23 November 2018

Floating Market Lembang, Tempat Wisata Paling Unik di Bandung

Floating Market Lembang, Tempat Wisata Paling Unik di Bandung
Floating Market Lembang, Tempat Wisata Paling Unik di Bandung. 
Floating Market Lembang, Tempat Wisata Paling Unik di Bandung - Bandung merupakan surganya para wisatawan karena memiliki banyak tempat wisata yang indah. Tidak heran jika banyak yang memasukkan nama kota ini ke dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi. 

Rencana liburan kali ini adalah mengunjungi sebuah tempat rekreasi bernama Floating Market Lembang yang beralamat di Jalan Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Sebelum berangkat ke lokasi wisata, Mimin cek harga tiket masuknya dulu di beberpa layanan penyedia tiket online.

Setelah cek harga tiket sana-sini akhirnya melihat Traveloka yang menawarkan harga lebih murah dengan pilihan tiket yang lebih lengkap. Selain bisa booking tiket masuk tempat wisata, memesan hotel di Traveloka tidak ribet loh, pembayarannya pun mudah dan cepat, dengan pilihan hotel yang lengkap diseluruh Indonesia bahkan di dunia.

Tanpa pikir panjang langsung booking tiket masuk Floating Market Lembang. Yes memesan tiket secara online lebih mudah dan praktis. Lalu tancap gas menuju lokasi wisata dengan semangat menggebu.

Singkat cerita Mimin tiba di pintu masuk objek wisata dan langsung menukarkan bukti pembayaran tiket masuk, kemudian menuju tempat parkir. Ketika memasuki area lobi disambut oleh petugas yang menawarkan penukaran tiket masuk dengan segelas minuman panas atau dingin seperti kopi, lemon, dan coklat panas.

Ketika masuk area wisata langsung terlihat sebuah pemandangan indah yang tidak bisa dijumpai di tempat lain. Seperti informasi yang didapat sebelumnya, memang benar bahwa Floating Market Lembang adalah sebuah destinasi wisata pasar terapung satu-satunya di Bandung.

Ada yang unik di tempat rekreasi ini. Biasanya pasar terapung berada di sebuah aliran sungai besar, seperti di Kalimantan atau di Thailand. Tapi pasar terapung di Lembang ini menggunakan danau sebagai tempat wisata dan transaksi jual beli.

Kawasan wisata Floating Market Lembang ini menempati dua danau atau situ seluas 7 hektare. Kedua danau ini memiliki nama yang berbeda, yaitu Situ Umar dan Situ Karang Putri. Di sekeliling danau tumbuh pepohonan rindang nan hijau menyejukkan mata. Sungguh sebuah ide wisata kreatif. Dengan menjadikannya sebagai objek wisata danau yang terancam musnah oleh pembangunan kini bisa tetap lestari.

Berbeda dengan pasar apung di Kalimantan yang menyediakan aneka sayuran dan hasil tani lainnya, Floating Market Lembang  menyediakan aneka menu kuliner khas Nusantara yang lezat dan nikmat. Ada baso tahu, colenak, siomay, tahu Lembang, surabi, tempe mendoan, batagor, lotek, jagung bakar, karedok, ketan bakar, dan masih banyak menu makanan lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.

Menu jajanan tersebut dijajakan di atas perahu-perahu kecil yang berjajar rapi di sepanjang tepian danau. Di sinilah uniknya kulineran di Floating Market Lembang. Pengunjung bisa berburu aneka makanan yang dijual di atas perahu.

Pengunjung juga bisa berjalan mengelilingi pinggir danau untuk mencari menu makanan kesukaan. Kalau mau merasakan sensasi belanja di pasar apung sungguhan bisa berkeliling danau menggunakan perahu yang disediakan. 

Harga makanan di Floating Market Lembang relatif terjangkau. Tapi ketika berbelanja di pasar terapung di Lembang ini pengunjung tidak bisa menggunakan uang secara langsung. Uang harus ditukarkan dengan koin khusus bergambar perahu dan bertuliskan Floating Market Lembang. Koin tersebut terdiri dari 4 warna dengan nominal yang berbeda. Koin warna kuning (5000), biru (10.000), pink (50.000), dan oranye (100.000).

Selain menikmati sensasi unik berbelanja di pasar terapung di Lembang, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain yang lebih seru seperti naik perahu air dan outbond.

Tempat rekreasi ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena memiliki banyak wahana untuk bermain seperti taman miniatur Kereta Api, lokomotif mini, taman Kelinci, becak dan mobil mini, kampung kandang, outbond anak, dan mancing magnet.

Rainbow Garden Floating Market Lembang

Rainbow Garden adalah taman bunga warna-warni di sebuah tebing yang disusun menyerupai pelangi. Di taman ini ada sekitar 100 jenis tanaman bunga yang bisa mekar sepanjang waktu, baik musim penghujan maupun kemarau. Di sini pengunjung bisa leluasa menikmati hamparan pemandangan hijau pegunungan serta kawasan area taman bunga warna warni.

Hijab Swimming Pool Floating Market Lembang

Hijab Swimming Pool ini merupakan sebuah kolam renang air panas dalam ruangan yang didesain khusus untuk para pengunjung wanita yang berhijab. Sehingga para hijabers bebas berenang tanpa takut terlihat oleh pengunjung laki-laki. Hijab Swimming Pool juga menjadi kolam pemandian air panas pertama untuk pengguna hijab di Bandung. Para hijaber akan dimanjakan dengan kolam air panas yang nyaman dan leluasa yang dihiasi dengan guratan lukisan bernuansa Islami.

Kota Mini Floting Market Lembang

Kota Mini Lembang adalah sebuah tempat wisata yang didesain menyerupai sebuah kota dengan konsep Eropa klasik yang instagramable. Bangunan dan pernak-perniknya seperti rumah sakit, kantor polisi, jalanan kota, area bermain, dan restoran disulap menjadi ala Eropa. Sebenarnya Kota Mini ini didesain untuk edukasi anak dan memberikan pengalaman kepada anak agar mendapatkan gambaran akan jadi apa setelah besar nanti.

Nah, buat Sahabat Wisata yang punya rencana liburan atau mau mengunjungi keluarga sekaligus jalan-jalan di Bandung, Floating Market Lembang sangat recommended untuk dijadikan destinasi wisata pilihan.

Agar lebih mudah dan praktis, sebaiknya memesan tiket masuknya dulu secara online di Traveloka. Selain itu memesan hotel di Traveloka tidak ribet, pembayarannya mudah, cepat dan dengan pilihan hotel yang lengkap di seluruh Indonesia bahkan di dunia.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar