Peringati Hari Bumi, The Lodge Maribaya gelar acara Green Up Clean Up

Kegiatan membersihkan sampah di Cibodas
Kegiatan membersihkan sampah di Cibodas 
Kawasan Lembang Bandung selama ini sudah dikenal sebagai tempat tujuan wisata favorite untuk berlibur. Salah satu destinasi wisata yang sedang trend di sekitar Lembang adalah The lodge Maribaya yang lokasinya berada di Kampung Babakan Gentong, Desa Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

The LodgeMaribaya memiliki pemandangan yang sangat indah karena, bersebrangan dengan Taman Hutan Raya (Tahura) yang memiliki hamparan hutan luas nan hijau. Objek wisata yang berada di Desa Cibodas ini memiliki beberapa fasilitas seperti camping ground, team building area, aktivitas autdoor sperti trecking hutan pinus dan panahan. Terdapat pula fasilitas foto spot yang memacu adrenalin sperti, Sky tree, Zip Bike, Mountain Swing dan Sky Bamboo.

Sebagai destinasi wisata yang sedang naik daun, pengelola The Lodge Maribaya  tetap peduli akan lingkungan di sekitarnya. Bentuk kepedulian yang ditunjukan oleh pihak pengelola terhadap lingkungan adalah dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial membersihkan sampah dan melakukan penanaman pohon untuk penghijauan di sekitar Desa Cibodas. Kegiatan membersihkan lingkungan dan penanaman pohon ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Bumi/Earth Day (22/04/2017).

Dalam pelaksanaanya, The Lodge Maribaya bekerja sama dengan Tahura Juanda dan menggandeng Kepala Desa Cibodas, Forum RW Desa Cibodas, BPBD, Ikatan Keluarga Taruna Mandiri (IKTM), Dinas Lingkungan Hidup UPT Kebersihan dan Masyarakat setempat.

Ketua The Lodge Foundation, Andar Manik mengatakan keprihatinannya atas sampah yang menumpuk selama bertahun-tahun di kawasan lereng hutan yang berbatasan dengan jalan. Tumpukan sampah tersebut merupakan limbah yang dibuang oleh warga setempat karena di Desa Cibodas belum terjangkau oleh Dinas Kebersihan dan tidak memiliki TPS.

“Dengan permasalah sampah yang selama ini mengotori kawasan lereng hutan, maka kami menggagas sebuah kegiatan yang bernama Gree Up Clean Up, pembersihan sampah sekitar Desa Cibodas dan melakukan penanaman pohon” tutur Andar Manik

Andar menambahkan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan untuk hari ini saja dan akan berkelanjutan, yaitu dengan cara membagikan tempat sampah sementara kepada warga, pembuatan bank sampah yang sudah bejalan selama hampir dua tahun, pemberian kendaraan angkut sampah berupa motor dan mobil Pick Up.

Pria berambut gondrong ini berharap dengan diadakannya kegiatan ini, Desa Cibodas betul-betul terbebas dari sampah dan bisa menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan hutan di sekitarnya pun tetap hijau.   

Kepala Desa Cibodas, Dindin Sukaya mengatakan, kami sangat beruntung karena Desa Cibodas menjadi desa wisata yang diminati banyak pengunjung. Selain itu Desa Cibodas pun memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang selama ini mendapat dukungan dari The Lodge, sehingga akhinya memiliki penghasilan sendiri dan menjadi desa percontohan tingkat Nasional.

“Di Desa Cibodas sudah memiliki tiga bank sampah yang sudah berjalan selama hampir dua tahun dan sudah mendapatkan penghasilan dari hasil penampungan sampah tersebut” papar Dindin, saat diwawancara sebelum melakukan upacara di lapangan parkir utama The Lodge Maribaya.

Heni Nurhaeni Smith selaku owner The Lodge Maribaya menjelaskan, kegiatan pemebersihan sampah di kawasan Desa Cibodas ini melibatkan tiga unsur yaitu, stageholder Tahura, The Lodge Maribaya dan masyarakat Desa Cibodas.

“Ini merupakan kerja nyata yang dilakukan oleh Tahura Juanda, The Lodge Maribaya dan Masyarakat. Kegiatan ini akan terus berlangsung sampai terjadi sistem pengelolaan sampah benar, sehingga kawasan ini benar-benar bersih dari sampah”ujar Heni.

Forest Music Festival

Masih dalam rangka pringatan Hari Bumi, The Lodge Foundation yang didukung oleh Tahura Juanda akan mengelar Forest Music Festival yang bertempat di he Lodge Maribaya, pada 26 April 2017. Adapun rangkaian acara yang akan ditampilkan di antaranya, talk show tentang linkungan hidup, workshop pembuatan kertas daluang, live forest music bersama Suara Sama dari Medan dan (K)osmosis dari Bandung.

Selain itu rencananya The Lodge akan mengundang juga seniman musik dari Bandung untuk membahas perkembangan  musik. Khususnya perkembangan dunia musik yang ada di Bandung.

Baca juga Temu Blogger Kesehatan 2017 di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar