02 October 2018

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi Pemula Ala Muhammad Aga

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi Pemula Ala Muhammad Aga
Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi Pemula Ala Muhammad Aga. 
Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi Pemula Ala Muhammad Aga - Tradisi minum kopi sudah diwariskan secara turun-temurun. Sejak zaman nenek moyang,  ngopi (minum kopi) sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Misalnya di sebuah kampung terpencil bernama Desa Legokherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Setiap rumah pasti memiliki bubuk kopi.

Di sana kopi tidak harus beli karena mayoritas warganya memiliki kebun kopi sendiri. Pengolahannya pun dilakukan secara tradisional. Dari memetik buah kopi sampai mengolahnya menjadi bubuk kopi siap saji membutuhkan proses yang cukup panjang.

Kopi yang masih terbungkus kulit ditumbuk menggunakan alu sampai terkelupas kulitnya, kemudian dijemur sampai kering. Biji kopi yang sudah kering dan bersih dari kulitnya kemudian disangrai (roasting) menggunakan wajan tanah (talawengkar) sampai berwarna hitam.

Nah, di tahap akhir, biji kopi ditumbuk kembali, kemudian diayak alias disaring untuk mendapatkan bubuk kopi paling halus hingga menjadi kopi siap saji. Kalian harus tahu, bahwa kopi yang tidak diolah dengan baik akan menyebabkan sakit maag loch, apa lagi kalau dikonsumsi dalam keadaan perut kosong bisa menjadi penyebab munculnya gangguan lambung. Tapi tenang, kopi bubuk yang diproduksi sama warga Legokherang aman untuk dikonsumsi.

Ada yang unik dengan tradisi minum kopi di kampung tersebut. Setiap orang yang bertamu pasti disuguhi kopi hitam. Bagi yang tidak terbiasa minum kopi, suguhan istimewa ini tentunya bisa menjadi penyebab penyakit maag. Lazim diketahui, kopi memang sering dituding menjadi penyebab naiknya asam lambung.

Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi memang jadi penyebab meningkatnya produksi asam dan peradangan pada lambung. Jadi, buat kalian yang ingin bertamu ke kampung tersebut sebaiknya sediakan obat sakit lambung untuk solusi sakit maag Anda, apa lagi jika punya tujuan bertamu ke lebih dari satu rumah. Siap-siap saja minum satu gelas kopi di setiap rumah.

Manfaat Kopi Untuk Menghilangkan Bau Kaki

Selain jadi minuman yang enak dan trendy saat ini, ternyata bubuk kopi hitam juga memiliki manfaat untuk menyerap bau, seperti bau dalam ruangan, lemari es, bahkan bisa menghilangkan bau kaki.

Yupz, buat kalian yang kakinya mudah keluar keringat, saat pakai sepatu biasanya akan menimbulkan bau kaki alias bau kaos kaki. Masalah bau kaki memang tidak mengakibat gangguan kesehatan, tapi bisa mengurangi rasa percaya diri dan mengganggu penciuman.

Nah untuk mengatasi masalah bau kaki ternyata sangat mudah loch. Buat kalian yang kakinya mudah basah/keringatan kini tidak perlu minder lagi, bau kaki bisa dihilangkan dengan bubuk kopi hitam. Tapi ingat ya, gunakan bubuk kopi hitam yang belum dicampur gula, supaya tidak dikerubuti semut.

Loch kok pakai kopi hitam? entar kakinya jadi kotor dong?

Iya pasti kotor kalau kopinya ditaburin langsung ke dalam sepatu.

Bubuk kopi hitam yang akan digunakan untuk menyerap bau dalam sepatu sebaiknya dibungkus tipis menggunakan kain, kemudian dibentuk menyerupai alas sepatu. Nah, alas sepatu berisi bubuk kopi hitam tersebut akan menyerap bau kaki kalian.

Supaya sepatu tidak bau setelah dipakai seharian, masukkan beberapa sendok kopi bubuk ke dalam plastik kecil lalu simpan plastik tersebut di bagian dalam sepatu saat tidak digunakan, tapi plastiknya jangan ditutup ya supaya kopinya dapat menyerap bau tidak enak pada bagian dalam sepatu yang sudah telanjur terkena bau kaki. Dengan cara ini sepatu jadi bersih dan tidak bau.

Cerita Di Balik Barista Ala Muhammad Aga

Berbeda dengan kopi yang diolah dengan cara tradisional yang disajikan sesuai kebiasaan orang tua zaman old, saat ini cara penyajian kopi tidak asal-asalan. Ada trik khusus untuk menghasilkan kopi yang enak dan berkualitas.

Berbicara tentang kopi yang enak dan berkualitas, bertepatan dengan hari kopi sedunia (1 Oktober 2018), Mimin berkesempatan hadir dalam sebuah acara talkshow yang diselenggarakan oleh Promag solusi sakit maag dengan tema “Cerita di Balik Barista” yang bertempat di Noah"s Barn, Jln. Dayang Sumbi No. 2, Bandung.

Acara tersebut menghadirkan Muhammad Aga, seorang barista profesional yang berhasil menjadi pemenang kompetisi Indonesia Barista Championship (IBC). Selain itu, Aga juga jadi satu-satunya orang yang mewakili Indonesia dalam kejuaraan barista tingkat dunia, yaitu World Barista Championship 2018.

Di balik kisah sukses Aga menjadi seorang barista profesional, ada perjalanan panjang. Ternyata pilihan menjadi Barista awalnya adalah karena kepepet (the power of kepepet). Awalnya pria yang tampil dalam film Filosopi Kopi ini bukan seorang peminum kopi. Namun, karena tuntutan pekerjaan dan senang melihat orang minum kopi, dirinya merasa senang dan jatuh hati dengan pekerjaan tersebut.

Dari yang awalnya hanya seorang helper, berkat keseriusannya dalam menekuni pekerjaan sebagai peracik kopi, kini dia naik kelas menjadi barista profesional. Tahu  2015 Aga membuka kedai kopi sendiri yang diberi nama Coffee Smith Jakarta Coffeeshop & Roastery. Sekarang kedai kopinya sudah ada di tiga tempat. 

Aga pun mengakui bahwa film Filosopi Kopi membuat nama barista jadi lebih dikenal khalayak umum. Awalnya hanya segmented, yang kenal dengan barista adalah sesama barista lagi. Ketika ditanya dan dikasih pilihan antara menjadi barista dan pemain film, Aga lebih memilih menjadi barista. Bagi Aga, menjadi pemeran film adalah bonus dari keberhasilannya sebagai seorang barista profesional.

Menjadi seorang barista dan sekaligus pemilik tiga buah coffeeshop membuatnya harus melalukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi dibuka pada pagi hari. Ia harus mencoba beberapa gelas kopi setiap pagi dan itu jelas menjadi tantangan tersendiri untuk lambung.  Lebih-lebih jika minum kopi sebelum makan pagi. Pekerjaan peracik kopi menjadi sangat rawan terkena penyakit lambung sehingga butuh solusi sakit maag yang dialaminya.

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi

Menurut Aga, minum kopi tergolong aman-aman saja jika masih dalam kisaran 3 sampai 4 gelas dalam sehari. Dengan catatan, minumnya jangan sekaligus dalam satu waktu. Nah, buat kalian para pecinta kopi pemula yang sering mengalami perut kembung setelah minum kopi, ada tips memilih kopi untuk pemula ala Muhammad Aga.

Tapi sebelumnya harus tahu bahwa kopi terdiri dari dua spesies yaitu robusta dan arabica. Kopi jenis Arabica memiliki kadar kafein yang lebih rendah daripada kopi robusta.

Berikut tips memilih kopi buat pemula ala Aga sang juara Indonesia Barista Championship 2018.
1. Hindari minum kopi saat perut dalam keadaan kosong, terutama pada pagi hari.
2. Pilih kopi yang kadar kafeinnya lebih rendah (disarankan kopi arabica).
3. Tanyakan kepada baristanya, kopi apa yang kafeinnya rendah.
4. Jika bikin kopi sendiri, pilih biji kopi yang berwarna gelap karena kadar asamnya lebih rendah.
5. Kopi yang baru disangrai (roasting) sebaiknya didiamkan dulu karena kadar asamnya masih tinggi.
6. Jangan minum kopi saat menjelang waktu tidur karena kafein akan memompa jantung, sehingga bikin deg-degan, tidak bisa tidur, serta maag kambuh saat malam.
7. Jangan lupa selalu membawa Promag ke mana-mana untuk solusi sakit maag Anda.

Sebagai barista profesional, Aga harus mencicipi beragam jenis kopi sebelum disajikan kepada pelanggannya, bahkan bisa sampai 20 cangkir kopi dalam satu harinya.

Untuk mengatasi sakit maag yang sangat mungkin dialaminya, dulu Aga selalu membawa Promag yang berbentuk tablet. Namun sekarang, setelah ada Promag kemasan cair ia lebih memilih Promag cair untuk solusi sakit maag - nya karena lebih mudah dikonsumsi dan cepat larut. 

Promag Cair, solusi sakit maag
Promag Cair, solusi sakit maag

Mengenal 4 Jenis Produk Promag

Nah, sekarang sudah tahu solusi sakit maag.  Jadi, para pecinta kopi pemula tidak perlu takut lagi minum kopi karena ada Promag ahlinya lambung. Formula Hydrotalcite yang ada pada Promag mampu bekerja cepat mengatasi maag dan melindung lambung.

Hydrotalcite ini membantu membentuk lapisan dinding lambung yang menolong mengurangi rasa nyeri karena asam lambung. Dengan begitu, Promag bisa menjadi solusi sakit maag buat kalian yang hobi minum kopi.

Saat ini Promag memiliki 4 varian, yaitu Promag Tablet Kunyah, Promag Cair, Promag Fruity, dan Promag Double Action. Jadi, kalian bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berikut daftar 4 variant produk Promag yang berkhasiat untuk solusi sakit maag.

1. Promag Tablet.
Produk ini berfungsi untuk meredakan sakit maag dan perut kembung dengan menetralkan asam lambung dan mengurangi gas berlebih di saluran pencernaan. Setiap tablet mengandung 200 mg hydrotalcite, 150 mg magnesium hidroksida, dan 50 mg simethicone.
       
2. Promag Cair.
Produk ini memiliki fungsi dan komposisi yang sama dengan Promag Tablet, hanya saja produk ini dikemas dalam bentuk obat cair.

3. Promag Fruity.
Produk ini memiliki fungsi dan komposisi yang sama dengan Promag Tablet, hanya saja produk ini memiliki rasa buah anggur.

4. Promag Double Action.
Selain menetralkan asam lambung, Promag Double Action memiliki peran untuk menurunkan produksi asam lambung dalam mengatasi sakit maag. Setiap tablet Promag Double Action mengandung 165mg magnesium hidroksida, 800 mg kalsium karbonat, dan 10 mg famotidine.

Cara minum Promag yang benar
Anjuran minum promag yang benar dan sesuai kondisi penderita sakit maag bisa dibaca melalui etiket yang tercantum pada bagian pembungkusnya. Secara umum dosis dan cara minum obat promag adalah 3 x 1-2 tablet/sachet, diminum kira-kira 1 jam sebelum makan dan sebelum tidur malam.

Penggunaan ini bisa diteruskan selama keluhan masih dirasakan atau maksimal 2 minggu. Jika sakit terus berlanjut maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk solusi sakit maag Anda.

Mengenal Gejala Penyakit Maag

Kopi memang bisa jadi penyebab sakit maag, tapi sakit perut tidak selalu diakibatkan oleh maag. Sakit atau rasa tidak nyaman pada bagian perut bisa saja akibat penyakit lainnya. Karena masalah kesehatan pada lambung tidak hanya sakit maag saja, tetapi ada juga GERD (gastro esophangeal reflux disease) atau yang lebih dikenal dengan naiknya asam lambung.

Meskipun keduanya sama-sama terjadi di lambung dan berkaitan dengan asam lambung, namun  ternyata GERD dan Maag tidak sama.

GERD adalah kondisi asam lambung naik ke kerongkongan akibat tidak berfungsinya LES (lower esophangeal sphinchter), yaitu lingkaran otot pada bagian bawah esofagus yang berfungsi sebagai jalan masuk makanan dan minuman untuk turun ke lambung.

LES ini membuka dan menutup secara otomatis untuk mencegah makanan dan asam dari lambung naik ke atas. Ketika LES ini tidak berfungsi sempurna, maka asam dari lambung akan naik sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan sensasi terbakar pada kerongkongan.

Gejala yang diraasakan oleh penderita GERD yaitu kesulitan menelan, batuk kering, sakit pada bagian dada, bau napas tidak sedap, kembung, dan peningkatan air liur.

Berbeda dengan penderita sakit maag, penderita GERD akan membutuhkan perawatan yang cepat dan tepat karena bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius jika tidak segera ditangani. Jadi, sebelum memvonis bahwa itu adalah sakit maag sebaiknya kenali dulu apa saja gejala sakit maag.

Berikut keluhan yang dirasakan penderita maag. Selain nyeri pada perut bagian atas (area antara pusar dan bawah tulang dada), gejala sakit maag bisa berupa:

Rasa panas pada perut bagian atas.
Cepat merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan.
Mual.
Kembung pada perut bagian atas.
Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan).
Sering bersendawa.
Muntah.
Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada (kadang-kadang terasa sampai punggung dan leher) yang muncul ketika atau setelah makan.

Jika kamu mengalami gejala seperti di atas jangan panik dulu, pertolongan pertama pada sakit maag segera minum air putih yang banyak dan minum Promag.

Makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita sakit maag

Selain meminum obat maag, sebaiknya menghindari makanan dan minum yang bisa memicu naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari atau setidaknya dibatasi oleh penderita sakit maag, diantaranya:

   •  Makanan pedas.
   •  Makanan berlemak.
   •  Buah dan sayur yang bersifat asam.
   •  Peppermint dan cokelat.
   •  Bawang putih.
   •  Makanan yang mengandung banyak gas.
   •  Minuman beralkohol.
   •  Kurangi Kafein dan minuman bersoda.

Selain menghindari makanan dan minuman yang jadi pantangan di atas, penderita sakit maag disarankan mulai menerapkan pola hidup sehat dengan cara menjauhi kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, hindari kebiasaan berolahraga setelah makan, jangan makan terlalu banyak dalam satu waktu, usahakan untuk selalu menjaga berat badan ideal, jangan makan 3-4 jam sebelum tidur, serta usahakan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan.

Nah, setelah membaca artikel Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi Pemula Ala Muhammad Aga, apakah masih ragu untuk minum kopi? Semoga gak ragu lagi buat minum kopi, kan sekarang sudah tahu cara mengurangi rasa sakit maag.

Baca juga WKCK Coffee, Tempat Ngopi Paling Asik di Bandung Timur
(Adv)

12 komentar on Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi Pemula Ala Muhammad Aga

ngobrolin tentang kopi bersama ahlinya kopi memang seru ya kemarin itu. banyak ilmu dan pastinya jadi banyak silaturahmi juga dengan teman2 semua.

itu karena orangnya memang keren kak hiii

iya kak, banyak pngetahuan tentang kopi yang bisa digali

Nobita udah ga sakit maag lagi yah? ;p

Nobi dah sembuh setelah minum Promag

KOpi bisa menghilangkan bau kaki? Wow!

iya kak Mirwan, kopi bisa menyerap bau

Seruuuu yaa ngomongin kopi, sambil minum kopi buatan Aga langsung hihi

Mantap jiwa tulisannya kang, solusinya terbaik... Jadi ga takut ngopi lagi hanya karena punya penyakit maag :D

Ini solusi banget buat saya yang suka ngopi tapi punya maag

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar