Curug Panganten Sukabumi

Curug Panganten Sukabumi
Curug Panganten Sukabumi 

Masih dalam kawasan Geopark Ciletuh, Palabuhan Ratu, yang namanya sudah mulai dikenal di dunia, ada air terjun yang indah dan menakjubkan yaitu Curug Panganten yang berlokasi di Jln. Pasirangin, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Di kawasan wisata ini ada sepasang air terjun dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Karena air terjun tersebut berpasangan maka diberi nama Curug Paganten (air terjun pengantin).

Curug utama memiliki ukuran lebih besar serta lebih tinggi dan terdiri dari tiga undakan. Di bawahnya juga ada teras undakan dan debit airnya lebih besar. Sedangkan air terjun yang kedua ukurannya lebih kecil dan hanya memiliki dua undakan.

Lekukan dari undakan permukaan air terjun nampak indah dengan kondisi air yang masih jernih dan dingin karena belum tercemari oleh kotoran atau limbah. Suasana di sekeliling curug tampak hijau dengan tumbuhan. Di tebing sebelah kanan dan kiri Curug Panganten ini ditumbuhi dengan pepohonan rindang.

Sedangkan tebing sebelah kanan yang berdekatan dengan curug kedua ditumbuhi rerumputan. Permukaannya terlihat laksana permadani yang membalut tebing. Keunikan ini tidak akan ditemukan di tempat air terjun lain. Bentuk bebatuan yang ada di kawasan curug tampak lebih halus dengan warna sedikit kecoklatan.

Di bawah tumpahan air terjun bisa dipakai untuk mandi, meskipun tidak ada kolam penampung air yang dapat digunakan untuk berenang. Mandi di bawah aliran air yang mengalir dan tumpah dari atas tebing ini tubuh kita akan terasa lebih segar. Rasa lelah yang dirasakan akibat perjalanan menuju objek wisata ini akan terbasuh sudah dengan kesegaran air yang sejuk.

Suasana tenang di lokasi objek wisata Curug Panganten terasa memulihkan kinerja otak kita setelah selama ini melakukan aktivitas sehari-hari yang menguras tenaga serta pikiran. Terapi alam yang positif akan didapatkan saat berkunjung ke tempat yang indah ini.

Rute Jalan Menuju Curug Panganten Sukabumi

Belum terdapat fasilitas khusus yang disediakan di kawasan wisata Curug Panganten. Buat kalian yang akan berkunjung ke Objek wisata ini harap menyediakan segala sesuatunya, termasuk perbekalan.

Rute yang dapat ditempuh untuk bisa berwisata ke Curug Panganten adalah sebagai berikut:

Tujuan pertama adalah pusat kota Sukabumi, kemudian dilanjutkan menuju ke Kecamatan Ciemas dengan menggunakan Jln. Palabuhanratu – Jln. Pal tilu Ciemas – Jln. Ciemas Cirambutan – Jln. Cimanggu – Jln.Cibinong – Jln. Ciemas Taman jaya, dan Jln. Pasirangin.

Setelah tiba di Jln. Pasirangin dilanjutkan menuju Desa Mekarjaya. Di situ bisa bertanya kepada warga tentang lokasi Curug panganten. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak hingga tiba di lokasi Curug Panganten Sukabumi.

Baca juga artikel tentang Curug Banteng Jampang Kulon Sukabumi

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar