The Lodge Maribaya, Wisata Outdoor dan Ekstrem Foto Spot

Camping ground The Lodge Maribaya
Camping ground The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya Wisata Outdoor dan Ekstrem Foto Spot - Mengisi hari libur dengan berwisata merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Begitu banyak pilihan objek wisata untuk berlibur, salah satunya adalah The Lodge Maribaya yang berada di Jln. Maribaya No. 149/252, Kp. Babakan Gentong, Desa Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.


The Lodge Maribaya adalah objek wisata outdoor di lereng bukit yang berseberangan dengan pegunungan yang masih termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda Bandung.

Tahura Juanda terkenal dengan hutannya yang masih hijau dan sejuk. Tidak heran apabila seluruh area hutan memiliki daya tarik bagi para wisatawan.  

Destinasi wisata yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama The Lodge Earthbound & Adventure Park ini di dalamnya terdapat fasilitas Camping ground dengan konsep real camping, team building area, Fun Game, Paint Ball, Offroad Landrover dan aktivitas outdoor seperti panahan dan trecking hutan pinus yang indah dan sejuk. 

Camping Ground The Lodge Maribaya

Berada di alam terbuka dengan hutan yang indah akan lebih cocok bila sambil camping bersama keluarga atau sahabat. The Lodge Maribaya memiliki fasilitas camping unik dengan menyediakan 25 buah tenda permanen berwarna orange.

Dengan memilih fasilitas ini pengunjung akan mendapatkan full aktivitas seperti panahan, trecking, dan mendapat free akses ke area loby lounge yang terpisah dari tamu reguler. Fasilitas yang disediakan di dalam tenda juga cukup lengkap di antaranya kasur, bantal, selimut, sleeping bag, dan disediakan pula perlengkapan untuk mandi seperti,sabun, sampo, dan handuk.

Ekstrem Spot Foto di The Lodge Maribaya 

Sarana rekreasi terbuka yang ada di kawasan tebing hutan pinus ini memilki banyak spot foto yang indah. Hijaunya alam pegunungan dan hutan pinus Tahura merupakan background yang sangat bagus untuk berfoto.

Di setiap sudut objek wisata ini pemandangannya indah. Cocok banget untuk mengabadikan momen wisata di alam terbuka yang indah ini. Selain spot foto unik dan indah, ada juga tempat berfoto minat khusus yaitu ekstrem spot foto yang memacu adrenalin seperti Sky Tree, Bamboo Sky, Zip Bike, dan Mountain Swing.


Sky Tree
Sky Tree
Foto by : The Lodge Maibaya 

Sky Tree
Sky Tree adalah spot foto di atas pohon yang memiliki lantai terbuat dari papan dengan pemandangan pegunungan dan  hutan pinus yang ada di kawasan Tahura Juanda. Berada di atas Sky Tree ini pengunjung aka merasakan sensasi yang memacu adrenalin. 

Untuk berfoto di sini biasanya diarahkan Fotografer untuk mengambil posisi duduk di pinggir lantai papan dengan kaki terjuntai kebawah dan beberapa pose lainnya. Untuk yang tidak terbiasa dengan ketinggian sudah pasti akan gemetar ketakutan. Tapi di situlah sensasi yang disebut memacu adrenalin.


Bamboo Sky
Bamboo Sky

Bamboo Sky
Nah untuk wahana yang satu ini terlihat lebih unik karena bangunannya terbuat dari bambu yang dibentuk menjadi sebuah menara. Bentuk menara bambu ini sangat unik, bagian bawah meiliki ukuran ligkaran yang lebih kecil dan semakin atas semakin besar, bahkan bagian puncaknya lebih lebar lagi.

Konsep bangunan menara ini ternyata diaplikasikan juga dalam dua buah tiang atap teras office The Lodge Maribaya. Untuk berfoto di atas tower bambu ini tidak jauh berbeda dengan berfoto di wahana Sky Tree.

Zip Bike
Zip Bike 

Zip Bike

Spot foto yang satu ini bereda dengan wahana Sky Tree dan Bamboo Sky karena Zip Bike menggunakan sepeda yang digantung di seutas tali baja. Bagian roda sepeda menapak di tali baja bagian bawah. 

Pengunjung yang akan menjajal wahana ini harus benar-benar mempunyai nyali karena harus mengayuh sepeda setinggi 10 meter. Setelah mengayuh sepeda, kalian akan berhenti di tengah-tengah lintasan tali. Di situ kalian akan diminta untuk berpose oleh Fotografer.

Di sini saat-saat paling mendebarkan, petugas yang memegang kamera dengan lensa telezoom ini meminta untuk melepaskan tangan dari stang sepeda dan berpose dengan tangan terbuka. Lirik kanan, lirik kiri, kaki diangkat sebelah dan gaya bebas.

Untuk kembali ke tempat start awal, sepeda tersebut ditarik menggunakan tambang oleh petugas.


Mountain Swing
Mountain Swing

Mountain Swing

Tempat berfoto yang terakhir adalah sebuah ayunan besar yang tergantung di tiang besi besar. Tiang besi tersebut dapat beputar 180 derajat sehingga kalian dapat diarahkan ke atas lereng yang lebih curam.

Di atas jurang tersebut merupakan spot foto yang sangat menegangkan. Namun pmandangannya luar biasa indah. Berpose di Mountain Swing ini bisa dilakukan dengan menjuntaikan kaki sebelah, bersandar di tali ayunan, condong ke belakang atau ke depan, miring kiri dan kanan, atau gaya bebas sesuai kemampuan.    

Dari keempat wahana tersebut memiliki view foto yang berbeda. Tapi semuanya dijamin aman karena semua pengunjung yang akan menjajal wahana ini diwajibkan memakai harness yang dikaitkan ke tali pengaman. Selain itu, setiap wahana yang ada di The Lodge Maribaya ini dijaga dan dipandu oleh petugas yang berpengalaman.

Restoran dan Cafe di The Lodge Maribaya

Fasilitas lain yang tersedia di destinasi wisata yang dikelola oleh Heni Nurhaeni Smith ini memiliki dua tempat makan yang terdiri dari Dapur Hawu Sundanese Restaurant dan The Pines Café.

Dapur Hawu Sundanese Restaurant menyediakan menu masakan khas Sunda yang disajikan dalam bentuk perasmanan. Nuansa Sunda terasa lebih kental di resatoran ini karena diiringi sayup-sayup alunan musik Sunda. Kalian bisa merasakan indahnya nuansa pedesaan dengan pemandangan tebing hutan pinus.


Bagi pengunjung objek wisata The Lodge Maribaya yang ingin menikmati menu makanan yang lebih moderen bisa singgah di The Pines Café yang letaknya tidak jauh dari Dapur Hawu Resaurant.


Tempat makan yang satu ini diberi nama The Pines Café karena berdekatan dengan hutan pinus dan spot foto Sky tree. Menu unggulan di café ini adalah kopi premium dengan harga yang terjangkau. Khusus di café ini diiringi dengan alunan musik pop. Cocok banget bagi pasangan remaja yang suka dengan nuansa romantis.


Tips Berkunjung ke The Lodge Maribaya

Untuk pengunjung yang akan berwisata ke The Lodge Maribaya sebaiknya menghindari kemacetan karena, akses jalan ke destinasi wisata ini kerap dipadati oleh pengunjung.

Selain menghindari macet, usahakan datang lebih pagi untuk menghindari antrean di wahana atau spot foto. Persiapkan fisik yang sehat karena di area wisata medannya naik turun dan berundak. Jangan lupa membawa payung dan jaket untuk menghindari perubahan cuaca di alam terbuka.

Rute Menuju The Lodge Maribaya

Bagi kalian yang akan berkunjung ke objek wisata The Lodge Maribaya dapat memilih rute sebagai berikut:

Untuk yang datang dari arah Subang, setelah tiba di pertiagaan Lembang, langsung belok kiri ke arah Maribaya. Ikuti terus jalur tersebut hingga melintasi Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall dan perjalanan dilanjutkan ke arah Cibodas dengan jarak tempuh 5 Km. Setelah tiba di Cibodas ada petunjuk arah ke kanan, ikuti jalan tersebut sejauh 500meter, maka tiba lah di lokasi tujuan.

Sementara untuk pengunjung yang datang dari arah Bandung, dapat menggunakan jalur Jln. Setiabudhi - Ledeng Lembang dan langsung menuju Maribaya. Atau bisa juga menggunakan jalur Jln.Ir. H. Juanda(Dago) - Dago Giri - Cikidang Lembang - Maribaya - Cibodas - The Lodge Maribaya.


Baca juga Curug Cikiwul Parangkongan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar