Talaga Remis Kuningan, Menyimpan Cerita Indah Romantis

Talaga Remis Kuningan
Talaga Remis Kuningan

Talaga Remis Kuningan Cerita Indah Romantis - Kabupaten Kuningan adalah kota kecil yang memiliki banyak tempat wisata alah. Jauh di sudut Kota tepatnya di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kunigan, Jawa Barat, terdapat sebuah danau bernama Talaga Remis.

Nama tempat wisata ini berasal dari dua suku kata, yaitu kata talaga dalam bahasa Sunda yang memiliki arti telaga, sedangkan untuk kata remis adalah kerang kecil berwarna kuning.

Kerang ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan rasanya mirip dengan daging ayam, tapi sedikit lebih gurih. Di telaga ini juga dihuni berbagai macam jenis ikan seperti ikan mas, mujaer, dan udang.

Telaga yang berada di kawasan kaki gunung Ciremai ini berjarak kurang lebih 37 km dari pusat kota Kuningan. Perpaduan hutan dan danau menciptakan suasana nyaman dan sejuk.

Di sekeliling telaga terdapat hamparan hutan dengan luas kurang lebih 13 Ha yang terdiri dari berbagai macam pepohonan dan tumbuhan. Di area danau didominasi dengan kebun pinus yang hijau dan memanjakan mata. 

Nama Talaga Remis tidak asing bagi penduduk Jawa Barat karena tempat ini pernah dijadikan lagu Sunda yang berjudul “Talaga Remis”. Saat itu lagu tersebut booming dan hampir semua orang hapal liriknya.

Permukaan air danau yang hijau dan jernih terhampar luas sekitar kurang lebih 3,2 hektare. Tempat wisata ini sudah dikelola penuh oleh Perum Kehutanan Kab. Kuningan dan ada bagian khusus yang melakukan perawatan. 

Fasilitas Talaga Remis Kuningan

Jangan ragu untuk berkunjung ke tempat wisata Talaga Remis karena sudah tersedia fasilitas pendukung yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola. Dari mulai Perahu motor, Perahu berbentuk angsa, jembatan untuk menyebrangi telaga, tempat parkir, mushola, tempat duduk, warung, toilet, papan petunjuk, tempat sampah, dan saung untuk beristirahat atau botram bersama keluarga.

Pengunjung dapat menggunakan jasa sewa perahu untuk menikmati dan merasakan keindahan alam di tengah hamparan air sambil mengelelingi seluruh area telaga. Bagi pengunjung yang tidak berani menggunakan perahu, telah disediakan trek untuk jalan kaki mengelilingi pinggiran telaga.

Perpaduan alam, air, dan hutan menjadikan tempat wisata ini cocok untuk melepas penat akibat aktivitas kerja yang padat. Suasana sejuk memberikan rasa tenang dan nyaman. Berinteraksi dengan alam yang sejuk akan memberikan efek positif bagi tubuh manusia.

Untuk peta lokasi Talaga Remis klik Disini.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar