The Lodge Maribaya wisata outdoor dan ekstrem foto spot

Camping ground The Lodge Maribaya
Camping ground The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya wisata outdoor dan ekstrem foto spot - Mengisi hari libur dengan berwisata bersama keluarga atau sahabat tercinta merupakan kegiatan yang menyenangkan. Begitu banyak pilihan objek wisata yang bisa dijadikan referensi untuk berlibur, salah satunya tempat wisata yang sedang hits saat ini adalah The Lodge Maribaya yang berada di Jln. Maribaya No. 149/252, Kp. Babakan Gentong, Desa Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

The Lodge Maribaya adalah objek wisata outdoor di lereng bukit yang berseberangan dengan pegunungan yang sangat indah, dimana pegunungan tersebut masih termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda Bandung.

Tahura Juanda ini terkenal dengan hutannya yang masih hijau dan sejuk, maka tidak heran apabila seluruh area hutan memiliki daya tarik bagi para wisatawan.  

Destinasi wisata yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama The Lodge Earthbound & Adventure Park ini di dalamnya terdapat fasilitas Camping ground dengan konsep real camping, team building area, Fun Game, Paint Ball, Offroad Landrover dan aktivitas outdoor seperti panahan dan trecking hutan pinus yang indah dan sejuk. 


Camping Ground The Lodge Maribaya
Berada di alam terbuka dengan hutan yang indah akan lebih cocok lagi apabila diisi dengan bercamping bersama keluarga atau sahabat. The Lodge Maribaya memiliki fasilitas untuk camping dengan menyediakan 25 buah tenda permanen yang unik berwarna orange, dengan memilih fasilitas ini, pengunjung akan mendapatkan full aktivitas seperti panahan , trecking dan lain-lain.

Selain itu akan mendapatkan pula free akses ke area loby lounge yang terpisah dari tamu reguler. Adapun fasilitas yang disediakan di dalam tenda yaitu, kasur,bantal, selimut hingga sleeping bag dan disediakan pula perlengkapan untuk mandi seperti,sabun, sampo, handuk dan handuk.

Ekstrem Spot foto The Lodge Maribaya 

Sarana rekreasi terbuka yang berada di kawasan tebing hutan pinus ini tentuny memilki banyak spot foto ang indah, hijaunya alam pegunungan merupakan backgroun yang sangat bagus untuk berfoto.

Di setiap sudut objek wisata ini memiliki view yang indah untuk mengabadikan momen wisata anda. Selain spot foto yang unik dan indah terdapat pula tempat berfoto minat khusus yaitu ekstrem spot foto yang memacu adrenalin seperti Sky Tree, Bamboo Sky, Zip Bike dan Mountain Swing.


Sky Tree
Sky Tree
Foto by : The Lodge Maibaya 
Sky Tree
Sky Tree adalah spot foto diatas pohon yang memiliki lantai terbuat dari papan dengan pemandangan pegunungan dan  hutan pinus yang ada di kawasan Tahura Juanda. Berada di atas Sky Tree ini pengunjung aka merasakan sensasi yang lua biasa memacu adrenalin. 

Untuk berfoto disini biasanya diarahkan Fotografer untuk mengambil posisi duduk di pinggir lantai papan dengan kaki terjuntai kebawah dan beberapa pose lainnya. Untuk yang tidak biasa berada di ketinggian sudah pasti akan gemetar ketakutan, tapi disitulah sensasi yang disebut memacu adrenalin.


Bamboo Sky
Bamboo Sky
Bamboo Sky
Nah untuk wahana yang satu ini terlihat lebih unik karena, bangunannya terbuat dari bambu yang dibentuk menjadi sebuah menara. Bentuk menara bambu ini sangat unik, dimana pada bagian bawah meiliki ukuran ligkaran yang lebih kecil dan semakin atas semakin besar, bahkan pada bagian puncak lebih lebar lagi.

Konsep bangunan menara ini ternyata diterapkan pada dua buah tiang atap teras office The Lodge Maribaya sehingga tiang atap terkesan lebih alami. Untuk berfoto di atas tower bambu ini tidak jauh berbeda dengan berfoto di wahana Sky Tree.

Zip Bike
Zip Bike 

Zip Bike

Spot foto yang satu ini bereda dengan wahana Sky Tree dan Bamboo Sky karena, Zip Bike ini menggunakan sepeda yang digantung pada seutas tali baja, begitu pula untuk bagian rodanya menapak pada tali baja. 

Pengnjung yang akan menikmati wahana ini harus benar-benar mempunyai nyali, karena harus mengayuh sepeda di atas seutas tal baja dengan ketinggian diatas 10 meter. Setelah mengayuh sepeda dan tiba di tengah-tengah lintasan tali, maka pemandu akan berteriak untuk berhenti dan disitulah pengunjung akan diminta untuk berpose oleh Fotografer.

Nah disinilah saat-saat paling mendebarkan, karena petugas yang memegang kamera dengan lensa telezoom ini meminta untuk melepaskan tangan dari stang sepeda dan berpose dengan tangan terbuka, lirik kanan, lirik kiri, kaki dangkat sebelah dan gaya bebas. Untuk kembali ke tempat start awal, sepeda tersebut ditarik dengan menggunakan tambang oleh petugas secara perlahan.



Mountain Swing
Mountain Swing

Mountain Swing

Tempat berfoto yang terakhir ini adalah sebuah ayunan besar yang tergantung pada tiang besi besar, dimana tiang besi tersebut dapat beputar sehingga pengunjung yang mencoba wahana ini dapat diarahkan ke atas lereng yang lebih curam.

Nah diatas jurang tersebut merupakan spot foto yang sangat menegangkan namun pmandangannyaluar biasa indah. Berpose di Mountain Swing ini bisa dilakukan dengan menjuntaika kaki sebelah, bersandar di tali ayunan, miring ke condong ke belakang atauke depan, miring kiri dan kanan atau gaya bebas sesuai kemampuan.    

Dari keempat wahana tersebut memiliki view foto yang berbeda tetapi sama indahnya, meskipun spot foto ini sangat ekstrem. Tapi semuanya dijamin aman karena semua pengunjung yang akan menjajal wahana yang memacu adrenalin ini diwajibkan memakai harness yang dikaitkan pada tali pengaman. Selain itu setiap wahana yang ada di The Lodge Maribaya ini dijaga dan dipandu oleh petugas yang berpengalaman.


Restoran dan Cafe di The Lodge Maribaya

Fasilitas lain yang tersedia di destinasi wisata yang dikelola oleh Heni Nurhaeni Smith ini memiliki dua buah tempat makan, yang terdiri dari Dapur Hawu Sundanese Restaurant dan The Pines Café.

Dapur Hawu Sundanese Restaurant menyajikan menu masakan  khas Sunda yang disajikan dalam bentuk prasmanan. Nuansa Sunda terasa lebih kental di resatoran ini karena diiringi sayup-sayup alunan musik Sunda, sehingga pengunjung merasakan indahnya nuansa pedesaan dengan pemandangan tebing hutan pinus.


Bagi pengunjung objek wisata The Lodge Maribaya yang ingin menikmati makanan denga menu yang lebih moderen bisa singgah di The Pines Café, yang letaknya tidak jauh dari Dapur Hawu Resaurant.


Tempat makan yang satu ini diberi nama The Pines Café, karena berdekatan dengan hutan pinus dan spot foto Sky tree. Menu unggulan di café ini adalah kopi premium dengan harga yang terjangkau. Khusus di café ini diiringi dengan alunan musik pop, sehingga sanga cocok bagi pasangan remaja yang suka dengan nuansa romantis.


Tips berkunjung ke The Lodge Maribaya

Untuk pengunjung yang akan berwisata ke The Lodge Maribaya sebaiknya untuk menghindari macet karena, akses jalan ke destinasi wisata ini kerap dipadati oleh pengunjung.

Selain menghindari macet, datang lebih pagi ke lokasi wisata ini adalah untuk menghindari antrian di wahana atau spot foto. Persiapkan fisik yang sehat karena di area wisata medan jalannya naik turun serta berundak dan jangan lupa membawa payung dan jaket untuk menghindari perubahan cuaca di alam terbuka.

Rute menuju The Lodge Maribaya

Bagi anda yang akan berkunjung ke objek wisata The Lodge Maribaya dapat memilih rute sebagai berikut:

Untuk yang datang dari arah Subang, setelah tiba di pertiagaan Lembang, langsung belok kiri ke arah Maribaya dan ikuti terus jalur tersebut hingga melintasi Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall dan perjalanan dilanjutkan ke arah Cibodas dengan jarak tempuh 5 Km, setelah tiba di Cibodas ada petunjuk arah ke kanan, ikuti jalan tersebut sejauh 500meter, maka tiba lah di lokasi tujuan.

Sementara untuk pengunjung yang datang dari arah Bandung  dapat menggunakan jalur Jln. Setiabudhi - Ledeng Lembang dan langsung menuju Maribaya, atau bisa pula menggunakan jalur Jln.Ir. H. Juanda(Dago) - Dago Giri - Cikidang Lembang - Maribaya - Cibodas - The Lodge Maribaya.


Baca juga Curug Cikiwul Parangkongan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar