Curug Cipurut Purwakarta di kaki Gunung Burangrang

Curug Cipurut Purwakarta
Curug Cipurut Purwakarta

Curug Cipurut Purwakarta di kaki gunung Burangrang 
- Kabupaten Purwakarta banyak memiliki tempat wisata yang beragam dan memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu tempat yang menjadi ikon wisata Purwakarta adalah Curug Cipurut yang berada di kawasan cagar alam kaki gunung Burangrang. Lebih tepatnya ada di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Pesona alam yang disuguhkan di tempat wisata curug Cipurut menjanjikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan. Kondisi alam yang masih alami menjadikan tempat ini memiliki daya tarik yang luar biasa.

Air terjun dengan ketinggian 25 meter ini dikelola oleh pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I. Sementara untuk pengelolaan dilapangan dibantu oleh warga Desa Sumurugul dan Desa Wanayasa.

Wisatawan yang datang ke Curug yang ada di kaki gunung Burangrang ini dapat menikmati keidahan air terjun secara langsung dan bisa merasakan cipratan air yang turun dari atas tebing.

Keunikan yang dimiliki air terjun ini adalah selain kondisinya yang masih alami,  air terjunnya tidak langsung jatuh ke bawah karena tebingnya berundak. Sebelum jatuh ke dasar curug, air membentur undakan tebing terlebih dahulu.

Pengunjung yang berdiri dengan jarak lima meter dari lokasi air terjun akan terkena cipratan air. Kalau debit air dalam kondisi deras, cipratannya akan semakin luas dan berembun.

Rute menuju curug Cipurut 

Rute yang harus ditempuh untuk menuju lokasi tempat wisata alam yang eksotis ini adalah dari Kabupaten Purwakarta. Kabupaten yang terkenal dengan makanan kuliner sate Marangginya ini menjadi patokan utama.

Dari Purwakarta perjalanan dilanjutkan menuju Wanayasa dengan jarak kurang lebih 25 Kilo meter. Setelah itu dilanjutkan menuju Kecamatan Bojong dengan jarak 500 meter dari Wanayasa. Kemudian dilanjutkan menuju Desa Sumurugul dengan jarak 1,5 Kilo meter dengan medan jalan yang sempit hanya cukup untuk satu mobil. Setelah tiba di Desa Sumurugul terdapat tempat parkir di wilayah perumahan warga.

Di perumahan warga menjadi titik akhir menggunakan kendaraan. Untuk melanjutkan perjalanan berikutnya ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menanjak dengan jarak 500 meter dari lokasi parkir kendaraan.

Perjalanan sedikit menguras tenaga karena medan jalan yang sedikit menanjak menyusuri perkebunan teh yang sejuk. Di pertengahan jalan ada tempat untuk beristirahat bagi yang merasa kelelahan. 

Sebelum masuk lokasi air terjun terdapat Pos penarikan tiket masuk dan warung yang menyediakan makanan dan minuman instan. Dari pos perjalanan dilanjutkan sekitar 50 meter menuju lokasi Curug Cipurut .

Selain air terjun utama, ada dua air terjun mini yang landai, bentuknya mirip tempat perosotan atau seluncur anak. Di tempat wisata Curug Cipurut ini pengunjung bisa bermain air dan seluncuran di sungai, makan hidangan instan, dan camping.

Bagi yang akan berkunjung ke Curug Cipurut disarankan saat hari libur karena hari – hari biasa tempat ini sepi dan nggak penjual makanan atau warung. Selamat berkunjung, jagalah kelestarian alam dan jangan buang sampah sembarangan !

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar