15 May 2018

Acer Luncurkan Aspire 3 dan Swift 3 Dengan Prosesor AMD Ryzen Mobile

Launching Acer Aspire 3 dan Swift 3 AMD Ryzen
Launching Acer Aspire 3 dan Swift 3 AMD Ryzen di Bandung. 
Perkembangan teknologi digital semakin canggih, hampir setiap waktu mengalami perubahan yang signifikan. Laptop merupakan salah satu produk elektronik digital yang mengalami kemajuan sangat pesat dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Dimana di zaman Millenial ini banyak yang menggunakan laptop untuk bekerja dan bermain, seperti aktivitas menonton video full HD/4k, browsing, kegiatan edit foto dan video, serta beberapa game E-Sport terkemuka dan yang lainnya.

Lalu laptop dengan kategori seperti apa yang dibutuhkan oleh kaum Millenial saat ini? 

Yupz tentunya laptop yang sempurna dengan teknologi dan fitur terbaru yang menjadi impian semua orang. Acer Indonesia sangat memahami semua kebutuhan kaum digital saat ini dengan meluncurkan produk terbarunya, yaitu seri Aspire 3 dan Swift 3 yang telah dibekali dengan prosesor AMD Ryzen dengan teknologi super canggih yang di dalamnya sudah dilengkapi teknologi kartu grafis Radeon Vega Graphics untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Acer Aspire 3 dan Swift 3 merupakan notebook pertama di Indonesia yang menggunakan AMD Ryzen Mobile.

Apa itu AMD Ryzen mobile? Kok sepertinya masih asing di telinga?

AMD Ryzen mobile adalah CPU dan APU seri terbaru yang menggunakan teknologi Zen Microarchitecture agar pengelolaan CPU bisa lebih cepat. Tidak hanya pengelolaan data dan gambar saja yang lebih cepat, tetapi AMD Ryzen Mobile juga bisa menghemat power sampai 50%. Kecepatan Cinebench R15 CPU-nya mencapai 615 atau naik sekitar 200% daripada produk sebelumnya.

Aspire 3 dan Swift 3 memiliki performa super cepat, daya tahan baterai lama serta tampilan yang elegan. Ditanamkannya prosesor AMD Ryzen series ke dalam Aspire 3 dan Swift 3 telah menghadirkan performa powerful untuk mendukung kinerja dan kebutuhan multitasking setiap penggunanya. Selain itu Acer juga diclaim sebagai satu-satunya brand yang menghadirkan laptop dengan line up paling lengkap di kelasnya. 

Laptop series Aspire 3 ini diproduksi dalam tiga varian prosesor dari AMD Ryzen, yaitu Ryzen 3, Ryzen 5, dan Ryzen 7, sehingga Sahabat bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Nah untuk Acer Swift 3, ini merupakan produk unggulan Acer dari tipe Ultra thine (tipis alias ramping) yang sudah dibekali dengan otak prosesor Ryzen 5 dan Ryzen 7. 

Bagaimana, masih penasaran kan dengan kedua produk Acer yang menggunakan prosesor AMD Ryzen Mobile ini?

Sama, rasa penasaran semakin dalam setelah membaca sedikit deskripsi tersebut dan belum melihatnya secara langsung. Untuk mengobati rasa penasaran Sahabat semua, Acer Indonesia memperkenalkan jajaran lengkap dari seri Aspire 3 dan Swift 3 dengan prosesor AMD Ryzen di kota Bandung, tepatnya di Saka Bistro & Bar, Jln. Karang Sari No2, Bandung, Jawa Barat. Selasa (15/05/2018).

Launching Aspire 3 dan Swift 3 AMD Ryzen di Bandung
Launching Aspire 3 dan Swift 3 AMD Ryzen di Bandung
Bukan tanpa alasan Acer memilih kota Bandung untuk memperkenalkan produk terbarunya tersebut. Acer memilih kota ini karena Bandung sudah mengusung konsep smart city dengan 50% masyarakatnya datang dari kaum millenials dan pekerja kreatif, sehingga Bandung menjadi salah satu target pasar utama dari kedua produk Acer ini dengan dukungan prosesor AMD Ryzen terbaru dan tercepat untuk laptop ultrathin.

Menurut Donnie Brahmandhika, Product Marketing AMD Indonesia, Acer Aspire 3 AMD Ryzen sangat cocok untuk dipakai sehari-hari dan harganya pun sangat murah. Kalau Acer Swift 3 AMD Ryzen didesain dengan body berbahan logam dan dibekali dengan baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam, sehingga laptop ini sangat cocok buat pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. 

“Kemanan privacy data di laptop Swift 3 ini dilindungi dengan adanya pingerprint atau sensor sidik jari yang terletak di sebelah kanan laptop, tidak semua orang bisa membukanya tapa sidik jari sang pemilik.” Kata Donnie Brahmandhika.

Acer Aspire 3 prosesor AMD Ryzen series
Acer Aspire 3 prosesor AMD Ryzen series
Acer Aspire 3 prosesor AMD Ryzen series
Pandangan pertama terpusat pada laptop berwarna hitam dengan desain body yang slim dipajang di atas meja. Sepintas terlihat seperti laptop tipis pada umumnya, karena sudah banyak produk laptop tipis dipasaran. Tapi setelah sedikit bertanya tentang apa yang tersemat di dalamnya, sungguh mengagumkan, laptop setipis ini memiliki fitur teranyar, dengan otak prosesor AMD Ryzen series yang dipercaya paling cepat di kelasnya. Laptop Aspire series ini meskipun bentuknya tipis, tapi sudah mendukung Dual Storage, SSD dan HDD secara bersamaan untuk kecepatan tinggi sekaligus kapasitas yang besar.

Laptop ramping ini dibekali dengan layar 15 inchi, bobotnya sangat ringan, bodi terbuat dari material yang kuat, sehingga tahan guncangan, jadi aman lah untuk dibawa kemana-mana. Aspire 3 AMD Ryzen hadir dalam enam varian yang meliputi AMD Ryzen 3, 5 & 7. Dengan dipasangnya prosesor AMD Ryzen, perangkat ini memiliki kinerja yang andal untuk mengerjakan kebutuhan komputasi Sahabat, karena semuanya bisa diproses dengan lebih cepat, sehingga kegiatan multitasking tak lagi jadi kendala. 

Aspire 3 AMD Ryzen yang tipis dan ringan
Aspire 3 AMD Ryzen yang tipis dan ringan
Teknologi AMD Ryzen™ yang digunakan pada laptop Aspire 3 ini memiliki TDP 15-watt dan telah menggabungkan arsitektur pemenang penghargaan “Zen” x86 cores–menghadirkan teknologi kecerdasan level prosesor AMD SenseMI–dengan grafis revolusioner Radeon “Vega” pada desain System-on-Chip untuk mencapai performa laptop ultrathin yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Untuk AMD Ryzen 7 2700U sendiri adalah prosesor tercepat untuk laptop ultrathin, dengan performa multi-threaded CPU hingga 44% lebih baik dan performa grafis yang 161% lebih baik daripada kompetitornya sehingga dapat mencetak hasil benchmark yang baik walaupun memakai kartu grafis terintegrasi. 

Selain itu, penggunaan SSD para perangkat ini pun dapat mempersingkat waktu booting hingga 4 detik. Daya tahan baterai yang dimiliki oleh Aspire 3 juga semakin diperkuat hingga 60 menit lebih lama, bobot yang lebih ringan, dan proses transfer yang lebih cepat. Perangkat ini juga memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap goncangan sehingga data yang disimpan menjadi lebih aman.

Aspire 3 juga hadir dengan compartment backdoor yang terletak di bagian belakang untuk memberikan keleluasaan dalam melakukan upgrade komponen hadrware. Jadi buat Sahabat yang akan mengupgrade storage laptop ini cukup membuka satu buah baud pengunci saja, tanpa harus membuka cover body laptop. Selain itu, di dalam perangkat ini pula terdapat dua buah slot RAM yang dapat diupgrade hingga maksimum 32GB untuk pengalaman multimedia dan multitasking yang lebih baik.

Acer Aspire 3 AMD Ryzen Mobile
Acer Aspire 3 AMD Ryzen Mobile
Acer Swift 3 AMD Ryzen series ultra tipis
Menegerjakan tugas atau pekerjaan kantor tidak selamanya harus diam di tempat, karena terkadang harus mengerjakannya ditempat lain, atau bahkan di dalam kendaraan. Apa lagi buat yang doyan traveling,  kemana-mana harus membawa laptop supaya tetap bisa mengerjakan tugas, ribet kan ?

Sebenarnya tidak terlalu ribet kalau laptopnya mudah dibawa, dalam arti bodinya tipis, kuat, ringan, dan satu lagi, baterainya harus tahan lama. Acer Swift 3 AMD Ryzen adalah jawaban semua kebutuhan Sahabat. Swift 3 hadir dengan bodi ultra thin alias ulta tipis yang powerful dan cocok untuk sahabat yang memiliki aktivitas mobilitas tinggi.

Bodi Swift 3 terbuat dari material logam yang kokoh
Bodi Swift 3 terbuat dari material logam yang kokoh
Laptop ultra tipis ini menggunakan bodi dari bahan logam sehingga tetap kokoh saat digunakan. Permukaan di sekitar area keyboard dan belakang layar diberikan sentuhan metal brush finish yang membuat penampilan terasa elegan sekaligus mewah.

Bodi tipis menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Acer Swift 3 AMD Ryzen, bahkan saat layar ditutup hanya berbeda sekitar 4,5 mm saja, sehingga ketika dimasukan ke dalam tas tidak terasa mengganjal. Bobotnya yang ringan sekitar 2 kg, membuat laptop ini nyaman untuk dibawa bepergian.

Keyboard Acer Swift AMD Ryzen yang empuk dan nyaman
Keyboard Acer Swift AMD Ryzen yang empuk dan nyaman
Keyboard Acer Swift AMD Ryzen memiliki ukuran penampang luas sehingga pengguna dengan jari besar sekalipun tidak akan mengalami kesulitan saat mengetik. Setiap tombol ditempatkan dengan jarak cukup lebar sehingga mengurangi resiko kesalahan tekan. Keyboard Swift 3 terasa empuk dan tidak berisik saat dioperasikan. Selain itu pada bagian keyboard dilengkapi dengan backlit, yang bisa membantu pengetikan  saat dalam kondisi gelap.

Untuk masalah keamanan, notebook ini sudah menggunakan teknologi Fingerprint Scanner Touch. Dengan sistem otentifikasi biometrik, bisa langsung login tanpa perlu khawatir soal keamanan dan privasi. Jadi semua data yang ada di dalamnya terlindungi dengan aman dan hanya pemiliknya yang bisa login dengan menggunakan sensor sidik jari.

Swift 3 hadir dalam dua varian prosesor mobile terbaru dari AMD yakni Ryzen 5 (2500U) dan Ryzen 7 (2700U) yang disertai dengan Extended Frequency Range (mXFR). Dengan disematkannya kedua varian prosesor ini tentunya sanggup memberikan kinerja CPU yang maksimal pada notebook ultra tipis.

AMD Ryzen 7 2700U berhasil mencapai hingga 200% performa CPU lebih tinggi dan peningkatan performa GPU hingga 128% lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya dari AMD[2]. Peningkatan yang signifikan ini mengoptimalkan pengolahan data dan gambar menjadi lebih cepat, sehingga sangat cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi serta multitasking.

Ryzen Mobile 2500U bekerja pada clock speed 2.0 GHz dan Turbo 3.6 GHz, integrasi GPU Vega 8 (512 stream processor) dan clock speed 1100 MHz. Untuk Ryzen Mobile 2700U beroperasi pada clock speed 2.2 GHz, Turbo 3.8 GHz, integrasi GPU Vega 10 (640 stream processor) clock speed 1300 MHz. Dengan dua prosesor tersebut AMD menjanjikan konsep notebook ultrathin dan tetap memiliki performa tangguh di game beresolusi 1080p khususnya untuk jenis game seperti Overwatch, League of Legends dan DOTA 2. Swift 3 sangat cocok bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi karena desainnya yang stylish, tipis serta ringan.

Selain itu, Swift 3 juga dibekali ketahanan baterai hingga 10 jam dengan sekali pengisian daya, sehingga tidak perlu membawa charger saat bepergian. Ditambah pula dengan support AMD Ryzen Mobile yang membuat power hemat sampai 58%4. Jadi, bayangkan sebuah notebook yang memiliki performa pengelolaan data dan gambar yang cepat dengan bobot ringan serta memiliki ketahanan daya yang lama, semua ada dalam Swift 3.

Port USB Acer Swift 3 AMD Ryzen series
Port USB Acer Swift 3 AMD Ryzen series
Fitur Power-Off USB Charging tipe 3.0 juga dibenamkan dalam perangkat ini untuk mengisi ulang daya perangkat lainnya dalam keadaan off. Swift 3 pun dibekali USB 3.1 Type-C yang fungsional, sehingga dalam 1 port bisa mengisi daya baterai notebook, data transfer hingga 5GBps dan bisa sebagai port display.

Demo Game E-Sport pada Aspire3 dan Swift 3 AMD Ryzen
Demo Game E-Sport pada Aspire3 dan Swift 3 AMD Ryzen
Menjajal ketangguhan Aspire 3 dan Swift 3 AMD Ryzen dengan game  E-sport
Untuk membuktikan ketangguhan Aspire 3 dan Swife 3 AMD Ryzen, Acer Indonesia memberikan kesempatan kepada audiens untuk mencoba memainkan game E-sport terkemuka, dan salah satunya adalah game Dota 2.

Demo game E-Sport
Demo game E-Sport
Semua game berjalan dengan lancar dan terasa sangat ringan dijalankan pada kedua produk Acer ini, sehingga kualitas dari prosesor AMD Ryzen Mobile ini terbukti ketangguhannya. Kedua produk Acer ini tidak mengalami kendala apapun ketika digunakan untuk bermain game E-sport. Jadi kesimpulannya, kedua laptop buatan Acer ini benar-benar multitasking yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas.

Baca juga Kwai Go, Aplikasi Video Pendek Yang Menghasilkan Uang

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar