Pertamina Geothermal Energy Kamojang lakukan konservasi Elang Jawa

Pertamina Geothermal Energy Kamojang
Pertamina Geothermal Energy Kamojang
Potensi kekayaan alam Indonesia merupakan kebanggaan kita semua, dimana bumi pertiwi ini memiliki warisan kekayaan alam yang melimpah dan tentunya semua itu sangat bermanfaat bagi sumber daya kehidupan manusia. 

Salah satu kekayaan alam di negeri ini adalah panas bumi,  dimana potensi panas bumi (geothermal) di Indonesia mencapai 29.000 MW atau 40% dari potensi seluruh panas bumi yang ada di dunia, dengan besarnya hitungan panas bumi yang terdapat di Indonesia akan menjadi cadangan dunia.
Energi panas bumi merupakan energi alternatif terbarukan yang dapat dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik atau lebih di kenal sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). 

Menurut para pakar ahli, energi panas bumi tidak akan pernah habis dan sangat baik untuk dimanfaatkan karena ramah lingkungan dan tidak mengakibatkan polusi udara, tentunya cocok untuk mewujudkan energi bersih di negeri ini.
Energi panas bumi dijadikan pembangkit tenaga listrik
Ada pun cara kerja merubah energi panas bumi menjadi energi listrik adalah sebagai berikut, panas bumi menghasilkan uap panas dan kemudian uap tersebut dialirkan melalui pipa uap menuju turbin, tapi sebelumnya uap dipisahkan terlebih dahulu dari kandungan air yang terbawa dan menjadi uap kering, kemudian uap dialirkan menuju turbin untuk menggerakan generator pembangkit listrik.
Salah satu contoh pemanfaatan energi panas bumi yang ada di Indonesia adalah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang dioperasikan oleh Pertamina perusahaan panas bumi (geothermal) terbesar di Indonesia. 

Atas prestasinya dalam segi pemanfaatan potensi panas bumi, Pertamina Geothermal Energy (PGE) Kamojang mendapat  peringkat PROPER Emas dalam lima tahun secara berturut – turut dari pemeritah dan piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai mitra pembangunan Provinsi Jawa Barat.

Pertamina Kamojang tidak hanya mengelola panas bumi saja, tapi kiprahnya bagi lingkungan sekitar dalam meningkatkan sumber daya alam hayati pun dapat terlihat jelas, salah satunya adalah dengan cara melakukan konservasi Elang Jawa bukti kepedulian Pertamina untuk mendukung keanekaragaman di kawasan cagar alam Kamojang, Kabupaten Bandung. 
Tindakan yang dilakukan oleh PGE untuk pelestarian Elang Jawa tersebut dengan mendirikan pusat rehabilitasi dan edukasi serta penangkaran terbesar di Indonesia, untuk pengelolaannya sendiri dilakukan kerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA). 

Dimana populasi elang Jawa saat hampir punah dan dengan melakukan konservasi ini diharapkan keberadaan elang Jawa di kawasan Kamojang akan tetap terjaga dari kepunahan. 
Kawah Kereta Kamojang
Kawah Kereta Kamojang
Wisata alam kawah Kamojang
Selain memiliki potensi panas bumi yang dikelola oleh Pertamina, kawasan Kamojang pun memiliki tempat wisata yang indah dan pantas untuk dikunjungi, dimana di sekitar lokasi terdapat beberapa kawah yang menghasilkan uap panas dan setiap kawah memiliki keunikan tersendiri. 

Ada pun beberapa kawah yang selama ini menjadi tujuan wisata favorit diantaranya, Kawah Manuk, Kawah Kereta dan Kawah Hujan. 

Kawah Manuk memiliki keunikan dari suara yang dihasilkan dari dalam lubang mirip seperti suara manuk (burung), sementara ciri khas yang terdapat pada kawah Kereta adalah semburan uap yang keluar seperti semburan kereta api dan ditambah pula dengan suara gemuruh layaknya kereta berjalan, tidak kalah uniknya lagi dengan kawah yang satu ini yang bernama kawah hujan. 

Dimana kawah ini menyemburkan uap air sperti hujan dan konon katanya uap air yang ada dikawah hujan bisa digunakan untuk mandi, selain itu semburan uap air yang ada di kawah hujan berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti stroke, jantung, influenza dan rematik, mungkin lebih cocok lagi disebut terapi alam.
Dari sejumlah kawah yang ada dikawasan geothermal Kamojang ini merupakan sebagian tempat wisata yang ada di kaki gunung Guntur, dimana dilokasi ini masih terdapat beberapa tempat lainnya yang pantas untuk dijadikan tempat wisata dan beberpa diantaranya dikelola oleh Pertamina Geothermal Energy Kamojang. 

Kiprah Pertamina dalam mengembangkan objek wisata di kawasan Kamojang ini merupakan sinergi antara Pemerintah Daerah Jawa Barat dengan Pertamina untuk memajukan Jawa Barat.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar