Chinatown Bandung, Tempat Wisata dan Kuliner Ala Kampung Pecinan

Chinatown Bandung
Chinatown Bandung. 

Melakukan traveling ke Negeri Cina yang memiliki keunikan dalam adat dan budaya menjadi impian banyak orang. Namun untuk pergi ke negeri tirai bambu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Istilah berat di ongkos untuk pergi ke Negara pemilik budaya barongsay ini sudah tidak perlu dipikirkan lagi, karena untuk menikmati suasana ala Pecinan tidak perlu lagi pergi ke Cina, di Kota Bandung sudah ada tempat wisata Pecinan bernama Chinatown Bandung yang beralamat di Jln. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

Chinatown Bandung adalah sebuah tempat wisata dengan konsep kampung Pecinan. Seluruh pernak pernik dan bangunannya didesain mirip dengan Chinatown yang ada di Negara asalnya. Ruang dan bangunan serta aksesorisnya didominasi dengan warna merah dan kuning serta tulisan dengan meggunakan huruf Cina.

Saat pertama datang ke kawasan wisata pecinan ini akan menjumpai sebuah gedung yang terdapat tulisan Chinatown Bandung. Tempat wisata pecinan ini berdiri di atas lahan seluas 3000 meter persegi dan menempati sebuah bangunan eks kantor Perhimpunan Masyarakat Bandung (Permaba) yang sudah tidak digunakan lagi. Kemudian bangunan tersebut direnovasi menjadi sebuah tempat wisata yang memiliki nilai keragaman seni, adat, budaya, dan kuliner, sehingga terjadi kebhinekaan di kawasan wisata pecinan ini.  

Tepat di bagian depan bangunan berkonsep Tionghoa ini ada sebuah counter tiket. Untuk masuk ke Chinatown Bandung pengunjung harus membayar tiket masuk seharga 10 Ribu Rupiah(weekday) dan 20 Ribu Rupiah(Weekend) per orang. Selain mendapatkan selembar tiket masuk, wisatawan akan mendapatkan satu botol air mineral.

Setelah mendapatkan tiket masuk, pengunjung diarahkan masuk melalui pintu yang ada di sebelah kanan bangunan. Di situ ada petugas yang melakukan pemeriksaan tiket masuk. Ketika masuk melalui pintu gerbang tersebut, petugas akan memberitahu bahwa untuk berbelanja di dalam kawasan Chinatown tidak bisa menggunakan uang tunai. Pembayaran harus menggunakan debet. Tapi kalian tidak perlu khawatir, pengunjung yang tidak mempunyai debet/BCA Flazz, di  dalam ada stand yang menyediakan kartu debet dan sekaligus untuk top up.

Dua langkah sebelah kiri dari pintu masuk terdapat sebuah ruangan yang bertuliskan Bandung Chinatown Museum. Di dalam museum mini terdapat barang-barang antik khas Tionghoa tahun 80-an dari mulai guci bermotif tulisan Cina, baki bergambar naga hingga barongsay yang menghiasi sudut museum. Selain itu terdapat pula infografis yang menceritakan asal usul bangsa Tionghoa yang tertera di dinding museum.

Melangkah lebih dalam menyusuri area Chinatown Bandung dengan diiringi alunan musik khas Cina, terlihat banyak stand yang menjajakan berbagai macam akseoris dan kuliner seperti barang-barang khas Negara Cina, sewa kostum ala Tionghoa, hingga kuliner dengan berbagai varian yang siap memanjakan lidah dan perut kalian. Ada juga beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti panggung hiburan, tempat bermain anak, Mushola, toilet, dan bangunan berlantai dua untuk menikmati pemandangan. 

Di dalam kawasan wisata pecinan ini terdapat 77 kios yang berasal dari UMKM Kota Bandung yang isinya sangat beragam mulai dari aksesoris, rental fashion, kerajinan tangan, dan pernak pernik lainnya. Tidak hanya dapat menikmati wisata kampung pecinan dan kuliner, di Chinatown Bandung pengunjung dapat belajar dan mengenal lebih dekat tentang budaya etnies Tionghoa.

Rental Kostum Ala Tionghoa di Chinatown Bandung

Tempat rekreasi Chinatown Bandung akan terlihat sangat indah apabila berkunjung saat sore hari atau menjelang matahari terbenam. Lampu-lampu lampion yang berwarna-warni mulai dinyalakan, ditambah dengan background langit yang indah membuat tempat ini seperti benar-benar di Negara Tionghoa.

Bagi yang ingin telihat seperti di Chinatown yang sesungguhnya, pengunjung bisa sewa kostum ala Tionghoa di tempat rental kostum. Menggunakan pakaian khusus dan dirias seperti keturunan Tionghoa asli akan memberikan efek yang bagus di hasil foto. Spot foto paling digemari pengunjung di Chinatown Bandung adalah jembatan merah ala Pecinan.

Tidak hanya jembatan merah yang bisa dijadikan spot foto, di tempat wisata yang terletak tidak jauh dari Kelenteng Satya Budhi ini masih banyak spot selfie yang instagramable dan tentunya bisa dijadikan sebagai penghias akun sosial media Anda.

Kuliner Halal di Kampung Pecinan

Bagi kaum muslim yang akan menjajal kuliner di destinasi wisata Chinatown Bandung tidak perlu khawatir karena jajanan yang ada di tempat rekreasi ini dijamin halal. Penjual aneka kuliner yang berjualan semuanya berasal dari warga lokal, hanya cara penjualannya yang dikemas ala Pecinan.

Aneka kuliner yang ada di Chinatown ini menjadi tujuan favorit para wisatawan, baik turis lokal maupun Mancanegara. Seluruh tempat kuliner selalu dipadati oleh pembeli, apa lagi saat weekend tiba harus rela mengantri. 

Pulang dari obyek wisata khas Tioghoa rasanya kurang lengkap apabila tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga tersayang di rumah. Sebelum keluar dari kawasan wisata Chinatown Bandung, tepat di dekat pintu keluar ada sebuah stand yang khusus menjual aneka oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Alamat Chinatown Bandung :
Jln. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

Jam Buka :
Pukul 12.00-22.00 WIB (Weekday)
Pukul 12.00-00.00 WIB (Weekend)

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar