Wahana Tirta Pasir Raya, Kolam Renang Atas Awan di Panjalu

Posted by

Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu.
Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu. 
Rekreasi ke tempat yang itu-itu saja tentunya sangat membosankan, mungkin karena sudah terlalu banyak tempat yang dikunjungi, jadi terkadang bingung harus mencari lokasi baru, dengan suasana yang berbeda. Ya sebut saja di kawasan Ciamis yang kaya akan tempat wisata alamnya, tapi mungkin Anda sudah mengunjunginya, sehingga tidak tertarik untuk datang kembali. Kini sebuah tempat wisata dengan suasana baru dan enakeun baru saja selesai dibangun pada akhir tahun 2017, yaitu Obyek wisata Wahana Tirta Pasir Raya, yang beralamat di Jln. Nanggeleng - Cirahayu, Hujungtiwu, Kec. Panjalu, Kab. Ciamis, Jawa Barat.

Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu adalah sebuah tempat rekreasi yang berada di puncak bukit seluas tiga hektare, dengan pemandangan yang luar biasa indah. Dari atas bukit Anda bisa menikmati indahnya hamparan perkebunan yang hijau dan pemukiman warga. Selain itu, di kejauhan terlihat juga penampakan Obyek wisata Situ Panjalu yang terhampar luas dan indah. 

Suasana alam yang masih sejuk, dan udaranya pun masih sangat segar, membuat Wahana Tirta Pasir Raya ini sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas stres. Jika beruntung, saat Anda datang ke lokasi wisata ini akan disambut dengan gumpalan awan yang terlihat seperti berada dibawah kaki, dan pemandangan inilah yang banyak diburu oleh para wistawan. 

Kolam renang atas awan Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu
Selain pemandangannya yang menakjubkan dan memanjakan mata, wahana andalan dari destinasi wisata baru di Panjalu ini adalah kolam renangnya, karena kolam renang Wahana Tirta Pasir Raya berada tepat di puncak bukit, sesuai dengan namanya yang diambil dari kata Tirta (air) dan Pasir dalam Bahasa Sunda yang memiliki bukit.

Ada tiga kolam renang dengan kedalaman berbeda yang diperuntukkan bagi anak-anak, remaja dan dewasa. Pada salah satu kolam terdapat tempat seluncuran alias waterboom, yang cocok untuk bermain bersama anak dan keluarga, sehingga sikecil sang buah hati akan betah bermain air. Berenang diatas sebuah bukit dengan pemandangan alam yang indah dan ditemani awan, tentunya ada sensasi tersendiri yang berbeda dari kolam renang biasa. Fasilitas yang serba baru, tentunya sangat nyaman untuk berenang bersama keluarga, sahabat, rekan kerja, atau pasangan tercinta.

Kolam renang atas awan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto, karena pemandangannya sangat Instagramable dan kekinian. Desain kolam renang yang terlihat elegan yang dipadukan dengan view sekitanya dan ditambah dengan fasilitas tempat duduk berpayung besar disekitar kolam, membuat tempat ini sangat sempurna untuk dijadikan sebagai tujuan wisata dan tempat berfoto ria.

Bagi Anda yang akan berwisata ke Wahana Tirta Pasir Raya disarankan membawa jaket yang tebal, karena udara di lokasi wisata cukup dingin, apa lagi ketika menjelang sore hari terkadang wahana wisata ini diselimuti kabut tebal.

Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu.
Spot Foto Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu. 
Selain kolam renang yang lokasinya berada paling tinggi di atas bukit tersebut, ada juga fasilitas lainnya seperti gazebo, flying fox, edukasi hewan dan sirkuit motocross. Wahana flying fox lokasinya berada lebih rendah di bawah kolam renang, dengan panjang tali seling sekitar 120 meter dan tinggi 12 meter, fasilitas ini sangat cocok untuk yang ingin sprot jantung dengan bergelantungan diketinggian. Sementara untuk sirkuit motocross, lokasinya berada di belakang bukit tersebut. Dimana sirkuit ini biasa digunakan untuk ajang kejuaraan motocross lokal dan Nasional, sehingga bagi para penggemar kudabesi, tempat ini sudah tidak asing lagi.

Bagi Anda yang menggunkan kendaraan, baik roda empat maupun roda dua, tidak perlu khawatir, karena tersedia tempat parkir yang luas dan aman, serta nyaman. Untuk kedepannya pemilik obyek wisata alam Wahana Tirta Pasir Raya akan menambah berbagai fasilitas pendukung lainnya, karena tempat rekreasi ini sangat berpotensi untuk menjadi tujuan wisata Favorit dan kekinian di Kabupaten Ciamis.

Rute menuju lokasi wisata Tirta Pasir Raya Panjalu
Bagi Anda yang ingin berwisata ke Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu, bisa mengambil rute dari arah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya, menuju ke arah Panjalu menggunakan jalan raya Simpang Tiga Warudoyong. Setelah tiba di Panjalu akan menemukan pertigaan, nah dari pertigaan tersebut belok ke kiri menuju ke Sukamantri, yang arah jalan menuju ke Majalengka, di jalan Nangelang- Cirahayu belok kanan ke arah kampung/dusun Simpar, dan kemudian ikuti jalan tersebut hingga tiba di lokasi wisata Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu.

Alamat obyek wisata Wahana Tirta Pasir Raya : 
Jln. Nanggeleng - Cirahayu, Hujungtiwu, Panjalu, 
Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Jam buka : mulai pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB.


Blog, Updated at: 3:13 AM

4 komentar:

  1. kayaknya seru ya wisata ke sana ramai2

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijamin seru kak, tempatnya instagramable banget

      Delete
  2. Wah, ini nih unik! Jadi pemandangan yang kita dapat ektika berenang bisa luas begitu. Kan biasanya, kalau di hotel2 tuh atau di kolam renang lain, di kelilingi oleh bangunan~~ naha kalau gini kan jadi lebih lega gitu XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak, pemandangannya sejauh mata memandang

      Delete