02 August 2018

Honda Super Cub 125cc, Bebek Klasik Berteknologi Canggih

Honda Super Cub 125cc
Honda Super Cub 125cc.
By : Honda
Honda Super Cub 125cc, Bebek Klasik Berteknologi Canggih - Honda Super Cub merupakan sepeda motor bebek klasik, ada juga yang menyebutnya Bebek Jadul (Bekjul) dengan mesin empat langkah alias 4 tak bersilinder tunggal dengan kapasitas mesin mulai dari 49cc sampai 109cc. Sepeda motor buatan Honda ini diproduksi secara terus menerus sejak tahun 1958 dengan tipe yang berbeda-beda. Adapun varian dari Honda Super Cub ini diantaranya Honda C50, C70, C70 Passport, C90, C100, dan C100EX.

Di kalangan pecinta motor klasik, keluarga Honda Super Cub yang paling banyak peminatnya adalah Honda C70, karena bentuknya yang unik dengan desain serba bulat, membuat sepeda motor ini benar-benar terlihat antik dan menarik.

Honda C70 sudah sangat langka, dan kalau pun ada sudah tidak orsinil/original lagi, sehingga motor bebek klasik ini bernilai jual tinggi, untuk satu unit C70 full orsinil harganya bisa mencapai puluhan juta Rupiah.

Eitt bahas bebek retro jadi kepikiran untuk  bernostalgiaan dengan motor jadul buatan Honda, tapi bingung kan mau nyari kemana?

Iya pasti bingung kalau mau nyari motor dari tahun 70an ke bawah, karena motornya sudah langka. Nah untuk mengobati rasa rindu para pecinta sepeda motor klasik, disaat brand lain tengah gencar memproduksi motor matik, sport dan lainnya, PT. Astra Honda Motor tiba-tiba meluncurkan produk terbarunya yang bisa dibilang nyeleneh, yaitu Hoda Super Cub 125cc yang diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Honda Super Cub 125cc ini motor bebek yang desainnya masih mirip dengan pendahulunya, yaitu si mungil Honda C70, namun desainnya lebih terlihat premium dan unsur oriental yang sangat kental di seluruh bodinya. 

Bentuknya memang hampir mirip Bekjul, serba bulat, memiliki cover aki dan bagian spakbor belakang melengkung seperti pendahulunya. Namun yang membedakannya adalah bebek retro ini mengunakan teknologi modern diantaranya, motor ini sudah mengaplikasikan mesin injeksi SOHC berkapasitas 125cc, dengan bore dan stroke 52,4 x 59,7mm serta rasio kompresi 9.3:1. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 6,76 kW dicapai pada rpm 7.500 dan torsi maksimal sebesar 9,79 Nm pada rpm 5.000.

Selain itu fitur canggih lainnya yang disematkan pada Honda Super Cub 125 ini yaitu sudah terpasang Honda Smart Key System terhubung dengan alarm untuk mencegah pencurian dan terdapat juga answer back system,  dengan system ini indikator akan berkedip untuk mempermudah pencarian motor saat parkir.

Bagian lampu depan bentuknya bulat seperti Bekjul, namun sudah full LED dan ada tambahan DRL. Begitu pula dengan lampu sein depan belakang sudah LED minimalis, dan lampu rem pun tidak ketinggalan menggunakan LED dengan bentuk memanjang ke bawah. 

Bagian pembuangan Honda Super Cub 125cc masih menggunakan knalpot crom bentuk lurus supaya tetap terlihat klasik, namun sudah memakai cover variasi. Suspensi depan memakai shockberaker teleskopik, dan suspensi belakang memakai swing arm dengan suspensi ganda shockbreaker (pakai cover). Rantainya pun sudah menggunakan cover (keteng case) seperti bebek Super Cub pada umumnya, dan terdapat lubang untuk pengecekan rantai motor.

Untuk sekelas motor bebek dengan mesin 125cc, larinya bisa dibilang cukup kencang, maka dibutuhkan system pengereman yang maksimal, sehingga Honda Super Cub 125 ini dilengkapi dengan rem cakram, sementara pengereman bagian belakang masih rem tromol. 

Supaya terkesan premium, bagian kaki-kaki mengunakan pelek racing (alumunium) ukuran 17 inchi dengan sentuhan coating warna hitam serta balutan ban tubeles ukuran 70/90 depan, serta 80/90 belakang. Buat sahabat otomotif yang lebih suka dengan gaya yang super klasik mungkin akan memilih mengganti peleknya dengan model jari-jari.

Honda C125 ini desain panel meternya mengadopsi kombinasi analog dan digital, dengan dua lingkaran krom yang menjadi pemisah. Lingkaran luar menunjukkan jarum spidometer analog, dan lampu pemberitahuan. Sementara di lingkaran dalam menunjukkan tampilan digital.

Spionnya bulat mirip dengan spion milik Honda Scoopy, sementara tempat duduk/jok hanya untuk pengendara alias single seater, jadi buat yang ingin berboncengan harus modif jok sendiri, atau mungkin nantinya bakal ada yang jual bagasi atau jok tambahan di tempat asesoris.

Motor bebek klasik premium ini hanya tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu pearl shining black (hitam), pearl niltava blue (biru), dan pearl nebula red (merah). Sementara untuk harganya, Honda Super Cub 125cc ini bisa dibilang mahal, karena untuk ukuran bebek 125cc dibandrol dengan harga Rp.55 juta bisa bikin konsumen melongo sambil nelan ludah.


Spesifikasi Honda Super Cub 125cc :
Tipe Mesin Pendinginan Udara, SOHC 4 langkah
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection (PGM-FI)
Diameter X Langkah 52,4 x 57,913 mm
Tipe Tranmisi Manual, 4 – kecepatan
Rasio Kompresi 9,3 : 1
Daya Maksimum 6,76 kW / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,79 Nm / 5.000 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Wet, Multiple With Coil Spring
Tipe Pendinginan Pendinginan Udara

Tipe Rangka Back Bone, Steel
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Swing arm dengan suspensi ganda
Ukuran Ban Depan 70/90-17 M/C 38P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 80/90-17 M/C 50P (Tubeless)
Rem Depan Cakram Hidrolik
Rem Belakang Mechanical Leading Trailing
Sistem Pengereman Tromol

Panjang X Lebar X Tinggi 1.910 x 718 x 1.002 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Jarak Sumbu Roda 1.243 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 136 mm
Curb Weight 107 Kg

Kapasitas Tangki Bahan Bakar 3,7 liter
Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 L (Penggantian Periodik)

Tipe Baterai Atau Aki 12 V – 3 Ah, MF-Wet Type
Sistem Pengapian Full Transisterized, Battery
Tipe Busi NGK CPR6EA-9 / DENSO U20EPR9
Lampu Depan Hi 10,1 W x 1 (LED) , Low 5,1 W x 1 (LED)

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar