Wisata Tanah Putih Tamelang, Gurun Saharanya Karawang

Posted by

Wisata Tanah Putih Tamelang, Gurun Saharanya Karawang
Wisata Tanah Putih Tamelang, Gurun Saharanya Karawang. 
Kekuatan Sosial Media (Sosmed) semakin terasa pengaruhnya dalam kehidupan manusia, cepatnya peredaran informasi secara digital memberikan kemudahan bagi siapapun untuk mencari atau menyebarkan informasi. Salah satu bukti nyata dahsyatnya medsos terjadi di Karawang, dimana berawal dari salah seorang pemilik akun sosmed mengunggah sebuah tempat bekas galian tanah merah yang memiliki view indah layaknya sedang berada di gurun Sahara, yang akhirnya menjadi viral dan banyak dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata yang sedang viral di Karawang ini belum memiliki nama tetap, tapi dalam Google Maps tercantum namanya Tanah Putih Purwasari Karawang. Sebagian orang menyebutnya Tanah Putih Tamelang, karena lokasinya berada di Tamelang, atau lebih tepatnya lagi berada di dekat PT. Deanshoes, Desa Tamelang, Kec. Purwasari, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Pemberian nama Tanah Putih ini berasal dari bekas galian tanah merah yang sudah tidak digunakan lagi, kemudian berubah menjadi putih setelah sekian lama terkena sinar matahari. Hamparan tanah putih yang berbentuk lekukan seperti gelombang pasir di Gurun Sahara ini terlihat sangat indah dan banyak diminati wisatawan. 

Meskipun area wisata Tanah Putih ini berdebu, tapi tidak mengurangi niat pengunjung untuk datang dan mengabadikan penampakan alam yang indah dengan cara berfoto dan selfie ria. Background Tanah Putih yang indah sudah banyak menghiasi foto-foto di media sosial, dan memang terlihat seperti sedang berada disebuah gurun yang terkenal di dunia.

Wisata Tanah Putih ini belum dikelola secara khusus,  sehingga belum terdapat fasilitas apapun, tetapi untuk tempat parker sudah disediakan dan dikelola oleh Karang Taruna setempat, dengan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah. Untuk berwisata ke tempat ini disarankan pagi atau sore hari, karena apabila datang pada siang hari akan terasa sangat panas dan berdebu.  Satu lagi, jangan datang saat hujan atau setelah hujan, karena lokasi wisata yang tengah viral di Karawang ini akan berubah menjadi licin dan berlumpur, sehingga tanah yang tadinya putih akan berubah menjadi merah.

Blog, Updated at: 12:34 AM

0 komentar:

Post a Comment