Obyek Wisata Waduk Darma Kuningan

Waduk Darma Kuningan
Waduk Darma Kuningan  

Obyek Wisata Waduk Darma Kuningan - Kabupaten Kuningan memiliki sejumlah destinasi wisata yang bisa dibanggakan, bahkan dapat diandalkan sebagai sumber pendapatan daerah. Salah satu destinasi wisata kebanggan kota Kuningan adalah Waduk Darma yang beralamat di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Sesuai dengan selogannya "Aman Sehat Rindang dan Indah (ASRI)," kota yang menjadi perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah ini suasananya aman, nyaman, dan tenang. Suhu udara di sekitar lokasi wisata sangat sejuk menyegarkan.

Waduk Darma dibangun pada tahun 1923 oleh Belanda, namun baru bisa diopersikan pada 1972, karena terjadi pergantian kekuasaan oleh Jepang. Waduk seluas ± 425 hektare ini dialiri sumber air dari beberapa sungai di antaranya Sungai Cisanggarung, Cinangka, Cikalapa, dan Cireungit. 

Bendungan ini dikelilingi oleh perbukitan dan lembah yang memiliki pemandangan indah dengan udara sejuk. Kapasitas genangan air waduk Darma maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari puat kota Kuningan dan ± 37 km dari kota Cirebon .

Waduk Darma menjadi sumber air yang sangat penting bagi masyarakat Kuningan. Selain untuk kebutuhan PDAM, air waduk menjadi salah satu sumber pengairan lahan pertanian seluas 22.260 hektare di wilayah Kuningan dan Cirebon bagian timur. 

Selain berfungsi untuk pengairan dan perikanan, saat ini Waduk Darma menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan yang datang ke Kuningan. Setiap akhir pekan bendungan ini selalu dipadati pengunjung, baik wisatawan lokal maupun luar kota.

Hamparan air yang luas sejauh mata memandang begitu indah memanjakan mata. Di bagian tengah waduk terdapat sebuah pulau kecil yang menjadi ciri khas tempat wisata ini.

Dulu, posisi Waduk Darma tepat berada di pinggir jalan raya yang menjadi penghubung antara Ciamis-Kuningan-Cirebon. Namun berhubung benteng bendungan digunakan sebagai jalan raya dianggap sudah tua, maka jalan raya pun digeser dan tidak berada diatas benteng.

Ada beberpa fasilitas yang tersedia di kawasan objek wisata Waduk Darma diantaranya Camping Ground, Villa Pemondokoan, Fasilitas mainan Anak, Kedai makan, Kereta motor, Kereta naga (mini train), Kolam renang anak, Lapangan Bola, Masjid Jum’at Jagara, Outbond, Panggung serbaguna, Perahu wisata, saung atau gazebo, Puskesmas Darma, dan Toilet plus Mushola.

Bagi kalian yang akan berwisata ke Waduk Darma, tidak akan kesulitan saat mencari lokasinya karena di sepanjang jalan raya sudah tepampang penunjuk arah.

Baca juga Tea Garden Resort Subang

2 komentar:

  1. Baru tahuuu. Punya temen deket orang Kuningan padahal. Tapi katanya dia lebih seneng kalo main gitu ke Cirebon, soalnya di Kuningan agak kurang tempat mainnya. Eeh ternyata ada waduk ini ya. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang tambh banyak lokasi wisata yg sedang trend Mas !

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar