Curug Cibareubeuy, Air Terjun Tertinggi di Subang

Curug Cibareubeuy Subang
Curug Cibareubeuy Subang 

Curug Cibareubeuy, Air Terjun Tertinggi di Subang - Mendengar nama Curug Cibareubeuy mungkin belum terlalu banyak orang yang mengenalnya. Tapi untuk saat ini nama air terjun tersebut sudah mulai dicari oleh para wisatawan yang merasa penasaran setelah melihat penampakannya di Media Sosial.

Curug Cibareubeuy merupakan air terjun tertingi di Subang dengan ketinggian diatas 40 meter. Lokasinya lumayan jauh dari pemuiman, tepatnya berada di Desa Cibeusi, Kec. Jalan Cagak, Kab. Subang, Jawa Barat.

Air terjun ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang bisa membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama menikmati keindahannya. Kondisi alam sekitar air terjun yang masih perawan terlihat hijau dan bersih. Rimbunnya pepohonan dan aliran air yang jernih, serta nyanyian burung yang merdu, membuat tempat ini terasa begitu nyaman.

Menurut kepercayaan warga setempat, air yang mengalir dari curug Cibareubeuy ini berkhasiat untuk menambah awet muda. Apa bila pengunjung membasuh badan atau wajah di bawah air terjun ini, aura positif akan terpancar dari wajahnya.

Terlepas benar atau tidaknya, itu hanya sebuah mitos dan cerita yang belum pasti keakuratannya. Yang jelas saat berada di bawah curug dan mebasuh badan, tubuh akan terasa segar kembali.

Menara Pandang Pandawa
Menara Pandang Pandawa

Menara Pandang Pandawa Curug Cibareubeuy

Ada dua cara untuk menikmati kemolekan Curug Cibareubeuy yaitu dengan mendekati air terjun secara langsung atau melihatnya dari atas menara pandang Pandawa. Berada langsung di bawah air terjun ini akan mendapatkan sensasi terapi alam yang luar biasa menyegarkan.

Aliran air yang jatuh dari atas ketinggian tebing mengakibatkan cipratan air berbentuk embun yang dingin dan menyegarkan. Saat dihirup akan terasa menyejukan jiwa dan mengembalikan kebugaran tubuh yang letih akibat pejalanan selama menuju Curug.

Menara pandang ini berada di atas ketinggian sebuah bukit sebelum masuk kawasan obyek wisata Curug Cibareubeuy. Di lokasi menara pandang terdapat beberapa bangunan menara atau sky tree yang disediakan oleh pengelola.

Selain bisa digunakan untuk menikmati pemandangan air terjun, Menara pandang Pandawa ternyata menjadi tujuan favorit wisatawan untuk berfoto ria atau selfie. Beberapa spot foto atau menara pandang dibangun dengan ketinggian yang berbeda. Di sini pengunjung dapat memilih spot foto yang pas dan sesuai dengan keinginan.

Curug Pandawa 5
Curug Pandawa 5 

Curug Pandawa 5 Subang

Tidak hanya terdapat satu air terjun  yang ada di kawasn wisata ini, di sebelah kanan curug Cibareubeuy hanya terhalang sebuah bukit, ada satu air terjun yang bernama Curug Pandawa 5.

Curug Pandawa 5 ini tidak setinggi Curug Cibareubeuy, tapi memiliki keunikan tersendiri. Dari bentuknya saja air tejun ini memiliki tiga undakan dengan ketingian yang berbeda. Air terjun ini sudah mendapat sedikit setuhan perawatan dari sang pengelola, terbukti dengan adanya beberapa fasilitas yang dipasang di sekitar curug seperti jembatan, kolam penampungan air yang terbuat dari tembok, terdapat saung-saung, dan kendi air yang dipasang tersusun di tebing sekitar curug.

Kampung Senyum Cibareubeuy

Entah berasal dari mitos atau sejarah apa tempat ini diberi nama kampung senyum. Saat pengunjung melintas di kawasan ini dianjurkan untuk tersenyum. Saat sebelum memasuki gapura kampung senyum, pengunjung diminta memukul kentongan yang terbuat dari bambu, itu semua sebagai pertanda kedatangan tamu bagi tuan rumah.

Di dalam kawasan kampung senyum ini tedapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman, juga tempat lesehan yang bisa digunakan untuk istirahat dan botram.

Camping Ground dan Rumah Pohon

Saat kalian akan berkunjung ke obyek wisata Curug Cibareubeuy, sudah pasti akan melintasi camping ground dan rumah pohon. Untuk camping ground berada di sebelah kiri jalan, sementara untuk rumah pohon tepat di kanan jalan.

Rumah pohon Curug Cibareubeuy
Rumah pohon Curug Cibareubeuy
Wahana rumah pohon menyediakan menara untuk selfie dan beberapa saung yang dapat disewa untuk tempat peristirahatan. Tempat ini cocok untuk melepas lelah sambil menikmati suara tabuhan/musik alam yang dihasilkan dari pancuran air dan kincir yang dihubungkan dengan beberapa kaleng dan kemudian menghasilan suara yang berirama.

Rute menuju obyek wisata Curug Cibareubeuy Subang

Untuk berkunjung ke Obyek wisata Curug Cibareubeuy, kalian dapat mengikuti jalan yang menuju ke Sari Ater. Setelah berada di dekat pintu masuk Sari Ater ambil jalan yang ke kanan, kemudian ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan.

Ketika kalian menemukan pertigaan ambil ke arah kanan. Nanti akan menemukan gapura Desa Wisata Cibeusi. Di situ akan diminta membayar tiket masuk Desa Wisata sekalian memarkirkan kendaran.

Dari tempat parkir perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki mengikuti petunjuk jalan, kemudian menyusuri saluran irigasi hingga menemukan pesawahan. Perjalanan berlajut dengan menyusuri pematang sawah yang menanjak. Di sepanjang perjalanan kalian tidak perlu khawatir kekurangan perbekalan karena banyak warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. 

Setelah cukup lama menyusuri pematang sawah, kalian akan memasuki hutan dan akan menemukan camping ground dan rumah pohon. Di situ ada jalan cagak, ke kanan untuk ke rumah pohon dan Curug Pandawa 5.

Sedangkan yang lurus untuk menuju kampung Senyum dan Curug Ciareubeuy. Dari situ lokasi Curug sudah dekat dan hanya dikbutuhkan waktu beberapa menit.    

Baca juga HAU Citumang, Penginapan Unik Berkonsep Kontainer

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar