Paxel, Jasa Pengiriman Paket Sameday Harga Flat


Intan Saraswati, Chief Happiness Operation
Paxel Sameday delivery Service.
Paxel, Jasa Pengiriman Paket Harga Flat - Berbagai kemudahan bisa dirasakan dengan adanya perkembangan teknologi digital. Kemajuan zaman membuat banyak hal bisa dilakukan dengan cara online. Sebagai contohnya adalah online shop yang sedang merajalela. Konsumen dan penjual bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli tanpa harus saling bertatap muka.

Aktivitas jual beli ini dilakukan secara online melalui jaringan internet yang bisa diakses menggunakan PC dan Smartphone. Prosesnya pun sangat mudah, konsumen tinggal memilih produk yang akan dibeli, kemudian melakukan pembayaran/transfer. Kemudian produk dikirim melalui jasa pengiriman barang hingga tiba di tangan konsumen.

Berdasarkan pengalaman selama belanja di toko online, produk yang dibeli akan diterima oleh konsumen dalam jangka waktu 2 sampai 3 hari bahkan lebih. Jadi sebenarnya belanja online belum sepenuhnya praktis dan cepat karena masih terkendala dalam proses pengiriman barang.


Paxel Sameday Delivery Service

Lalu apakah ada solusi untuk atasi masalah logistik yang selama ini sering membuat jengkel para pelanggan online shop?

Nah, buat kalian yang sampai saat ini masih terkendala dengan layanan pengiriman barang, solusinya adalah Paxel.

Paxel adalah startup logistik berbasis aplikasi yang mengusung layanan sameday delivery (paket yang dikirim dapat diterima pada hari yang sama) dengan ongkos kirim harga sama untuk satu tujuan (flat).

Pemesanan pengiriman barang melalui Paxel cukup menggunakan aplikasi smartphone. Maksimal dalam 8 jam maka barang akan sampai ke tempat tujuan, sehingga pengguna layanan ini bisa mengirim dan menerima barang lebih cepat. Yang uniknya lagi waktu pengirimannya dapat diatur sesuai keinginan pemesan.

Saat ini perusahan yang didirikan oleh Bryant Christanto, Zaldy Ilham Masita, dan Djohari Zein sudah mencakup wilayah Jabodetabek dan Bandung. Untuk memperluas wilayah jangkauannya, Paxel sudah melakukan pengembangan di Semarang, Jogja dan Solo. Di tahun 2019 Paxel menargetkan bisa menjangkau 20 kota di Indonesia.


Filosofi warna ungu pada  Paxel

Filosofi Paxel yang didominasi warna ungu dan mendapat sedikit sentuhan warna kuning dan merah pada bagian logonya adalah ungu itu warna yang bisa diterima/bersahabat, terutama untuk kaum wanita sebagai audiens utama Paxel. Selama ini perempuan lah yang paling banyak melakukan pengiriman dan menerima kiriman menggunakan jasa logistik.

Sementara untuk warna kuning pada bagian logonya menggambarkan sifat netral, karena warna kuning adalah warna netral selain biru. Kemudian kenapa warna merahnya sedikit? Itu karena merah terlalu agresif, sementara Paxel sendiri diambil dari bahasa Yunani yang memiliki arti kedamaian.


Djohari Zein, founder GBMI
Djohari Zein, founder GBMI

Paxel blogger gathering Bandung

Jumat 9 November 2018, bertempat di Lo.ka.si Coffee & Sapce Dago, Bandung, Mimin berkesempatan menghadiri acara blogger gathering yang diselenggarakan oleh Paxel. 

Acara ini dihadiri langsung oleh Djohari Zein selaku founder GBMI, Intan Saraswati selaku Chief Happiness Operation, Alexander Zulkarnain sebagai Brand Happines Hero.

Menurut Djohari Zein, jika kita menebar kebaikan maka kebaikan lain akan menghampiri kita. Konsep tersebut menjadi fondasi Paxel dalam membangun usaha jasa pengiriman barang dengan tag line #AntarkanKebaikan. Ada beberapa fitur unggulan dari Paxel yang akan memanjakan konsumennya, di antaranya:
  • 7 Days a week (including public holidays)
  • Real time tracking
  • ePOP dan ePOD
  • Proactive notification
  • Web & Mobile App (IOS & Android)
  • API Middleware
  • 1 Day Claim Process
  • Cash on Delivery Service
  • On Demand Packaging

Cara Mengirim Barang Menggunakan Aplikasi Paxel 

Paxel memiliki empat jenis model bisnis: Door to door, door to locker, locker to home, dan locker to locker. Namun untuk saat ini baru tersedia layanan door to door yang bisa dipesan lewat aplikasi.

Untuk memesan pengiriman paket melalui aplikasi Paxel, konsumen harus mengisi sejumlah data, seperti alamat tujuan, isi barang, nama penerima, dan sebagainya. Ada dua pilihan bahasa di aplikasi ini yaitu bahasa Inggris dan Indonesia. Untuk mengganti bahasa pilih logo profil di kanan atas layar dan pilih menu setting lalu pilih bahasa.

Berikut cara mudah mengirim barang menggunakan aplikasi Paxel:
Pilih Create Shipment/buat pengiriman
Isi Pick Up Location/lokasi pengambilan 
Isi Destination Location/tujuan
Continue/lanjut
Pilih Ukuran Paket (maksimal 10 Kg untuk semua ukuran paket)
Isi Identitas Pengirim & Penerima 
Isi Jenis Barang (ada pilihan dari mulai model & pakaian hingga perlengkapan mobil & motor)
Continue/lanjut
Cek Shipping Details 
End/selesai

Setelah selesai memesan pengiriman paket melalui aplikasi Paxel, kamu tinggal duduk manis sambil menunggu paketnya datang. Begitu juga sebaliknya jika mau kirim barang kepada orang lain, tinggal pesan dan Happiness Hero siap melayani dari pukul 8 pagi hingga 10 malam. Kemudian paket dibawa ke kantor terdekat (Paxel Home), lalu dikirim ke alamat tujuan.

Happiness Hero adalah kurir Paxel. Mereka disebut Hero karena tugasnya bukan sekadar mengantarkan barang saja, tetapi sekaligus mengantarkan kebaikan dan memberikan manfaat bagi orang banyak.  Tak peduli seberapa pun jauh jaraknya, mereka akan tetap konsisten dengan sameday delivery service-nya.

Selama paket dalam proses pengiriman, pengguna aplikasi Paxel bisa memantau pergerakannya. Jadi kita bisa tahu posisi barang yang dikirim sedang berada di mana.


Happiness Hero Paxel
Happiness Hero Paxel


Pengalaman Menggunakan Layanan Paxel

Mimin jadi tertantang untuk menguji ekspedisi menggunakan aplikasi Paxel. Kebetulan ada barang yang harus diambil dan lokasinya lumayan jauh dari rumah. 

Tanpa pikir panjang langsung buka aplikasi Paxel dan creat shipment dengan mengisi pickup location dengan alamat tempat barang yang harus diambil, yaitu di kawasan Sukajadi. Kebetulan lokasinya dekat dengan kantor Paxel Bandung, yaitu di Jln. Lemahnendeut No. 8A, Sukajadi, Kota Bandung. 


Dimensi Paket Paxel
Dimensi Paket Paxel
Lalu isi destination location dengan alamat rumah dan pilih ukuran paket. Berbeda dengan layanan pengiriman paket lainnya yang menghitung biaya pengiriman barang sesuai dengan jumlah beratnya, Paxel menghitung ongkos kirim sesuai dengan ukuran paket.

Ada empat pilihan yang bisa disesuaikan dengan ukuran paket, yaitu small, medium, large dan custom. Jadi ketika kamu kirim barang dengan bobot yang lumayan berat tapi ukurannya small, maka tarif yang dikenakan adalah harga paket small.

Small = item maksimal 20x11x7 Cm
Medium = item maksimal 27x21x12 Cm
Large = item maksimal 35x30x20 Cm
Custom = item maksimal ukuran disesuaikan

Harga ongkos kirim Paket Paxel sesuai ukuran dan kota tujuan
Harga ongkos kirim Paket Paxel sesuai ukuran dan kota tujuan
Karena barang yang akan dikirim berukuran kecil, maka Mimin memilih ukuran small dengan biaya Rp. 18.000,-. Setelah itu lalu isi data sender dengan memasukkan  nama, nomor telepon dan alamat email. Kemudian isi receiver dengan nama penerima, nomor telepon, dan alamat email.

Berikutnya pilih tipe barang yang akan dikirim. Di sini Mimin pilih fashion & apparel, sesuai dengan barang yang akan dikirim. Khusus untuk barang pecah belah bisa centang kolom yang bertuliskan  fragile item, kemudian pilih continue dan Cek Shipping Details. Proses pemesanan pun selesai deh.

Waktu maksimal pengiriman barang ditargetkan 8 jam, Mimin memesan pengiriman jam 12 siang. Tepat jam 5 sore sudah menerima pesan melalui Whatsapp dari Happiness Hero bernama Kurnia. Ia memberi tahu bahwa kiriman paket akan segera tiba. Selang waktu 10 menit sang pahlawan berjaket ungu dan kuning sudah tiba di depan pintu sambil membawa paket berwarna ungu.

Memilih layanan kirim paket berbasis aplikasi memberikan solusi buat masalah logistik selama ini. Setelah ada Paxel, semuanya bisa teratasi dan paket yang dikirim dapat diterima pada hari yang sama, terutama untuk kiriman Frozen food yang harus dikirim secara cepat.

Nah buat yang belum menggunakan aplikasi Paxel, silakan download aplikasinya sekarang juga di Play Store dan App Store. Kemudian masukkan kode referral kodesjabar” maka kamu akan langsung dapat saldo awal sebesar Rp. 100.000,-. 

Saldo tersebut sudah langsung bisa digunakan untuk melakukan pengiriman barang dan akan terpotong secara otomatis ketika memesan pengiriman menggunakan aplikasi Paxel.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar