Curug Banteng Jampang Kulon Sukabumi

Curug Banteng Jampang Kulon Sukabumi
Curug Banteng Jampang Kulon Sukabumi 

Curug Banteng Jampang Kulon Sukabumi - Membahas destinasi wisata alam dalam bentuk air terjun seolah tidak pernah bosan karena di setiap lokasi wisata air terjun terdapat keunikan masing-masing dengan nuansa alam yang berbeda. Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu tempat yang kaya akan lokasi wisata curug di antaranya Curug Cimarinjung, Curug Luhur atau biasa juga disebut Curug Cikaso, dan Curug Sawer.

Salah satu potensi wisata alam yang masih belum begitu dikenal masyarakat luas dan cocok untuk dijadikan referensi untuk menghabiskan waktu libur adalah Curug Banteng yang berada di Kampung Cipanengkas, Desa Bojongsari, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Curug Banteng memiliki Keunikan tersendiri yang akan membuat wisatawan merasa betah dan nyaman saat berkunjung. Curug ini memiliki tinggi sekitar delapan meter dengan permukaan tebing sedikit lebih landai dan berundak. Keunikan air terjun ini adalah bentuknya yang sangat lebar yaitu 80 meter, dengan bagian tengah sedikit menekuk membentuk bumerang yang terlihat melengkung. 

Ketika debit air dalam kondisi kecil, bebatuan yang membentuk tebing curug akan terlihat jelas. Namun saat debit air besar, seluruh dinding batu akan tertutup dengan air dan akan terlihat lebih indah.

Tepat berada di bawah tumpahan air terjun ada sebuah kolam alami dengan ukuran besar yang dapat digunakan untuk berenang. Permukaan air di kolam ini tidak terlalu dalam dan aman jika digunakan untuk bermain air.

Suasana di sekitar Curug Banteng terasa lebih sejuk karena di sekelilingnya banyak pohon dan ada tebing yang menjulang tinggi. Bebatuan yang tergerus air bentuknya terlihat unik. Bahkan ada yang bilang bentuknya menyerupai hewan. Ada juga cekungan-cekungan kecil yang dapat digunakan untuk berendam sambil menikmati suasana alam yang indah. 

Objek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta untuk melepas kepenatan sambil menikmati indahnya kebersamaan. Di sini pengujung bisa menikmati keindahan air terjun, berenang bersama, makan bersama.

Beberapa faslitas di kawasan Curug Banteng sedang dalam pengembangan oleh masyarakat dan pemuda desa sekitar. Mereka bekerjasama membangun gapura, menyiapkan spot untuk berfoto, dan sudah mulai bermunculan penjual jajanan di sekitar lokasi masuk air terjun.

Rute Jalan Menuju Curug Banteng

Akses menuju lokasi wisata alam Curug Banteng sebagian sudah beraspal dan sebagian lagi masih berbatu dan bisa dilalui oleh kendaraan pribadi, baik kendaraan roda empat, maupun roda dua.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dapat memilih rute dari pusat Kota Sukabumi langsung menuju ke arah Jampang Tengah – Lengkong - Waluran - Jampang Kulon - Pasar Cinagen. 

Setelah tiba di Pasar Cinagen, belok kiri ke arah Desa Bojongsari, dilanjut masuk ke Kampung Cipanengkas. Dari kampung tersebut kalian bisa bertanya kepada warga setempat tentang lokasi Curug Banteng.

Setelah menemukan tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 400 meter melewati gapura masuk lokasi wisata dan berikutnya melintasi hamparan pesawahan hingga tiba dilokasi Curug Banteng.

Baca juga artikel tentang Curug Kaca Jampang Kulon Sukabumi

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar