Curug Parakan Panjang Subang

Curug Parakan Panjang
Curug Parakan Panjang

Curug Parakan Panjang Subang - Jauh di sisi selatan Kabupaten Kuningan terdapat sebuah tempat yang masih dikelilingi perkebunan dan hutan hijau. Desa Subang, ya desa ini sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat di segala bidang, baik dari segi perekonomian, pendidikan,pembangunan. 

Desa Subang juga tidak kalah maju dalam segi pengelolaan tempat wisata. Beberapa tahun lalu desa ini berhasil membangun fasilitas pemandian air panas yang bernama Cipanas Subang. 

Saat ini Desa yang terkenal dengan makanan khas wajit Subang banyak diburu para pecinta wisata alam dan fotografi karena banyak warga lokal yang meng upload foto-foto curug Parakan Panjang.

Awalnya tempat ini tidak diketahui masyarakat luar. Hanya warga setempat yang mengetahuinya. Dari struktur wilayah ini yang memiliki perbukitan dan sungai, wajarl bila di wilayah ini memiliki air terjun yang saat ini sedang heboh diperbincangkan di dunia maya.

Curug Parakan Panjang dengan ketinggian 15 meter, memiliki tebing yang tidak terlalu curam sehingga memudahkan pengunjung naik ke atas air terjun. Banyak wisatawan yang mengabadikan keindahan tempat wisata ini dengan berfoto di atas undakan tebing. 

Untuk berkunjung ke tempat ini belum ada jalur khusus. Pengunjung bisa menggunakan jalan setapak dari tempat wisata Cipanas Subang, kemudian melintasi pesawahan dan sungai Cipanas yang rimbun dikelilingi pepohonan.

Perjalanan dari cipanas menuju Curug kurang lebih satu kilometer. Sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hutan alami yang indah. Setelah tiba di lokasi Curug Parakan Panjang pengunjung bisa berenang di bawah curahan air terjun.

Permukaan air tidak terlalu dalam dan hanya sedalam pinggang orang dewasa. Pengunjung aman bermain air di bawah air terjun. Air yang masih jernih dan masih alami dijamin akan menyegarkan badan.

Untuk tetap menjaga kebersihan lokasi wisata disarankan tidak membawa membawa makanan yang menyisakan sampah. Sisa makanan jangan dibuang sembarangan, harap diwa pulang. 

Oleh-oleh Desa Subang

Setelah puas main di Curug Parakan Panjang sebaiknya jangan pulang dengan tangan kosong. Pengunjung bisa membeli oleh-oleh khas Desa Subang yaitu Wajit Subang yang manis dan legit. Kalau masih pagi, pasar Subang masih buka.  Di pasar ada makanan yang enak juga untuk dimasak, namanya oncom Subang. Oncom ini beda dari oncom yang lain, rasanya yang khas membuat beda di lidah.

Selamat berkunjung dan tetap jaga kelestarian alam sekitar.