Mini Finhacks Bandung 2017, Ajang Kompetisi Para Developer Berbakat Untuk Jadi Juara

Posted by

Pemenang Lima besar Mini Finhacks Bandung
Pemenang Lima besar Mini Finhacks Bandung 
Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang termasuk dalam daftar 10 besar negara di Asia dengan peningkatan penetrasi digital banking dan diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Digital banking dianggap sebagai cara baru untuk melakukan transaksi perbankan terutama berkat potensinya untuk menghemat biaya. Bank sebaiknya melihat bahwa hal tersebut bukan sekedar men-digitalisasi produk yang sudah ada, tapi mengubah pola pikir dan solusi menjadi digital sesuai perilaku dan kebutuhan masyarakat.

PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) menyelenggarakan BCA Financial Hackathon (Finhacks). Finhacks adalah serangkaian acara kolaborasi BCA dengan industri dan pengembang aplikasi, mulai dari diskusi, workshop hingga hackathon yang melibatkan perbankan, media, komunitas IT, pengembang dan para pakar untuk bersama-sama membangun inovasi layanan perbankan yang lebih mudah, aman dan menyenangkan bagi gaya hidup nasabah sehari-hari di Indonesia. Hackathon adalah sebuah kompetisi pengembangan aplikasi, dimana setiap tim akan berlomba menciptakan aplikasi dalam waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Finhacks merupakan salah satu wujud nyata perhatian besar yang diberikan oleh BCA terhadap perkembangan dunia digital dalam industri perbankan dan keuangan, sejalan perubahan teknologi yang sangat cepat dan telah diselenggarakan pada 2016 lalu. Finhacks 2017 ini mengusung tema Codescape yang akan dilaksanakan di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor.

Dalam event ini, BCA mengundang para developer atau praktisi TI untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam menciptakan sistem pembayaran yang dapat mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia, dengan mempersiapkan Application Programming Interface (API) yang dapat digunakan oleh para developer untuk berinteraksi dengan sistem BCA. Kompetisi Finhacks ini terbuka untuk masyarakat umum yang dapat diikuti oleh siapapun dari berbagai kota, pendidikan, usia, dan pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 


Talk Show Mini Finhacks Bandung
Talk Show Mini Finhacks Bandung 
Talk show Mini Finhacks Bandung 2017
Mini Finhacks Bandung diawali dengan talk show yang diisi oleh para pakar di dunia perbankan, teknologi dan local heroes dari kancah startup disetiap kota seperti Andri Yadi (CEO Dycode), Fariz Tadjoedin (Pemenang Pertama Finhacks 2016), Fransiscus Kaurrany (Senior Vice President of BCA), dan Wiku Baskoro (Editor-in-chief DailySocial Lifestyle) seputar topik Create Your Own Digital Bank. Dalam kesempatan ini para narasumber mengajak para atlet sprint coding untuk melakukan pemanasan dengan berbincang santai mengenai isu-isu digital banking dengan mengusung tema “Create Your Own Digital Bank” yang bertempat di Grand Tjokro Hotel Bandung, Sabtu 12 Agusus 2017.

Salah satu speaker bernama Fariz Tadjoedin, seorang pencetus ide chat banking dan sekaligus pemenang kontes Finhacks 2016, mengatakan bahwa dirinya selalu berambisi untuk terus mengejar gelar lewat ragam kompetisi TI. Dari beragam kontes yang diikuti, hanya dengan BCA lah idenya tersebut bisa terwujud dan diimplementasi. Ide presentasinya diterima dan kemudian menjadi sang juara pada saat itu. 

Mini Finhacks Bandung 2017
Sebelum menuju perhelatan Finhacks 2017, BCA dan DailySocial terlebih dahulu mengadakan Mini Finhacks. Mini Finhacks adalah roadshow tiga kota yang menjadi bagian dari rangkaian Finhacks 2017 Codescape, yang berlangsung di Surabaya, Yogyakarta, dan terakhir di Bandung. Mini Finhacks berisi dua acara utama, yaitu talkshow dan sprint coding. Para peserta di Mini Finhacks Bandung setelah berbagi pengalaman dengan para narasumber saat talkshow, kemudian ditantang untuk sprint coding.

Sprint coding adalah kompetisi membuat aplikasi untuk memecahkan sebuah masalah yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam Mini Finhacks BCA, sprint coding berlangsung selama tiga jam. Panitia memberikan sebuah permasalahan yang harus diselesaikan dengan menggunkan sebuah produk teknologi sebagai solusinya, kemudian peserta membuat aplikasi untuk menghadirkan solusi tersebut dengan resource yang mereka miliki. 

Mini Finhacks Bandung diikuti oleh 23 tim terpilih, dimana dalam satu tim terdiri dari 1 - 3 orang, dan setiap orang yang tergabung dalam tim tersebut wajib memenuhi persyarat sebagai berikut:
* Warga Negara Indonesia (WNI).
* Bertempat tinggal di wilayah Republik Indonesia.
* Memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku (Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor) yang wajib diperlihatkan pada saat verifikasi pemenang.
* Bukan merupakan karyawan/karyawati dari BCA, DailySocial, biro iklan, agensi, serta pihak ketiga yang terkait acara Finhacks 2017 Codescape.

Setelah selama tiga jam berkompetisi dengan membuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk transaksi BCA dan dapat terdeteksi dalam radius 1000 meter, maka lima tim tercepat berhak menjadi pemenang di Mini Finhacks Bandung dengan mendapatkan hadiah sesuai dengan yang telah ditentukan yaitu dengan total hadiah 20 Juta Rupiah. Selain berkesempatan mendapatkan total hadiah hingga puluhan juta Rupiah, lima tim pemenang sprint coding Mini Finhacks Bandung juga berhak untuk mendapatkan golden ticket ke Finhacks 2017 Codescape, 26 – 27 Agustus 2017 di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor. Golden Ticket adalah salah satu hadiah dari Mini Finhacks di setiap kota, di mana mereka yang memegang tiket tersebut (lima pemenang Mini Finhacks setiap kota) akan secara otomatis berangkat ke Finhacks 2017 Codescape. Berikut lima tim pemenang Mini Finhacks Bandung yang akan melaju ke laga final di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor nanti :
1. GWK
2. Oden
3. Piraku
4. Main Kode
5. Link Soft

Blog, Updated at: 12:51 PM

1 komentar:

  1. My brother suggested I might like this web site. He was totally right. This publish actually made my day. You can not consider simply how a lot time I had spent for this information! Thank you! paypal login

    ReplyDelete