Mega Wisata Icakan, Tempat Rekreasi Terlengkap di Ciamis


Mega Wisata Icakan Ciamis
Mega Wisata Icakan Ciamis 

Mega Wisata Icakan, Tempat Rekreasi Terlengkap di Ciamis - Menjelajah kawasan wisata Ciamis sudah pasti langsung terbayang pantai Pangandaran yang sudah mendunia. Selain wisata pantai terdapat pula destinasi wisata untuk mengisi liburan bersama keluarga, yaitu Mega Wisata Icakan, yang beralamat di Dusun Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Mega Wisata Icakan adalah tempat wisata keluarga yang berada di kaki gunung Sawal, dengan danau buatan dan perbukitan yang berada di atas area hampir 70 hektare dan baru di gunakan sebanyak 30%. Obyek wisata ini memadukan konsep pemandangan alam yang indah nan hijau dengan wahana yang menegangkan. Icakan juga digadang-gadang sebagai tempat wisata pertama di Ciamis yang dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap dan luas. 

Kawasan wisata Icakan sangat cocok untuk yang ingin bersantai sambil menikmati segarnya udara pedesaan dengan pemandangan kebun pinus yang rindang dan taman-taman indah. Tempat rekreasi ini bisa dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga saat berlibur.

Selain lokasinya mudah dijngkau dan tidak terlalu jauh dari pusat kota, fasilitasnya pun tergolong lengkap seperti, area parkir yang luas, toilet yang bersih, tempat ibadah, tempat makan, taman-taman yang cantik, waterboom, sarana bermain anak, outbond, dan camping ground.

Berbagai Wahana di Mega Wisata Icakan

Berbagai wahana yang tersedia di Wisata Icakan Ciamis menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Para wisatawan dapat menikmati wahana yang menyenangkan seperti, bermain air, menikmati pemandangan indah atau mencoba wahana yang menegangkan dan memacu adrenalin.

Danau Icakan (Situ buatan)
Di danau ini pengunjung bisa naik perahu atau sepeda air mengelilingi danau bersama keluarga. Tepat di atas danau melintang jalur flying fox yang cukup panjang dan tinggi.

Waterboom Icakan
Wahana yang paling banyak diminati oleh wisatawan adalah waterboom, karena kurang lengkap apabila tempat bermain air tanpa memiliki wahana ini.

Khusus untuk wahana Waterboom, Minggu s/d Jum'at yang di perbolehkan masuk hanya Perempuan, dan Sabtu hanya untuk Laki-laki. Kecuali anak berumur dibawah 9 tahun, laki-laki dan perempuan boleh masuk. Untuk anak di atas  9 tahun sudah terkena pemisahan jadwal.

Menara Diamond
Ini adalah maskot dari objek wisata Icakan itu sendiri. Awalnya maskot tersebut berbentuk kingkong dan telah diubah menjadi Menara Diamond berwarna biru berukuran besar.

Masjid Agung Icakan
Kemewahan arsitek Masjid yang terletak di atas bukit Icakan, membuat kawasan wisata ini semakin memesona. Masjid Icakan dibangun dengan konsep Kubah yang dapat di buka dan dapat terlihat dari segala arah.

Taman Pines
Pohon Pines/pinus yang tumbuh di atas danau Icakan terlihat indah, di sekitarnya terdapat saung bambu lesehan yang bisa kalian gunakan untuk menikmati keindahan dan keasrian taman pines.

Kereta Wisata
Pengunjung akan diajak berkeliling kawasan wisata Icakan dengan menaiki kereta wisata Icakan.

Bazar Icakan
Di lokasi wisata terdapat pula sebuah bazaar untuk berburu barang-barang unik dan merchandise yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Kolam Ombak
Icakan memberikan tampilan yang berbeda dengan adanya kolam ombak yang didesain mirip pantai. Wisatawan dapat bermain dan menikmati tarian ombak menggunakan Ban.

Ikan KOI
Dengan adanya danau icakan yang terisi ribuan ikan koi, tamu wisata dapat memberikan pakan ikan sambil menikmati pemandangan ikan koi berwarna warni yang sedang berebut makanan.

Terapi Ikan
Setelah puas menjajal wahana, pengunjung dapat mencoba terapi ikan yang selama ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun jangan kaget, karena rasa geli akan langsung terasa ketika ikan-ikan kecil dengan jumlah banyak akan megerubungi dan mengigit kaki.

Taman Air
Bahagiakan si kecil dengan bermain di taman air Icakan. Wahana yang mengusung konsep taman bermain ini membuat kalian dan si kecil betah untuk berlama-lama main di air.

Flying FOX
Wahana ini merupakan fasilitas yang memacu adrenalin, saat menjajal flying Fox ini kalian akan bergelantungan di udara melintasi taman pines dan danau Icakan.

Monster RAT
Roller Coaster yang diberi nama Monster Rat ini siap membuat jantung pengunjung berdebar kencang.

Saung Bambu
Tempat wisata andalan Ciamis ini memiliki banyak Saung bambu atau gazebo yang dapat dipergunakan untuk berkumpul bersama keluarga sambil menikmati pesona Icakan yang menawan.

Pondok LG
Pondok LG dibangun di atas danau Icakan dan dapat digunakan untuk bermalam dan bisa memancing di sana. Ikan hasil pancingan dapat langsung dimasak sendiri.

Bebek Air (becak air)
Dengan menaiki becak air ini, pengunjung dapat mengarungi danau Icakan sambil melihat panorama alam yang menawan.

Taman Burung
Taman burung ini hadir untuk melengkapi keindahan Mega Wisata Icakan dengan suasana alam yang sejuk sambil mendengarkan kicauan burung yang merdu.

Harga Tiket Masuk Mega Wisata Icakan
Harga tiket masuk Icakan Ciamis tergolong murah, saat masuk gerbang utama, pengunjung cukup membayar lima ribu Rupiah per orang. Untuk tarif parkir motor Rp 2.000 dan Mobil Rp 5.000. 

Apabila ingin menggunakan wahana lain, pengunjung harus membayar lagi. Berikut tarif masuk wahana Mega Wisata Icakan :

– Kolam Renang (Waterboom, Kolam Ombak, Kolam Arus) Rp 25.000/orang
– Perahu Rp 10.000/orang
– Flying Fox Rp 20.000/orang
– Roller Coster 25.000/orang
– Kereta Api Rp 10.000/orang
– Mobil Kucing Rp 10.000/orang
– Ban Rp 15.000 (single), Rp 25.000,00 (double)
– Loker Rp 10.000/kotak

Tarif di atas bisa berubah sewaktu-waktu.  

Rute menuju objek wisata Icakan 

Patokan utama untuk menuju Icakan adalah Alun-alun Ciamis. Dari Alun-alun ada 2 jalan alternatif, yaitu masuk melalui Jln. Saguling atau mnggunakan Jln. Alinayin. 

Jarak tempuh dari pusat Alun-alun ke Icakan kurang lebih 10 Km. Dari Alun-alun perjalanan dilanjutkan sampai menemukan Jalan utama menuju Icakan. Jika kalian menggunakan kendaraan umum dapat mengunakan Angkot 016, jurusan Jalatrang-Ciamis.

Baca juga Santa Sea Theme Park Sukabumi

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar