08 February 2018

Yamaha Lexi 125cc, Skuter Matic Rasa Nmax

Yamaha Lexi 125cc
Yamaha Lexi 125cc. 
Yamaha Lexi 125cc, Skuter Matic Rasa Nmax - Keluarga Maxi Yamaha seprti N-Max-, X-Max, T-Max, dan Aerox , selama ini menjadi motor kelas premium dengan kapasitas mesin 155cc dan 250cc yang sangat laku di pasar otomotif roda dua Indonesia. Keluarga Maxi kini bertambah lagi dengan diluncurkannya produk terbaru dari premium series Yamaha, yaitu  Yamaha Lexi.

Namun ada yang beda dengan keluarga Maxi sebelumnya, Yamaha Lexi diciptakan dengan mesin berkapasitas lebih kecil dibanding pendahulunya, Lexi hanya dibekali mesin satu silinder dengan kapasitas 125cc. Namun meskipun Lexi hanya menggunakan mesin dengan kapasitas 125cc, yang kapsitasnya dibawah N-Max, tapi motor terbaru Yamaha ini diklaim memiliki akselerasi yang mirip dan mampu menyaingi N-Max 155cc.

Mesin Yamaha Lexi 125cc dilengkapi dengan Variable Valve Actuation (VVA) yang mengatur katup bervariasi sehingga mampu memberikan suplai tenaga serta torsi yang lebih merata disetiap putaran, sehingga tenaga dan torsi Yamaha Lexi lebih besar dibanding skutik Yamaha lainnya.  Lexi juga dilengkapi dengan teknologi Blue Core yang selama ini menjadi ciri khas motor matic Yamaha di Indonesia. Teknologi Blue Core ini mampu membuat mesin lebih efisien, bertenaga, dan handal.

Motor terbaru dari Yamaha ini digadang-gadang akan menjadi premium entri level dari keluarga Maxi Yamaha di pasar otomotif Indonesia dan mampu menyaingi para kompetitornya. Lexi 125cc tampil lebih stylish dengan mempertahankan desain premium warisan dari pendahulunya. Yaitu dengan ciri khas tidak adanya balutan stiker disekujur bodynya, hanya ada emblem dengan nama Lexi yang cukup besar yang menempel pada bagian body samping dan desainnya pun tidak seagresif seperti aerox atau mio.

Meskipun tergolong kelas premium entri level, namun Lexi tetap dibekali dengan segudang fitur modern dan praktis, yang tentunya membuat kendaraan roda dua ini lebih mudah serta nyaman saat dikendarai di berbagai medan jalan.

Fitur unggulannya yang ditanamkan pada Yamaha Lexi ini adalah terletak pada lampu LED yang miliki ukuran cukup besar dengan tingkat pencahayaan lebih maksimal, terdapat elektrik power soket yang bisa digunakan untuk mencharger handphonedan peraalatan elektronik lainnya, balutan ban tubeles dengan tapak lebar membuat Lexi terlihat sangat gagah, terdapat bagasi dengan ukuran cukup luas, dan dilengkapi pula dengan lampu hazard yang bisa digunakan ketika dalam keadaan darurat .

Berbeda dengan skuter metik 125cc lainnya, Lexi memiliki ukuran body lebih bongsor layaknya keluarga Maxi lainnya, yaitu dengan ukuran panjang 1.970 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.135 mm. Jarak rendah ke tanahnya adalah 133mm dengan tinggi tempat duduk 785mm dan berat isi 112 kilogram.

Yamaha Lexi 125cc terdiri dari dua variant, yaitu Lexi standard an Lexi S. Varian S merupakan tipe tertinggi dari Yamaha Lexi yang menggunakan fitur berbeda dari Lexi standar, misalnya suspensi belakang yang dilengkapi dengan subtank alias tabung yang membuatnya lebih empuk. Lalu smart key system, yaitu kunci canggih dengan menggunakan remot tanpa anak kunci yang membuat proses akses motor lebih mudah ketika akan membuka kunci, membuka stang maupun membuka bagasi.

Pada system pengereman bagian depan, Yamaha Lexi menggunkan rem cakram, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendara saat menggunakan rem depan. Sementara pada bagian belakang, Lexi 125cc masih menggunkan rem tromol, mungkin disesuaikan dengan kelasnya.  

Speedo meter Yamaha Lexi 125cc lebih mirip dengan Aerox, yaitu menggunkan speedometer digital, dimana speedometer ini memiliki informasi yang lengkap, mulai dari RPM hingga posisi bahan bakar, dan ini merupakan skuter 125cc Yamaha pertama yang dilengkapi dengan speedometer digital.

Satu hal lagi yang membuat Yamaha Lexi lebih menarik adalah dengan diterapkannya fitur Stop Start System (SSS) yang akan mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 5 detik, sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih irit.

Sebagai motor kelas premium entri level, Yamaha Lexi 125cc dibandrol dengan harga di bawah Rp 20 Juta, sehingga kendaraan paling bungsu dari keluarga Maxi ini dipercaya akan sangat laku di pasar otomotif Indonesia.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar