Curug Nangsi, air terjun 3 in 1 di Sukabumi

Curug Nangsi 3 in 1

Curug Nangsi, air terjun 3 in 1 di Sukabumi  - Menjelajah kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi seakan tidak pernah ada habisnya karena terus bermunculan tempat-tempat yang memiliki nilai wisata. Sebagian besar objek wisata di kawasan Geopark Ciletuh berada di hutan dan sungai.

Banyak terdapat air terjun dengan bentuk dan keindahan yang bervariasi. Salah satunya adalah Curug Nangsi 3 in 1 yang secara administrasi berada di Kampung Lebak Nangsi, Desa Sukamukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Air terjun ini diberi nama Curug Nangsi 3 in 1 karena dalam satu kawasan, yaitu Kp. Lebak Nangsi. Ada tiga air terjun dengan jarak yang berdekatan di kawasan wisata ini. Ketiga air terjun tersebut terdiri dari Curug Cibenda, Curug Cikupa dan Curug Nangsi.

Kawasan wisata alam Curug Nangsi tidak terlalu jauh dari jalan Nasional, hanya sekitar 1,5 Km. Tapi, medan jalan cukup terjal dan belum beraspal. Bagi wisatawan yang akan berkunjung disarankan menggunakan kendaraan offroad.

Untuk pengujung yang menggunakan roda 4, tersedia area parkir khusus. Sedangkan wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan roda 2, bisa menitipkan kendaraan di halaman rumah warga. Dari perumahan warga tersebut perjalanan menuju Curug Nangsi dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dan pematang sawah. 

Sepanjang perjalanan akan terlihat hamparan sawah yang berundak membentuk alur-alur yang meliuk indah. Jika kalian melintas di kawasan pesawahan saat musim tanam akan terlihat hamparan padi yang menghijau yang terlihat lebih indah dan menakjubkan.

Curug Cibenda 
Setelah melintasi pematang sawah dan sungai, air terjun yang pertama kali ditemukan adalah Curug Cibenda, dengan ketinggian air terjun sekitar kurang lebih 30 Meter. 

Curug Cikupa 
Air terjun yang kedua yaitu Curug Cikupa, dengan ketinggian tebing sedikit lebih rendah bila dibandingkan dengan Curug Cibenda, yaitu sekitar urang lebih 25 Meter. 

Curug Nangsi 
Penelusuran air terjun 3 in 1 ini berakhir di air terjun utama, yaitu Curug Nangsi. Curug ini merupakan air terjun paling tinggi dan paling besar jika dibandingkan dengan kedua air tejun tadi. Air terjun yang berada dalam aliran Sungai Cikarang ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 Meter.

Lokasi  ketiga air terjun ini berada dalam satu kawasan yang masih asri. Airnya sangat jernih, udara di sekitarnya terasa sejuk, dan pemandangan indah memanjakan mata.

Selain faktor alamnya yang indah, keramahan penduduk setempat membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah. Apa lagi sajian kuliner buatan warga kampung ini harganya relatif murah dan rasanya  enak. Sebaiknya kalian jangan melewatkan kuliner produk lokal ini.

Kehidupan masyarakat setempat yang sederhana menciptakan nuansa pedesaan yang sangat kental. Ketenangan akan terasa saat berada di kampung Lebak Nangsi ini. Di tempat ini sangat cocok untuk melepaskan pikiran yang penat akibat sesaknya kehidupan perkotaan.

Selamat berkunjung dan jangan lupa siapkan perbekalan yang cukup serta membawa kendaraan yang kondisinya prima.

Baca juga   Wisata Alam Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar