lebih kecil, namun aksesnya masih sulit, sehingga hanya curug utama yang banyak dikunjungi wisatawan.

Sebenarnya masih banyak spot foto di sepanjang jalan menuju Curug Anom. Dari mulai masuk kawasan wisata Natural Hill Lembang sudah disambut dengan pemandangan alam yang indah.

Saat menuruni jalan dengan puluhan anak tangga yang menurun curam dan berliku, di depan mata nampak hamparan pesawahan dan dua dinding batu yang menjulang tinggi mengapit sebuah sungai membentuk lukisan alam yang tercipta secara alami. 

Obyek wisata Curug Anom Lembang belum begitu banyak dikenal. Hanya orang-orang tertentu yang mengetahui keberadan surga di balik lembah Natural Hill ini. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini kebanyakan dari tamu Natural Hill yang melakukan tracking.

Rute Menuju Obyek Wisata Alam Curug Anom

Selama ini belum banyak fasilitas penunjang di Curug Anom. Hanya ada dua buah  tempat peristirahatan berupa saung di sepanjang jalan menuju air tejun.

Untuk berkunjung ke obyek wisata alam Curug Anom bisa ditempuh dari arah Lembang dengan mengikuti jalan Kolmas hingga melintasi Curug Cimahi(Curug Pelangi). Kemudian mengikuti jalan tersebut hingga menemukan tulisan Natural Hill yang terpampang di kiri jalan. Dari situ kalian tinggal masuk ke kawasan wisata tersebut melintasi gerbang yang dijaga oleh Satpam dan membayar tiket masuk sebesar 15 ribu.

Setelah masuk ke dalam kawasan wisata Natural Hill, jalan lurus hingga mentok, kemudian jalan kaki menuruni anak tangga sampai ke lokasi Curug.

Bagi kalian yang masuk dari arah Kota Cimahi, tinggal mengikuti arah jalan Kolonel Masturi, lokasi Curug Anom berada di sebelah kanan jalan, kemudian masuk kawasan Natural Hill hingga tiba di Lokasi wisata.

Baca juga The Mountain Recreation Park, Tempat Wisata dan Edukasi di Kuningan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar