Pemandian air panas Cibolang Pangalengan

Posted by

Pemandian air panas Cibolang Pangalengan
Pemandian air panas Cibolang Pangalengan 
Kawasan Bandung Selatan terkenal dengan Objek wisatanya, dari mulai air terjun atau curug, situ atau danau, perkebunan teh, hingga pemandian air panas. Salah satu pemandian air panas yang ada di Kawasan Bandung bagian Selatan ini bernama pemandian air panas Cibolang atau dikenal juga dengan sebutan Cibolang Hot Spring yang terletak di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pagalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Selama perjalanan menuju ke Cibolang akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan, yaitu hamparan perkebunan teh Malabar yang luas layaknya karpet alami yang menyelimuti perbukitan. Indahnya perkebunan teh dengan alur-alur yang berkelok dan lekukan naik turun perbukitan akan menyegarkan penglihatan. Lokasi perkebunan teh yang berada diketinggian 1.450 meter diatas permukaan laut mengakibatkan suhu udara di tempat ini terasa dingin dan menyejukan badan, dengan kisaran suhu antara 23 hingga 25 derajat celcius. 

Selain menikmati indahnya hamparan perkebunan teh, selama perjalanan menuju pemandian air panas Cibolang juga akan melintasi bangunan tua yang memiliki nilai sejarah, yaitu bagunan peninggalan zaman penjajahan Belanda dan terdapat pula pohon-pohon tua yang berjajar disepanjang jalan dengan daunnya yang rimbun serta meneteskan air embun.

Pemandian air panas Cibolang ini mendapatkan suplai aliran air panas dari Gunung Wayang Windu dan berada dalam area seluas dua Hektar dengan dikelilingi pepohonan yang rindang. Keberadaanya pun sudah sangat lama, yaitu sejak tahun 1985, namun pada saat itu hanya berbentuk kamar rendam atau kamar mandi tertutup. Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini maka pada tahun 1987 dibagun kolam renang yang pertama, dimana kolam ini bisa digunakan oleh anak-anak dan dewasa, karena memiliki kedalaman yang berbeda dan sebagai pemisah antara tempat untuk anak-anak dengan orang dewasa, maka dipasang tambang pembatas. 

Pada tahun 1990 pihak pengelola pemandian air panas Cibolang terus berbenah untuk menarik minat pengunjung dengan cara membangun kolam renang tambahan, dengan ukuran yang lebih luas. Meskipun kolam ini ukurannya luas dan temboknya lumayan tinggi, tapi airnya tidak diisi penuh, karena kolam ini sengaja disediakan untuk anak-anak. Dalam kolam kedua ini airnya pun tidak terlalu panas apa bila dibandingkan dengan kolam yang pertama. Sebagai fasilitas pelengkap di kolam ini terdapat sebuah waterboom (tempat seluncuran/perosotan) dan ember tumpah.

Terdapat pula sebuah kamar dan kolam rendam yang lebih bersih dengan suhu air lebih panas, untuk masuk ke kamar rendam ini tentunya pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000.,- dan waktu berendam pun dibatasi hanya selama 30 menit. Sebagai fasilitas pelengkap disediakan pula kamar ganti, kamar mandi, tempat bilas, Mushola, toilet, shelter, tempat sewa perlengkapan renang dan lainnya. 

Khasiat air panas Cibolang Pangalengan
Masyarakat setempat serta pengunjung lainnya mempercayai bahwa air belerang yang ada di Cibolang ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, dan salah satunya adalah gatal-gatal. Selain dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, air pemandian air panas ini dipercaya juga dapat menyembuhkan penyakit pegal-pegal, susah tidur(insomnia), rematik dan encok. 

Lokasi wisata ini semakin hari semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun luar daerah, karena suasananya yang tenang dan nyaman, pemandangannya pun sangat indah dan sesekali bisa mendengarkan kicauan burung, keunggulan lain dari pemadian air panas ini yaitu lokasinya yang strategis berdekatan dengan objek wisata lainnya, diantaranya rumah peninggalan Boscha, makam Boscha, situ Cisanti, Situ Cileunca, perkebunan teh Malabar, Helipad, Tangga seribu PLTA Lamajang dan banyak lagi tempat lainnya.

Oleh-oleh Khas Pangalengan
Berpetualang dikawasan Pangalengan tidak lengkap apabila pulang tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah, karena daerah bagian Kabupaten Bandung ini memiliki beberapa makanan khas yang jarang dijumpai di tempat lain, diantaranya yang paling terkenal adalah susu murni KPBS, Karamel, dodol susu, keripik kentang, kerupuk susu dan lainnya. Selain makanan kulinernya, Pangalengan pun terkenal dengan sayur mayurnya yang memilki kualitas bagus, diantaranya, kentang, kol, wortel, lobak, tomat, labu serta sayuran lainnya.

Rute menuju lokasi pemandian air panas Cibolang Pangalengan
Untuk yang baru pertama kali mau berkunjung ke lokasi wisata pemandian air panas Cibolang bisa memilih rute sebagai berikut, pengunjung yang berasal dari luar Bandung bisa langsung menuju Soreang dilanjut menuju Banjaran, setelah tiba di pertigaan Banjaran, ambil kanan ke arah Pangalengan. Setelah tiba di Kecamatan Pangalengan akan menemukan pertigaan, dari pertigaan ambil kiri dan jalan terus sampai menemukan gerbang atau pintu perkebunan teh Malabar, dari pintu ambil kiri lagi mengikuti alur jalan hingga menemukan plang petunjuk masuk ke kawasan Cibolang, ketika menemukan plang tersebut belok kiri masuk melintasi jalan berbatu dan tiba lah di lokasi tujuan. Perjalanan Soreang ke Pangalengan kurang lebih satu jam dam kecepatan normal, namun apabila musim libur waktu tempuh akan lebih lama lagi, karena kondisi lalulintas menuju lokasi wisata biasanya meningkat signifikan.

Baca juga artikel tentang Curug Panganten Sukabumi


Blog, Updated at: 2:35 AM

2 komentar:

  1. Boleh lah nanti kesitu,mau berendem nyembuhin penyakit😄😄

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete