23 January 2018

Pabrik Clariant Tangerang Meraih Penghargaan Responsible Care Platinum Award di Indonesia

Pabrik Clariant Tangerang Meraih Penghargaan Responsible Care Platinum Award di Indonesia
Gede Suyasa, Director, dan Sukardi, Safety & Ecology Manager, Sustainability and Regulatory Affairs, Clariant Indonesia mewakili Clariant pada saat penyerahan Responsible Care Platinum Award. 
Clariant merupakan sebuah perusahaan ternama di bidang kimia khusus, dimana perusahaan yang kantor pusatnya terletak  di Muttenz dekat Basel, Swiss ini telah berhasil memenangkan Responsible Care Platinum Award yang telah diperkenalkan sejak enam tahun lalu di Indonesia, dengan mengalahkan 50 perusahaan yang berkompetisi lainnya. Penghargaan yang diserahkan kepada Clariant bersamaan pada saat acara perayaan ulang tahun Responsible Care Indonesia yang ke-20 tersebut semakin memperkaya rangkaian penghargaan atas kinerja berkelanjutan perusahaan dari pabrik di Tangerang ini, dan lebih jauh lagi menunjukkan komitmen penuh perusahaan terhadap berkelanjutan.

Responsible Care Platinum Award telah dianggap sebagai pengakuan tertinggi terhadap dedikasi sebuah perusahaan terhadap berkelanjutan pada setiap perusahaan manufaktur kimia yang beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu, semua orang di pabrik kami sangat bersemangat untuk mengetahui pencapaian terbaru ini,” kata Hans Herrel, Head of Clariant Indonesia, Jakarta (19/01/2018).

Hans menambahkan, penghargaan ini menjadi sebuah pengakuan penting dari upaya kami untuk tetap menjaga standar perusahaan di bidang keselamatan, kesehatan, lingkungan dan berkelanjutan di pabrik kami dan kami akan terus berupaya mempertahankan kinerja baik kami guna menghasilkan terobosan baru.

Untuk memenangkan Platinum Award, pabrik Tangerang Clariant meraih hasil audit yang luar biasa dengan skor 98 dari 100, dimana angka tersebut menunjukkan bahwa Clariant benar-benar memenuhi ketujuh persyaratan RCI yang meliputi Proses Keselamatan (Process Safety), Distribusi Keselamatan (Distribution Safety), Pencegahan Polusi (Pollution Prevention), Kesehatan dan Keselamatan (Health and Safety), Keamanan (Security), Pengelolaan Produk Product Stewardship, Peningkatan Kesadaran Masyarakat (Community Awareness) dan Tanggap Darurat (Emergency Respond). Sebagai tambahan, pabrik ini juga memiliki rekor tidak terdapat waktu yang hilang akibat kecelakaan kerja (Lost Time Injury (LTI) selama dua tahun berturut-turut.

Sejak tahun 2014, pabrik Tangerang Clariant telah berhasil meraih Zero Accident Award dari Kementerian Tenaga Kerja Indonesia. Sebelumnya, pada tahun 2015 pabrik ini juga dianugerahi Responsible Care Gold Award oleh Kementerian Perindustrian Indonesia atas upaya perusahaan memenuhi enam kode praktik perawatan yang bertanggung jawab (Responsible Care Codes of Practices).


Selain Platinum Award, pabrik Tangerang Clariant juga berhasil meraih Pengakuan Khusus dengan memperoleh Best Chemical Transportation & Distribution Safety Award. Penghargaan ini untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia dan Clariant merupakan satu-satunya perusahaan yang berhasil menerima penghargaan ini di antara para nominasi lainnya. (Clariant)

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar